Contoh Interrogative sentence

Interrogative Sentence: Pengertian dan Contoh Kalimat

Jul 20, 2022 | Bahasa Inggris

Belajar dari contoh interrogative sentence atau kalimat tanya akan membantu agar kamu bisa bertanya kepada orang lain menggunakan susunan kalimat yang tepat. Materi ini terbilang penting karena dalam komunikasi, kalimat tanya pasti dipakai untuk percakapan sehari-hari, baik dalam bentuk lisan ataupun tulisan.

Apalagi jika kamu sedang bercakap-cakap dengan seseorang, maka akan ada proses tanya jawab saat melakukan percakapan. Materi ini juga menjadi salah satu materi populer bagi para pelajar bahasa Inggris. Dengan bergabung dalam kursus bahasa Inggris, kamu bisa mempelajari materi ini dengan lebih lengkap dan jelas.

Baca Juga: MACAM KETERANGAN WAKTU DALAM BAHASA INGGRIS

Definisi dan Jenis Interrogative Sentence

Interrogative sentence yaitu kalimat interogatif, kalimat berisikan pertanyaan langsung dan disertai dengan tanda tanya pada bagian akhir kalimat. Interrogative artinya adalah pertanyaan, sehingga fungsinya untuk memperoleh informasi berupa jawaban atau mendapatkan konfirmasi maupun penolakan.

Kalimat interogatif dimulai dengan adanya kalimat tanya dengan menggunakan clue. Berikut adalah contoh kata yang digunakan untuk interrogative sentence;

  • What…? /Apa…?
  • Who…? /Siapa…?
  • When…? /Kapan…?
  • Where…? /Dimana…?
  • How…? /Bagaimana…?
  • Can…? /Dapatkah…?

Apabila dilihat dari garis besar, interrogative sentence mempunyai pola yang sama. Sehingga, kamu bisa memahami jika semua kalimat tanya pasti tidak berbeda. Padahal, bentuk kalimat tanya bervariasi, tergantung jawaban dari pertanyaan tersebut, sebagaimana berikut:

1. Yes-No Question

Bentuk kalimat ini dibuat dengan cara tukar posisi subject dan auxiliary, yaitu menggunakan will, shall, may, must, do, can, atau menggunakan linking verb seperti is, are, dan am.

Apabila hanya terdapat main verb, maka bagian awal kalimat akan membutuhkan do, does, atau did. Biasanya, yes-no question digunakan sebagai pertanyaan dalam kuisioner, perhatikan contoh interrogative sentence berikut:

  • May I borrow your computer? – Bolehkah saya meminjam komputer anda?
  • Must Joanna follow the orientation program? – Haruskah Joanna mengikuti program orientasi?
  • Are you a human? – Apakah kamu manusia?

2. Alternative Question

Tipe interrogative sentence ini menggunakan coordinate conjunction yaitu “or” guna memberikan pilihan jawaban. Interrogative sentence tersebut diawali dengan adanya auxiliary verb ataupun linking verb berupa “be”. Hanya saja, bisa menggunakan wh-word sebagai pembuka, terutama untuk “which”, sebagaimana contoh berikut:

  • Would you like some breads? – Apakah kamu mau beberapa roti?
  • Are you going to Surabaya or Malang? – Kamu akan ke Surabaya atau Malang?
  • Which is better for me – The blue sport car or the red sporty motorcycle? – Mana yang lebih baik untuk saya – Mobil sport biru atau motor sporty merah?

3. WH-Question

Apa itu WH-questions adalah where, what, why, when, who, which, whom, how, dan whose. Dalam pelajaran Bahasa Indonesia, kamu juga dikenalkan dengan adanya 5 W + 1 H.

Tujuan penggunaan WH Question yaitu agar memperoleh informasi dalam menulis berita atau artikel tertentu supaya dapat menyampaikan informasi dengan lengkap.

4. Tag Question

Selanjutnya, tag question yaitu pertanyaan pendek, berbentuk linking verb atau auxiliary + pronoun pada akhir kalimat. Untuk memisahkan tag question agar tidak menyatu dengan kalimat utama, dibutuhkan koma.

Jika kalimat awal positif, maka tag question adalah negatif, begitu sebaliknya dengan contoh berikut:

  • Today is her birthday, isn’t it?
  • You remember me, don’t you?
  • You have found her, haven’t you?

Baca Juga: TIPS MENJALANI PEMBELAJARAN DARING BAHASA INGGRIS

Penggunaan Interrogative Sentence

Dengan contoh interrogative sentence, sekarang kamu jadi tahu bahwa kalimat interogatif berguna ketika harus mengajukan pertanyaan langsung. Kalimat berisikan tanda tanya juga digunakan saat ingin mendapatkan informasi, konfirmasi, maupun penolakan.

Dengan pembahasan ini, maka kamu bisa langsung berlatih sendiri di rumah untuk mengembangkan kemampuan Bahasa inggris. Selain dalam bentuk tulisan, kamu juga bisa langsung latihan dengan bertanya menggunakan interrogative sentence.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

4 Skill Bahasa Inggris Ini Harus Kamu Kuasai

4 Skill Bahasa Inggris Ini Harus Kamu Kuasai

Ketika belajar bahasa Inggris, kamu harus menguasai beberapa skill utama agar bisa meningkatkan kemampuan berbahasa kamu. Ketika kita belajar bahasa, ada empat keterampilan yang kita butuhkan untuk komunikasi yang lengkap. Ketika mempelajari bahasa ibu sendiri, kamu...

Trik agar Pintar Bahasa Inggris, Lebih Efektif!

Trik agar Pintar Bahasa Inggris, Lebih Efektif!

Belajar bahasa Inggris tidak harus selalu di dalam kelas. Bahkan, guru bahasa Inggris mendorong siswa untuk melakukan banyak pembelajaran ekstra di luar sekolah. Ada banyak trik pintar bahasa Inggris yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan pemahaman tentang bahasa,...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH