interrogative sentence: pengertian dan contoh kalimat

Interrogative Sentence: Pengertian dan Contoh Kalimat

Belajar dari contoh interrogative sentence atau kalimat tanya akan membantu agar kamu bisa bertanya kepada orang lain menggunakan susunan kalimat yang tepat. Materi ini terbilang penting karena dalam komunikasi, kalimat tanya pasti dipakai untuk percakapan sehari-hari, baik dalam bentuk lisan ataupun tulisan.

Apalagi jika kamu sedang bercakap-cakap dengan seseorang, maka akan ada proses tanya jawab saat melakukan percakapan. Materi ini juga menjadi salah satu materi populer bagi para pelajar bahasa Inggris. Dengan bergabung dalam kursus bahasa Inggris, kamu bisa mempelajari materi ini dengan lebih lengkap dan jelas.

4 Definisi dan Jenis Interrogative Sentence

Interrogative sentence yaitu kalimat interogatif, kalimat berisikan pertanyaan langsung dan disertai dengan tanda tanya pada bagian akhir kalimat. Interrogative artinya adalah pertanyaan, sehingga fungsinya untuk memperoleh informasi berupa jawaban atau mendapatkan konfirmasi maupun penolakan.

Baca Juga:
Contoh Penggunaan Who Whom Whose dalam Bahasa Inggris

Kalimat interogatif dimulai dengan adanya kalimat tanya dengan menggunakan clue. Berikut adalah contoh kata yang digunakan untuk interrogative sentence;

  • What? /Apa?
  • Who? /Siapa?
  • When? /KapanĀ¦?
  • Where? /Dimana?
  • How? /Bagaimana?
  • Can? /Dapatkah?

Apabila dilihat dari garis besar, interrogative sentence mempunyai pola yang sama. Sehingga, kamu bisa memahami jika semua kalimat tanya pasti tidak berbeda. Padahal, bentuk kalimat tanya bervariasi, tergantung jawaban dari pertanyaan tersebut, sebagaimana berikut:

1. Yes-No Question

Bentuk kalimat ini dibuat dengan cara tukar posisi subject dan auxiliary, yaitu menggunakan will, shall, may, must, do, can, atau menggunakan linking verb seperti is, are, dan am.

Apabila hanya terdapat main verb, maka bagian awal kalimat akan membutuhkan do, does, atau did. Biasanya, yes-no question digunakan sebagai pertanyaan dalam kuisioner, perhatikan contoh interrogative sentence berikut:

  • May I borrow your computer? Bolehkah saya meminjam komputer anda?
  • Must Joanna follow the orientation program? Haruskah Joanna mengikuti program orientasi?
  • Are you a human?  Apakah kamu manusia?

2. Alternative Question

Tipe interrogative sentence ini menggunakan coordinate conjunction yaitu or guna memberikan pilihan jawaban. Interrogative sentence tersebut diawali dengan adanya auxiliary verb ataupun linking verb berupa be. Hanya saja, bisa menggunakan wh-word sebagai pembuka, terutama untuk which, sebagaimana contoh berikut:

  • Would you like some breads? Apakah kamu mau beberapa roti?
  • Are you going to Surabaya or Malang? Kamu akan ke Surabaya atau Malang?
  • Which is better for me The blue sport car or the red sporty motorcycle? Mana yang lebih baik untuk saya Mobil sport biru atau motor sporty merah?

3. WH-Question

Apa itu WH-questions adalah where, what, why, when, who, which, whom, how, dan whose. Dalam pelajaran Bahasa Indonesia, kamu juga dikenalkan dengan adanya 5 W + 1 H.

Tujuan penggunaan WH Question yaitu agar memperoleh informasi dalam menulis berita atau artikel tertentu supaya dapat menyampaikan informasi dengan lengkap.

4. Tag Question

Selanjutnya, tag question yaitu pertanyaan pendek, berbentuk linking verb atau auxiliary + pronoun pada akhir kalimat. Untuk memisahkan tag question agar tidak menyatu dengan kalimat utama, dibutuhkan koma.

Jika kalimat awal positif, maka tag question adalah negatif, begitu sebaliknya dengan contoh berikut:

  • Today is her birthday, isnt it?
  • You remember me, don you?
  • You have found her, havent you?

Baca Juga:
Penggunaan To Be dalam Bahasa Inggris

Penggunaan Interrogative Sentence dalam Tenses

Dengan contoh interrogative sentence, sekarang kamu jadi tahu bahwa kalimat interogatif berguna ketika harus mengajukan pertanyaan langsung. Kalimat berisikan tanda tanya juga digunakan saat ingin mendapatkan informasi, konfirmasi, maupun penolakan.

Contoh Kalimat untuk Simple Future Tense

Contoh kalimat interogatif bahasa Inggris selanjutnya adalah untuk pola simple future tense. Karena pola ini terkadang cukup sulit dibandingkan present atau past tense. Pola yang digunakan dalam kalimat simple future tense biasanya adalah will/shall + be + kata sifat/keterangan/benda.

Contohnya will you open the book? (akankan kamu membuka buku?). Lalu, kalimat pun bisa menggunakan kata tanya shall. Misalnya adalah shall we going to her place? (haruskah kita pergi ke tempatnya?). Selain itu, kalimat interogatif dapat pula menggunakan kata tanya going to. Contohnya are your brother going to be singer (apakah kakakmu akan menjadi penyanyi?).

Baca juga:
Contoh Interrogative Sentence Bahasa Inggris

Contoh Kalimat untuk Continuous Tenses

Terakhir adalah untuk continuous tenses. Karena tenses ini cukup kompleks pula. Contohnya adalah is it raining in the outside? (apakah di luar rumah sedang hujan?) dan is Dina taking the course? (apakah Dina mengambil kursus?).

Selain jenis positif dan negatif sentence, kalimat interogatif bahasa Inggris pun penting untuk dipahami. Karena setiap pertanyaan pun memiliki tujuan atau fungsinya masing-masing. Sehingga, pastikan untuk memahaminya dengan baik.

Dengan pembahasan ini, maka kamu bisa langsung berlatih sendiri di rumah untuk mengembangkan kemampuan Bahasa inggris. Selain dalam bentuk tulisan, kamu juga bisa langsung latihan dengan bertanya menggunakan interrogative sentence.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi