Jenis tes bahasa Inggris

5 Jenis Tes Bahasa Inggris

Mar 16, 2022 | Bahasa Inggris

Bahasa inggris merupakan bahasa internasional yang bisa digunakan di hampir seluruh dunia. Sehingga, terkadang untuk melanjutkan pendidikan ataupun melamar pekerjaan dibutuhkan persyaratan untuk melampirkan hasil tes bahasa inggris. Jenis tes bahasa Inggris tersebut berbeda-beda sesuai dengan kebutuhannya. Bergabung dalam kursus bahasa Inggris bisa membantu kamu dalam mempersiapkan diri mengikuti tes.

Terdapat berbagai jenis tes bahasa inggris yang bisa dipilih untuk melanjutkan pendidikan atau sebagai persyaratan melamar pekerjaan. Namun, bukan berarti kamu harus mengikuti keseluruhan tes tersebut atau asal saat memilihnya. Jenis tes tersebut ditentukan oleh instansi yang bersangkutan yang dijadikan sebagai syarat pendaftaran.

Baca Juga: MACAM TES BAHASA INGGRIS UNTUK KERJA

Jenis Tes Bahasa Inggris Untuk Melanjutkan Studi Dan Bekerja

Terdapat banyak jenis tes sebagai syarat untuk melanjutkan pendidikan atau melamar pekerjaan. masing-masing dari tes tersebut memiliki ketentuan yang berbeda. Untuk kamu yang masih bingung terkait apa saja ketentuan dari tiap-tiap jenis tes bahasa inggris tersebut, dibawah ini merupakan penjelasannya.

1. TOEFL (Test Of English as a Foreign Language)

Jenis tes yang pertama dan sudah tidak asing lagi yaitu, TOEFL atau Test Of English as a Foreign Language. Tes ini bertujuan untuk mengukur kemampuan seseorang dalam berbahasa iIggris. Umumnya tes ini digunakan sebagai syarat untuk melanjutkan pendidikan ke universitas. Jenis tes ini diselenggarakan oleh Educational Testing Service (ETS).

Dalam penyelenggaraannya, terdapat 4 bagian tes diantaraya listening comprehension, grammar structure and writing expression, writing, dan reading comprehension. Adapun jumlah skor yang harus dicapai biasanya berkisar 550. Selain itu, TOEFL terbagi menjadi tiga metode tes. Pertama yakni, CBT (Computer Based Test), PBT (Paper Based Test), dan IBT (Internet Based Test). Kelas persiapan TOEFL kerap dipilih banyak orang sebagai persiapan.

2. IELTS ( International English Language Testing System)

Jenis tes bahasa Inggris berikutnya yaitu, IELTS. Jenis tes ini dinilai lebih sulit dibandingkan dengan jenis tes TOEFL. Tes ini wajib kamu ikuti saat hendak melanjutkan studi di Amerika, Inggris, New Zeland, dan Australia. Standar bahasa yang digunakan dalam tes ini yaitu British English. Sehingga, diperlukan preparition course yang matang agar dapat lulus.

Adapun, jenis tes dari IELTS dibagi menjadi dua jenis tes diantaranya General Training yang bisa diperuntukan sebagai persyaratan bekerja, dan Academy Training yang diperuntukan sebagai persyaratan pendidikan.

Layaknya jenis tes TOEFL, pada tes IELTS juga terdapat 4 bagian berbeda diantaranya listening, writing, reading, dan speaking. Standar skor IELTS berbeda-beda di tiap Negara, misalnya untuk Australia skor minimal yang harus dicapai yakni untuk General Training 4.5 – 5.0 dan untuk Academic Training berkisar antara 5.5 – 7.0.

3. GMAT (Graduate Management Admission Test)

Tes bahasa Inggris berikutnya yang diperuntukan sebagai persyaratan melanjutkan pendidikan yaitu, GMAT. Tes ini merupakan salah satu persyaratan yang harus dipenuhi oleh mahasiswa dari program studi bisnis yang hendak melanjutkan studinya untuk mencapai gelar MBA (Master of Business Administration) di luar negeri.

Seperti tes bahasa inggris lainnya, dalam tes ini juga terdapat 4 bagian diantaranya: matematika (quantitative), kemampuan verbal umum, penalaran terpadu (intergrated reasoning), dan analytical writing. Durasi yang diberikan untuk melakukan tes ini yaitu berkisar 3 jam.

4. SAT (Scholatic Aptitude/Assessment Test)

Tes bahasa inggris berikutnya yaitu, SAT yang diperuntukan sebagai syarat dalam penerimaan mahasiswa baru S1 di Amerika Serikat. Adapun dalam pelaksaannya terdapat beberapa komponen diantaranya reading test, evidence-based reading and writing, writing and language test, mathematics, dan essay.

Skor minimum yang harus kamu dapatkan agar bisa lolos dalam tes yaitu 2000. Dengan berbekal nilai skor tersebut, maka bukan tidak mungkin kamu akan diterima di berbagai universitas ternama Amerika Serikat.

5. TOEIC (Test of English For International Communication)

Jenis tes yang terakhir yaitu, TOEIC. Tes ini bisa dikatakan lebih mudah jika dibandingkan dengan tes TOEFL. Tes TOEIC biasanya diperuntukan sebagai salah satu persyaratan dalam melamar pekerjaan di perusahaan.

Baca Juga: TES BAHASA INGGRIS UNTUK WAWANCARA KERJA

Tes ini dikatakan lebih mudah karena tesnya hanya berupa kumpulan soal pilihan ganda yang dibagi menjadi dua bagian yaitu, sesi listening dan sesi reading dan terdiri dari 200 soal. Adapun, durasi waktu pengerjaan soal biasanya berkisar selama dua jam.

Jenis tes bahasa Inggris berbeda-beda sesuai dengan kebutuhannya. Sehingga, sebelum melakukan tes tersebut sebaiknya kamu mencari tahu terlebih dahulu apa yang menjadi persyaratan dari instansi yang kamu tuju agar tidak salah saat melampirkan hasil tes berbahasa inggris tersebut.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Bisakah Konversi Skor IELTS ke TOEFL?

Bisakah Konversi Skor IELTS ke TOEFL?

Konversi skor TOEFL ke IELTS memiliki klasifikasi dan tingkatannya masing-masing, mulai dari yang paling dasar hingga paling tinggi. Kedua tes tersebut sebenarnya cukup sulit untuk dibandingkan, karena memiliki keunikannya tersendiri. Selain itu, sistem...

3 Buku Terbaik Untuk Grammar Bahasa Inggris

3 Buku Terbaik Untuk Grammar Bahasa Inggris

Grammar merupakan salah satu aspek terpenting dalam mempelajari bahasa inggris. salah satu metode yang bisa kamu lakukan adalah belajar lewat media buku grammar bahasa Inggris. Metode tersebut bisa kamu pilih karena cenderung fleksibel dan bisa dilakukan dimana...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH