Cara Menjawab Reading Comprehension

Cara Menjawab Reading Comprehension

Mei 25, 2022 | TOEFL

Cara menjawab reading comprehension pada soal TOEFL membantu agar kamu dapat memperoleh skor sesuai target. Dari reading comprehension, kamu bisa memilih jenis soal bagian reading yaitu pilihan ganda pada empat pilihan untuk tiap soal.

Cara jawab soal reading comprehension adalah dengan pilih satu jawaban tepat dari empat jawaban. Kursus persiapan TOEFL menjadi pilihan bagi banyak orang yang menginginkan skor maksimal dalam tes ini.

Baca Juga: PEMBAHASAN SOAL TOEFL READING

Strategi Mengerjakan Reading Comprehension

Waktu mengerjakan reading comprehension pada soal TOEFL terbilang singkat yaitu 55 menit. Jumlah soal dan bacaan panjang membuat kamu harus mencari strategi yang sesuai untuk mengerjakan soal reading comprehension TOEFL secara tepat.

Sebagai sesi ketiga tes TOEFL, terdapat empat hingga enam bacaan reading comprehension dengan masing-masing bacaan sekitar 200 hingga 500 kata. Tiap-tiap bacaan disertai beberapa pertanyaan saling berhubungan dengan bacaan.

Topik bacaan soal reading comprehension berkaita dengan berbagai isu akademik seperti textbook, geografi, biologi, sejarah Amerika, Fisika, Biografi, seni, dan ekonomi. Tujuan reading comprehension pada TOEFL yaitu menguji kemampuan memahami, menginterpretasi, dan menganalisis bacaan atau teks berbagai macam topik.

Berikut adalah beberapa cara menjawab reading comprehension:

1. Baca Pertanyaan Sekilas

Agar kamu bisa mengerjakan soal-soal reading comprehension pada tes TOEFL dengan benar, pahami apa inti pertanyaan tiap-tiap soal. Kemudian, cari jawaban pada soal tentang baca materi sesuai bacaan yang diberikan.

2. Kuasai Teknik Skimming dan Scanning

Skimming adalah teknik baca cepat pada kalimat pertama dan kalimat terakhir suatu paragraf guna mengetahui dan memahami topik maupun ide utama bacaan. Sementara scanning yaitu teknik baca secara hati-hati kalimat tertentu guna mengetahui apa maksud dan makna kalimat tersebut. Campuran teknik ini penting untuk kamu kuasai dengan latihan intensif di kelas persiapan TOEFL terbaik, ICAN English.

3. Mencermati Pertanyaan

Penting sekali mengetahui arti bacaan. Akan tetapi, jika kamu kesulitan dalam menerjemahkan sebuah kosakata, kamu wajib memahaminya dengan lihat konteks kalimat.

Usahakan agar tidak mengulang-ulang bacaan. Hal tersebut akan mengurangi kecepatan membaca. Waktu mengerjakan TOEFL reading comprehension benar-benar terbatas.

4. Jangkauan Pandangan

Trik ini membantu agar kamu membaca lebih banyak bacaan pada teks. Hal tersebut menguntungkan daripada fokus membaca tiap kata.

5. Finger Tracking

Finger tracking merupakan gerakan jari dari bagian atas sampai bawah sesuai alur saat membaca. Trik tersebut membantu membuat kamu terbiasa bergerak lebih cepat dari bagian atas ke bawah.

Baca Juga: CONTOH MATERI READING DALAM TOEFL

Jenis Soal yang Muncul Pada Tes Reading Comprehension

Ada beberapa jenis soal yang sering muncul pada bagian reading. Pertama adalah jenis soal main idea question. Jenis soal ini sering ditemukan pada tes TOEFL. Bentuk pertanyaannya bervariasi, untuk menanyakan apa gagasan utama atau apa ide pokok bacaan.

Selanjutnya, ada juga jenis soal stated detail question, memberi jawaban dengan cara melampirkan pada bacaan teks. Pertanyaan tersebut untuk menyatakan semua pertanyaan sesuai bacaan. Unstated detail question hampir sama seperti stated detail question. Jenis soal reading TOEFL tersebut menanyakan informasi bacaan. Pada unstated detail question, jawaban yang kamu peroleh yaitu dengan menganalisa kesimpulan informasi pada bacaan.

Implied detail question yaitu jenis pertanyaan tentang bagaimana cara membuat kesimpulan pada pernyataan khusus pada bacaan. Informasi tersebut diberikan secara tersirat pada bacaan. Karakteristik soal jenis tersebut adalah menggunakan kata implied, probably, likely, atau inferred.

Terakhir yaitu jenis Vocabulary in context question. Jenis soal tersebut bertanya kosakata Bahasa Inggris yang tidak umum dan banyak diketahui orang. Contoh kata obtain bisa kamu gantikan dengan kosakata lain yaitu get, dengan makna mendapat. Jenis soal reading comprehension lainnya yaitu where question, reference question, dan purpose question.

Cara menjawab reading comprehension lebih mudah adalah dengan memahami seluruh jenis soal tersebut melalui latihan pembahasan soal secara intensif. Semua bisa kamu pelajari lebih mudah kalau kamu ikut dalam kelas persiapan TOEFL.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Cara Mengerjakan TOEFL Grammar

Cara Mengerjakan TOEFL Grammar

Cara mengerjakan TOEFL grammar mungkin merupakan salah satu yang tersulit ketika sedang mengisi soal TOEFL. Hal tersebut dikarenakan konsep grammar dalam bahasa inggris sangatlah luas dan beragam. Sehingga, sering kali membuat banyak orang merasa bingung mana...

Grammar yang Sering Keluar di TOEFL

Grammar yang Sering Keluar di TOEFL

TOEFL (test Of English as a Foreign Language) merupakan salah satu bentuk tes untuk mengukur kemampuan berbahasa inggris seseorang. Salah satu bentuk soal yang akan muncul dalam TOEFL yakni mengenai grammar. Terdapat berbagai jenis grammar yang sering keluar di TOEFL....

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH