catatan penting seputar grammar bahasa inggris

Catatan Penting Seputar Grammar Bahasa Inggris

Terdapat berbagai catatan grammar bahasa Inggris yang perlu diperhatikan sebelum mulai belajar lebih jauh. Catatan tersebut merupakan sesuatu yang paling krusial ketika kamu hendak mempelajari grammar dalam bahasa inggris. Jika kamu tidak mengetahui dan cenderung tidak peduli akan hal ini, maka proses belajar akan terasa jauh lebih sulit.

Sebaliknya, untuk kamu yang sangat memperhatikan catatan dan mempelajarinya dengan menyeluruh, maka proses belajar grammar akan terasa jauh lebih mudah. Sehingga, sebaiknya untuk bisa lebih menguasai penggunaan grammar, kamu perlu mempelajari berbagai catatan tersebut terlebih dahulu.

Berbagai Catatan Grammar Bahasa Inggris Yang Perlu Kamu Ketahui

Catatan penting mengenai grammar dalam bahasa inggris tersebut yaitu berupa part of speech atau jenis-jenis kata yang merangkai sebuah kalimat. Pada umumnya terdapat 8 jenis part of speech yang perlu kamu ketahui. Namun untuk dasar, kamu hanya perlu memahami beberapa saja, berikut ini merupakan catatan grammar bahasa inggris yang penting diketahui.

Pahami Konsep Penggunaan Verb (Kata Kerja)

Catatan terpenting pertama ketika mempelajari grammar dalam bahasa inggris yakni mengenai penggunaan verb dalam suatu kalimat. Seperti mungkin kamu ketahui bahwa verb ini dapat berubah-ubah bentuknya menyesuaikan dengan waktu serta fungsinya dalam suatu kalimat. Ketika kamu salah menggunakan verb, maka kalimat yang ditulis juga akan salah artinya.

Sehingga, verb merupakan salah satu bagian terpenting yang wajib diperhatikan. Selain berdasarkan waktunya, verb juga dibagi kembali menjadi beberapa jenis seperti action verb, mental verb, linking verb, dan sebagainya. Jenis-jenis tersebut juga perlu dicari tahu dan dipelajari agar ketika menulis kalimat bahasa inggris bisa tepat dan sesuai dengan aturannya.

Baca Juga:
Penggunaan Grammar yang Benar

Pahami Konsep Penggunaan Noun (Kata Benda)

Selain penggunaan verb yang harus sesuai, catatan grammar dalam bahasa Inggris yang berikutnya adalah erhatikan dan pahami konsep penggunaan noun dalam suatu kalimat. Kata benda biasanya memiiki fungsi sebagai objek atau subjek dalam suatu kalimat. Layaknya, verb penggunaan noun juga tidak bisa asal da nada aturannya tersendiri.

Non ini biasa disimpan di awal, akhir, atau awal dan akhir dalam suatu kalimat. Untuk kalimat aktif, biasanya noun yang disimpan di awal berfungsi sebagai subjek atau pelaku. Selain itu, noun juga bisa berfungsi sebagai objek jika disimpan di akhir kalimat. Misalnya, Bobi eat fruits everyday (Bobi memakan buah setiap hari) kata Bobi dan fruits merupakan contoh noun.

Pahami Konsep Penggunaan Adverb (Kata Keterangan)

Kemudian ada pelengkap yang biasanya disimpan di ujung kalimat. Kata ini sebenarnya tidak bersifat wajib dan harus ada di tiap kalimat bahasa inggris, tetapi sebuah kalimat akan terasa lebih baik dan jelas jika ditambahkan kata keterangan di akhir.

Terdapat berbagai jenis kata keterangan yang biasanya digunakan dalam suatu kalimat. Adapun, kata keterangan tersebut diantaranya; adverb of time (keterangan waktu), adverb of place (keterangan tempat), adverb of quantity (keterangan jumlah), adverb of manner (keterangan cara), adverb of frequency (keterangan frekuensi), adverb of modality (harapan), dan sebagainya.

Pahami Konsep Penggunaan Pronoun (Kata Ganti)

Berikutnya yang juga tak kalah penting adalah penggunaan pronoun atau kata ganti orang dan benda. Pronoun biasanya terletak di awal kalimat yang berfungsi sebagai subjek. Adapun, bentuk-bentuk pronoun diantaranya; she (kata ganti dia untuk perempuan, he (kata ganti dia untuk laki-laki) dan it (kata ganti benda). Menyebutkan nama atau status juga merupakan bentuk pronoun.

Baca Juga:
Mengenal Tata Bahasa Inggris, Apa Saja Aturannya?

Pahami Konsep Penggunaan Berbagai Macam Tenses

Setelah mengetahui berbagai contoh part of speech tahap berikutnya yaitu, mengenai konsep penggunaan tenses atau bentuk kalimat dalam bahasa inggris. bentuk kalimat tersebut bisa berbeda-beda sesuai dengan waktu atau maksud yang ingin disampaikan.

Pilih Kursus Bahasa Inggris Profesional

Untuk bisa lebih memahami konsep grammar, kamu perlu didampingi oleh ahlinya langsung lewat kursus bahasa inggris. Adapun, rekomendasi kursus yang bisa kamu pilih untuk belajar adalah ICAN English. Di sini, terdapat banyak kelas yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Ada kelas online dan offline yang juga memudahkan kamu dalam belajar. Jika memilih kelas offline, kamu akan belajar di ruang kelas yang memiliki fasilitas lengkap. Kedua kelas ini juga akan dibimbing oleh para tutor profesional dan berpengalaman di bidangnya.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi