Lima Macam Test Level Bahasa Inggris

Macam Test Level Bahasa Inggris

Saat ini, bahasa Inggris menjadi bahasa yang sangat dianjurkan untuk dipelajari dan dipahami. Itulah mengapa, tes level bahasa Inggris diwajibkan untuk beberapa tingkatan pendidikan. Misalnya, untuk para mahasiswa dan pelajar yang akan melanjutkan studi ke luar negeri. Bahkan, beberapa perusahaan pun mewajibkan pelamar untuk memiliki sertifikat tes.

Biasanya, tes yang dijadikan persyaratan mendaftar perusahaan adalah test TOEFL sehingga saat ini tes bahasa Inggris memang bukan hanya ditujukan untuk pelajar atau pelaku pendidikan. Untuk melamar ke perusahaan tertentu pun diharuskan memiliki sertifikat tes bahasa Inggris.

5 Macam Test Bahasa Inggris

Tes bahasa Inggris memiliki beberapa macam dan level yang berbeda. Hal tersebut dikarenakan setiap test memiliki tujuan yang berbeda pula. TOEFL biasanya lebih sering digunakan untuk mahasiswa, dosen, dan pelamar di beberapa perusahaan. Untuk lebih lengkapnya, simak penjabarannya di bawah ini!

Baca Juga:
Tes Bahasa Inggris untuk Wawancara Kerja

1. TOEFL

Tes level bahasa Inggris pertama adalah TOEFl atau singkatan dari Test of English as a Foreign Language. TOEFL merupakan jenis tes yang paling familiar untuk masyarakat Indonesia. Saat ini, TOEFL tidak hanya dipakai untuk berkuliah di luar negeri saja. Karena di beberapa universitas, lulusannya diwajibkan memiliki sertifikat TOEFL.

Selain itu, untuk melanjutkan studi pascasarjana atau magister pun diharuskan memiliki sertifikat TOEFL. Dalam TOEFL, terdapat empat bagian tes. Diantaranya adalah listening, grammar and written expression, reading, dan, writing. Skor untuk TOEFL adalah 310 sampai dengan 677. Kelas persiapan TOEFL menjadi pilihan bagi banyak orang yang akan menjalani tes ini.

2. IELTS

Jenis yang berikutnya adalah IELTS atau International English Language Testing System. IELTS merupakan jenis tes yang wajib dilakukan apabila akan melanjutkan studi ke luar Negeri. Berbeda dengan TOEFL yang menggunakan bahasa Amerika, IELTS menggunakan bahasa British atau Britain.

IELTS menyediakan dua jenis test, yaitu untuk bekerja (general training) dan studi (academic training). Sama halnya seperti TOEFL, IELTS pun memiliki empat bagian test. Yaitu listening, reading, writing, dan speaking. Bedanya, IELTS terdapat test untuk speaking. Skor dalam IELTS adalah 4.5-5.00 untuk bekerja dan 5.5-7.00 untuk studi.

3. TOEIC

Tes level bahasa Inggris selanjutnya adalah TOEIC atau Test of English for International Communication. Berbeda dengan dua test sebelumnya, TOEIC lebih fokus untuk pekerjaan. Test ini seringkali digunakan untuk mencari pekerjaan di Negara lain. Namun, sebenarnya di Indonesia pun telah banyak perusahaan yang mewajibkan untuk memiliki sertifikat tes ini.

Misalnya adalah perusahaan Manulife, FWD, Mitsubishi, Arsip Nasional, dan sebagainya. TOEIC sudah menggunakan standar CEFR dalam penilaian testnya. TOEIC pun akan memberikan sertifikat dengan warna yang berbeda sesuai skornya. Warna orange 10-2015, cokelat 220-465, warna hijau 470-725, biru 730-850, dan warna emas 855-990.

4. SAT

Berikutnya adalah SAT atau Scholastic Aptitude atau Assessment Test. Test ini biasanya digunakan untuk mahasiswa baru S1 di Negara Amerika Serikat. Terdapat beberapa bagian yang akan diuji pada test SAT ini. Diantaranya adalah mathematics, essay, writing, reading, dan languages test. Skor minimal yang harus didapatkan adalah 2000.

Skor tersebut memungkinkan masyarakat Indonesia untuk tembus kuliah di Amerika Serikat. Sehingga, berpotensi untuk diterima di universitas-universitas favorit Amerika Serikat. Karena testnya cukup banyak, SAT memerlukan persiapan dengan waktu berbulan-bulan. Biaya untuk test ini adalah sekitar 800.000.

5. GMAT

Tes terakhir adalah GMAT atau Graduate Management Admission Test. Tes ini dikhususkan untuk mahasiswa yang mengambil jurusan atau program studi bisnis. Tes ini dilakukan apabila akan melanjutkan studi Master of Business atau MBA di luar Negeri. Durasi tes yang dilakukan adalah sekitar tiga jam.

GMAT memiliki beberapa bagian tes, yaitu matematika, penalaran terpadu, kemampuan verbal, dan analytical writing. Untuk biaya tes ini adalah sekitar 2,5 juta. Oleh karena itu, persiapkanlah diri terlebih dahulu apabila akan mengikuti tes GMAT ini. Lakukanlah persiapan dengan les atau bimbel khusus GMAT.

Baca Juga:
Materi Kursus Bahasa Inggris Level Basic

Kesimpulan

Tes level bahasa Inggris merupakan tes yang cukup dibutuhkan saat ini. Pasalnya, beberapa universitas dan perusahaan telah mewajibkan mahasiswa serta pelamarnya untuk memiliki sertifikat tes. Setiap jenis tes memiliki fungsi yang berbeda sehingga pertimbangkan terlebih dahulu tes jenis apa yang cocok untuk diambil sesuai kebutuhan.

Jika ingin mengetahui informasi tentang general inggris bisa hubungi ICAN English, atau bisa datang langsung ke kantor cabang ICAN English terdekat kota anda.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi