Tips Belajar Tes IELTS untuk Pemula

Tips Belajar Tes IELTS untuk Pemula

Jika kamu berencana untuk mengambil tes IELTS, kamu harus mempersiapkan diri dengan baik. Banyak kursus persiapan IELTS yang bisa kamu kunjungi untuk belajar tes IELTS dari awal. Persiapan diri yang matang akan membantu kamu melalui tes ini dengan mudah.

Bagi kamu yang pertama kali mengikuti tes ini, ada banyak hal yang perlu kamu persiapkan. Sebagai pemula, kamu harus mengenal banyak hal seputar tes ini dan belajar tes IELTS dari materi dasar.

3 Langkah Belajar IELTS untuk Pemula

IELTS sendiri terbagi menjadi 2 jenis, yakni Academic IELTS dan General Training. IELTS Academic adalah tes bahasa Inggris yang dikhususkan untuk mereka yang ingin melanjutkan pendidikan di luar negeri, baik dalam jalur beasiswa maupun bukan.

Sementara itu, General Training adalah tes bahasa Inggris khusus untuk mereka yang ingin bekerja di luar negeri. Nah, ada 3 langkah dasar untuk belajar IELTS bagi kamu yang masih pemula.

1. Latihan Soal IELTS

Lakukan persiapan dengan mengerakan soal tes sebagai langkah awal untuk mengidentigikasi kelemahan kamu. Ini adalah bagian krusial dalam persiapan awal yang bisa membantu kamu mengenali keunggulan dan kelemahan diri sendiri.

Tidak hanya untuk mengatasi kelemahan, ini juga bertujuan untuk meningkatkan keunggulan dan menciptakan fondasi yang solid dalam mengahadapi tes IELTS yang sebenarnya.

Baca Juga:
Tips Lewati Tes Writing IELTS Dengan Lancar

2. Pahami Format Tes

Sebelum mulai mengerjakan latihan soal tes, kamu harus memahami format tes ini terlebih dahulu. Kenali formatnya dengan meninjau konten tes, serta pertanyaan dan jenis untuk setiap bagian.

Ingatlah bahwa untuk mendapatkan skor terbaik, kamu harus melalui pengenalan terhadap pola dan format tes.

3. Ketahui Durasi Tes

IELTS tentu memiliki durasi sendiri. Semakin kamu memahami struktur tes, semakin besar kemungkinan kamu untuk menyelesaikan tes tersebut. Lakukan persiapan tes dalam Batasan waktu yang telah ditentukan, sehingga kamu terbiasa dengan ritme tes.

Karena memiliki durasi waktu yang telah ditentukan, kamu hanya boleh mengerjakan setiap modul berdasarkan alokasi waktu yang ditentukan pula. Ketika kamu mengikuti kursus persiapan IELTS, biasanya mereka akan memberikan durasi waktu yang sama dengan tes sesungguhnya.

Baca Juga:
Panduan Mengikuti Tes IELTS, Siapkan Diri Segera!

Teknik Belajar IELTS yang Tepat

Banyak orang yang merasa perlu untuk mencari metode belajar tes IELTS yang tepat. Metode balajar ini bisa digunakan agar proses belajar kamu dapat berjalan secara konsisten.

Kamu bisa mengunjungi situs yang menyediakan soal latihan IELTS atau juga bisa menggunakan buku latihan. Kemudian tentukan target untuk menyelesaikan semua bab yang ada pada buku tersebut, entah itu grammar, speaking, writing, vocabulary dan reading.

Agar bisa menyelesaikan target dengan tepat dan menguasai materinya, kamu bisa membaca satu bab dalam satu hari. Usahakan untuk tidak membacanya secara acak dan tetap baca sesuai urutan agar kamu lebih mudah memahami soal-soalnya.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi