meningkatkan public speaking dengan bahasa inggris

Ini Dia 5 Tips Paling Ampuh Untuk Meningkatkan Percaya Diri Dalam Public Speaking Bahasa Inggris

Percaya tidak percaya, belajar Bahasa Inggris bertahun-tahun tidak menjamin bahwa Anda akan memiliki kepercayaan diri yang cukup untuk berbicara di depan publik. Banyak dari Anda pasti merasa minder atau gugup ketika harus menjelaskan sesuatu. Rasa takut ini justru menjadi sebuah halangan untuk mengembangkan kemampuan Anda dalam berbicara berbahasa Inggris. Padahal ada banyak langkah yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan rasa gugup saat harus berbicara di depan banyak orang. Jika Anda adalah salah satu orang yang sedang mengalami hal ini, jangan khawatir karena kali ini ICAN English akan memberikan sederet tips dan trik agar Anda senantiasa percaya diri saat melakukan public speaking dalam bahasa Inggris.

Berlatih Berbicara

Belajar bahasa sama seperti mempelajari hal lain. Semakin banyak Anda berlatih, maka semakin baik kemampuan Anda dalam berkomunikasi. Cara ini bisa menjadi motivasi Anda untuk terus belajar dan berbicara lebih banyak lagi. Selain banyak berbicara, cobalah gunakan kesempatan Anda untuk mengobrol dengan orang menggunakan bahasa Inggris. Cara ini sangat ampuh untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris Anda tak hanya dalam mendengarkan tapi juga pemahaman. Namun perlu Anda ingat juga lawan bicara Anda juga harus mahir dalam berbahasa Inggris. Jangan sampai Anda justru belajar berbahasa pada orang yang salah.

Membaca Buku Dengan Lantang

Walaupun terlihat unik, cara ini berhasil membuat orang lebih fasih dalam berbahasa Inggris. Pertama-tama Anda perlu mencari buku yang Anda sukai lalu membacanya dengan lantang. Dengan membaca buku, Anda bisa menyerap banyak kata dan frasa. Dengan cara ini, Anda juga dapat memperbaiki cara pelafalan yang salah. Semakin banyak kita melatih cara pelafalan bahasa Inggris kita, semakin Anda terbiasa untuk menggunakan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari dan di depan publik.

Bergabung Dengan Klub atau Komunitas Bahasa Inggris

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, mengobrol dengan teman menggunakan bahasa Inggris bisa jadi salah satu solusi dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Anda. Jika Anda belum bisa menemukan teman yang mampu berbahasa Inggris dengan baik dan benar, Anda bisa bergabung dengan komunitas atau klub berbahasa Inggris. Dengan cara ini, Anda akan belajar lebih banyak tentang budaya dan Anda akan belajar bahasanya lebih cepat. Bergabung dengan komunitas dengan komunitas bahasa yang sama dapat mendorong Anda untuk terus berkomunikasi sesamanya. Tak hanya itu, komunitas juga bisa menjadi support system yang mendorong rasa percaya diri Anda saat berlatih untuk berbicara dalam berbahasa Inggris.

Tiru Cara Bicara Profesional

Jika Anda tidak tahu bagaimana cara meningkatkan kepercayaan diri dalam berbahasa Inggris, cara terbaik adalah mempelajarinya dari profesional.

Jika anda ingin menjadi seperti mereka, Anda dapat berlatih dari cara mereka merepresentasikan sesuatu. Orang-orang profesional yang dimaksud bisa reporter, presenter berita, atau aktor dan aktris dalam film kesukaan anda. Yang anda dapat lakukan pertama ialah melatih keterampilan mendengar. Selanjutnya jika Anda ingin meniru pengucapan dan gaya bicara Anda dapat berlatih untuk menirunya. Jika Anda merasa sulit melakukan ini, ingatlah bahwa bahkan orang-orang yang lahir di negara berbahasa Inggris pun kesulitan berbicara di depan audiens. Penyiar berita tersebut dapat melakukannya karena mereka telah berlatih selama berjam-jam selama bertahun-tahun. Anda juga bisa percaya diri seperti mereka, tetapi Anda perlu meluangkan waktu dan tenaga.

Untuk memulai, pilih satu acara berita untuk ditonton setiap hari. Ini membantu jika Anda memilih satu orang yang Anda sukai. Misalnya, coba berita dunia BBC One-minute.

Berikut adalah beberapa pertanyaan untuk ditanyakan pada diri sendiri saat Anda tengah mengalisis video:

– Bagaimana posisi mereka?

– Seperti apa nada suaranya?

– Seberapa cepat mereka berbicara?

Terakhir, pilih video. Tonton, lalu tonton lagi. Setelah menontonnya beberapa kali, saatnya meniru apa yang dikatakan reporter berita.

Bicaralah secara bersamaan dengan reporter sampai Anda merasa nyaman mengucapkannya tanpa perlu menonton videonya.

Bergabung Dengan Kursus Bahasa Inggris

Berkomunikasi dengan mudah dengan orang lain menggunakan bahasa Inggris melalui kursus Bahasa Inggris sangatlah penting. Dengan langkah ini tak hanya membantu anda dalam melatih speaking, tetapi juga reading dan writing. Bergabung dalam kursus bahasa Inggris dapat memberikan Anda paket lengkap untuk belajar bahasa Inggris dengan para profesional. Namun tentu saja Anda tidak boleh sembarangan memilih kursus bahasa Inggris. Anda perlu perlu mencari kursus dengan profesional yang menyediakan program lengkap untuk para calon muridnya.

Jika anda tertarik untuk menggunakan jasa kursus bahasa Inggris dengan pengajar yang profesional dan program lengkap, maka Anda dapat bergabung dengan ICAN English. ICAN English merupakan Lembaga Tempat Kursus Persiapan Bahasa Inggris yang merupakan bagian dari ICAN Education Consultant. Disini Anda dapat menikmati fasilitas kelas kelas yang lengkap dan menggunakan standar materi yang tinggi. Tak hanya itu, kami juga memiliki tim pengajar yang telah lulus serangkaian training dan memiliki pengalaman mengajar dan kualifikasi terbaik. Jika Anda tidak memiliki waktu untuk bergabung dengan kelas yang kami miliki, jangan khawatir karena di ICAN English menyediakan Program Kursus Bahasa Inggris Online.

 

Jadi, apakah Anda saat ini sudah siap untuk berbicara bahasa Inggris dengan fasih?

 

By Admin Staff News