macam contoh passive form

Macam Contoh Passive Form

Mengetahui apa saja passive form dalam contoh kalimat bisa membantu agar kamu tahu apa perbedaan antara passive voice atau kalimat pasif dengan kalimat aktif bahasa Inggris. Apa itu passive voice adalah kalimat dimana kamu mengganti posisi objek dengan subjek. Jadi siapapun atau apapun yang merupakan subjek dalam kalimat, maka tidak akan menjadi subjek.

Itulah mengapa dalam kalimat pasif atau passive voice hanya digunakan supaya menekankan kejadian, bukan fokus pada siapa pelaku dari tindakan tersebut. Kalau dalam materi bahasa Indonesia, kalimat pasif digunakan untuk menyatakan kata kerja dengan awalan di- atau ter-. Nah, ketika belajar bahasa Inggris, polanya akan berbeda.

Perubahan Dalam Kalimat Passive Voice

Secara umum, passive voice menggunakan pola kalimat to be + past participle atau verb 3. Sekarang dengan rumus tersebut, kamu bisa melihat passive form dalam contoh kalimat ini:

Baca Juga:
Mengenal Rumus Untuk Passive Voice

The workers have constructed the bride (Active)

The bridge has been constructed by the workers (Passive)

Dalam kalimat pertama, siapa yang menjadi subjek maupun pelaku aktivitas konstruksi atau membangun adalah the workers alias para pekerja. Kemudian, penulis mengganti posisi subjek jadi objek dan posisi objek menjadi subjek.

Hasilnya adalah terdapat perubahan kata kerja, sehingga memperoleh tambahan kata “been” yang merupakan to be sehingga semula kalimatnya adalah have constructed menjadi has been constructed. Objek kalimat juga bisa tidak perlu disebut apabila memang dianggap tidak perlu sebagaimana contoh berikut: 

The bridge has been constructed.

Inilah yang disebut kalimat passive voice karena lebih mengutamakan objek yang mana menjadi subjek dan mengapa tidak perlu disebutkan kata “the workers”? Hal ini karena semua orang juga pasti tahu bahwa siapapun yang membangun pasti adalah pekerja.

Baca Juga:
Aturan Penggunaan Passive Voice

Macam-Macam Bentuk Passive Voice

Karena dalam passive voice selalu ada to be, maka kamu juga wajib tahu bahwa to be sangat bervariasi. Macam-macam to be wajib kamu ketahui sesuai penggunaan tenses untuk membuat kalimat passive voice. Penjelasan ini akan mudah dimengerti apabila kamu melihat pola passive form melalui contoh berikut:

1. John is bitten by a snake

2. Joanna was already left.

3. Sam will be moved in another office.

4.The letter should be sent on time to Joanna.

5. Our most expensive guitar are being sold for the charity.

6. Our product was being launched last night.

7. My favorite phone series will be launched next winter.

8. The pool should be cleaned routinely.

9. Our documents have been submitted.

10. The kids had been directed by the travel guide.

11. The document would not have been reported if they did not duplicate it.

12. Joanna should have been married to Sam

Baca Juga:
Perbedaan Will dan Would

Demikianlah informasi tentang bentuk-bentuk passive voice atau passive form beserta contohnya. Kamu bisa mencoba membuat kalimat sendiri di rumah agar lebih cepat menguasai materi passive voice.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi