Test level bahasa Inggris

5 Macam Test Level Bahasa Inggris

Mar 15, 2022 | Bahasa Inggris

Saat ini, bahasa Inggris menjadi bahasa yang sangat dianjurkan untuk dipelajari dan dipahami. Itulah mengapa, test level bahasa Inggris diwajibkan untuk beberapa tingkatan pendidikan. Misalnya, untuk para mahasiswa dan pelajar yang akan melanjutkan studi ke luar negeri. Bahkan, beberapa perusahaan pun mewajibkan pelamar untuk memiliki sertifikat test.

Biasanya, test yang dijadikan persyaratan mendaftar perusahaan adalah test TOEFL. Sehingga, saat ini test bahasa Inggris memang bukan hanya ditujukan untuk pelajar atau pelaku pendidikan. Untuk melamar ke perusahaan tertentu pun diharuskan memiliki sertifikat test bahasa Inggris.

Baca Juga: CARA MENGETAHUI LEVEL BAHASA INGGRIS

Macam-Macam Test Level Bahasa Inggris

Test bahasa Inggris memiliki beberapa macam dan level yang berbeda. Hal tersebut dikarenakan setiap test memiliki tujuan yang berbeda pula. TOEFL biasanya lebih sering digunakan untuk mahasiswa, dosen, dan pelamar di beberapa perusahaan. Untuk lebih lengkapnya, simak penjabarannya di bawah ini!

1.      TOEFL

Test level bahasa Inggris pertama adalah TOEFl atau singkatan dari Test of English as a Foreign Language. TOEFL merupakan jenis test yang paling familiar untuk masyarakat Indonesia. Saat ini, TOEFL tidak hanya dipakai untuk berkuliah di luar negeri saja. Karena di beberapa universitas, lulusannya diwajibkan memiliki sertifikat TOEFL.

Selain itu, untuk melanjutkan studi pascasarjana atau magister pun diharuskan memiliki sertifikat TOEFL. Dalam TOEFL, terdapat empat bagian test. Diantaranya adalah listening, grammar and written expression, reading, dan, writing. Skor untuk TOEFL adalah 310 sampai dengan 677. Kelas persiapan TOEFL menjadi pilihan bagi banyak orang yang akan menjalani tes ini.

2.      IELTS

Jenis yang berikutnya adalah IELTS atau International English Language Testing System. IELTS merupakan jenis test yang wajib dilakukan apabila akan melanjutkan studi ke luar Negeri. Berbeda dengan TOEFL yang menggunakan bahasa Amerika, IELTS menggunakan bahasa British atau Britain.

IELTS menyediakan dua jenis test, yaitu untuk bekerja (general training) dan studi (academic training). Sama halnya seperti TOEFL, IELTS pun memiliki empat bagian test. Yaitu listening, reading, writing, dan speaking. Bedanya, IELTS terdapat test untuk speaking. Skor dalam IELTS adalah 4,5 – 5,00 untuk bekerja dan 5,5 – 7,00 untuk studi.

3.      TOEIC

Test level bahasa Inggris selanjutnya adalah TOEIC atau Test of English for International Communication. Berbeda dengan dua test sebelumnya, TOEIC lebih fokus untuk pekerjaan. Test ini seringkali digunakan untuk mencari pekerjaan di Negara lain. Namun, sebenarnya di Indonesia pun telah banyak perusahaan yang mewajibkan untuk memiliki sertifikat test ini.

Misalnya adalah perusahaan Manulife, FWD, Mitsubishi, Arsip Nasional, dan sebagainya. TOEIC sudah menggunakan standar CEFR dalam penilaian testnya. TOEIC pun akan memberikan sertifikat dengan warna yang berbeda sesuai skornya. Warna orange 10-2015, cokelat 220-465, warna hijau 470-725, biru 730-850, dan warna emas 855-990.

4.      SAT

Berikutnya adalah SAT atau Scholastic Aptitude atau Assessment Test. Test ini biasanya digunakan untuk mahasiswa baru S1 di Negara Amerika Serikat. Terdapat beberapa bagian yang akan diuji pada test SAT ini. Diantaranya adalah mathematics, essay, writing, reading, dan languages test. Skor minimal yang harus didapatkan adalah 2000.

Skor tersebut memungkinkan masyarakat Indonesia untuk tembus kuliah di Amerika Serikat. Sehingga, berpotensi untuk diterima di universitas-universitas favorit Amerika Serikat. Karena testnya cukup banyak, SAT memerlukan persiapan dengan waktu berbulan-bulan. Biaya untuk test ini adalah sekitar 800.000.

5.      GMAT

Test terakhir adalah GMAT atau Graduate Management Admission Test. Test ini dikhususkan untuk mahasiswa yang mengambil jurusan atau program studi bisnis. Test ini dilakukan apabila akan melanjutkan studi Master of Business atau MBA di luar Negeri. Durasi test yang dilakukan adalah sekitar 3 jam.

Baca Juga: MATERI KURSUS BAHASA INGGRIS LEVEL BASIC

GMAT memiliki beberapa bagian test, yaitu matematika, penalaran terpadu, kemampuan verbal, dan analytical writing. Untuk biaya test ini adalah sekitar 2,5 juta. Oleh karena itu, persiapkanlah diri terlebih dahulu apabila akan mengikuti test GMAT ini. Lakukanlah persiapan dengan les atau bimbel khusus GMAT.

Test level bahasa Inggris merupakan test yang cukup dibutuhkan saat ini. Pasalnya, beberapa universitas dan perusahaan telah mewajibkan mahasiswa serta pelamarnya untuk memiliki sertifikat test. Setiap jenis test memiliki fungsi yang berbeda. Sehingga, pertimbangkan terlebih dahulu test jenis apa yang cocok untuk diambil sesuai kebutuhan.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Tips Belajar Bahasa Inggris Sampai Expert

Tips Belajar Bahasa Inggris Sampai Expert

Belajar Bahasa Inggris yang bagus adalah dengan menyematkan tingkatan sesuai dengan kemampuan. Tingkatan yang paling mahir dikenal dengan tingkat Expert. Tentu saja untuk bisa sampai ke level tersebut kamu perlu belajar dengan extra giat dan teratur supaya bisa sampai...

Pilihan Kursus Bahasa Inggris dengan Native Speaker

Pilihan Kursus Bahasa Inggris dengan Native Speaker

Kursus Bahasa Inggris saat ini bisa kamu temukan dengan sangat mudah. Di berbagai kota bahkan secara online juga membuka kursus Bahasa Inggris bagi siapapun. Akan tetapi, dengan banyaknya tempat kursus Bahasa Inggris kamu juga harus bisa menyeleksi mana yang paling...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH