latihan dasar belajar bahasa inggris, lebih efektif!

Latihan Dasar Belajar Bahasa Inggris, Lebih Efektif!

Ada banyak cara atau kegiatan yang bisa kamu lakukan sebagai cara latihan dasar belajar Bahasa inggris. Belajar Bahasa baru bisa menjadi pengalaman menyenangkan di usia berapa pun. Orang belajar bahasa baru karena berbagai alasan. Contohnya, kamu belajar Bahasa inggris karena ingin bepergian atau bekerja, dan manfaatnya bisa sangat berharga, apa pun alasannya.

Mempelajari bahasa inggris dapat meningkatkan pengetahuan budaya dan dapat membantu merasa lebih percaya diri saat bepergian. Belajar bahasa kedua juga dapat meningkatkan fungsi otak. Studi menunjukkan bahwa orang yang berbicara lebih dari satu bahasa mempunyai daya ingat, keterampilan memecahkan masalah dan berpikir kritis, meningkatkan konsentrasi, kemampuan untuk melakukan banyak tugas, dan keterampilan mendengarkan yang lebih baik.

Apa Saja Contoh Latihan Dasar Bahasa Inggris

Bahasa Inggris dituturkan oleh sekitar 1,75 miliar orang di seluruh dunia. Mampu berbicara bahasa Inggris bukan hanya tentang dapat berkomunikasi dengan penutur asli bahasa Inggris. Berikut adalah beberapa contoh latihan dasar belajar Bahasa Inggris yang bisa kamu pelajari:

Dengarkan Bahasa Inggris Setiap Hari

Kegiatan pertama adalah mendengarkan radio dalam Bahasa inggris. Atau, kamu juga bisa menguji kemampuan Bahasa inggris, terutama dalam hal listening dengan menonton TV Bahasa inggris setiap hari. Jika sedang santai, kamu bisa mengajak saudara, keluarga, atau teman untuk menonton film-film berbahasa inggris.

Baca Juga:
Memahami Makna Offering Help dan Contohnya dengan Benar

Berteman Dengan Teman Baru

Cara selanjutnya adalah dengan memanfaatkan relasi. Cari teman-teman baru yang juga sedang belajar menggunakan Bahasa inggris atau menggunakan Bahasa tersebut sebagai Bahasa kedua mereka.

Buatlah percakapan, dan seringlah latihan dialog bersama mereka. Jika kehabisan ide, kamu juga dapat memanfaatkan buku teks untuk pemula.

Baca Bacaan Bahasa Inggris

Tidak ada salahnya untuk memulai dari buku anak-anak yang menggunakan kata sederhana. Atau, kamu juga bisa membaca buku-buku Bahasa inggris untuk pengguna Bahasa inggris kedua, atau English for Second Language.

Perkaya jenis bacaan yang kamu baca, misalnya dengan membaca iklan, label, atau baca dialog pendek yang penting untuk latihan sehari-hari.

Tingkatkan kemampuan kamu dalam belajar bersama ICAN English. Dengan ikut kursus Bahasa Inggris didampingi tutor profesional, kamu bisa belajar sesuai kebutuhan.

Baca Juga:
Permainan Susun Kata untuk Belajar Bahasa Inggris

Cara Belajar Bahasa Inggris dari Dasar

Terkadang kamu terobsesi dengan tata bahasa. Hal ini berlaku untuk kamu yang tumbuh dengan sekolah tata bahasa ketat. Ingatlah bahwa kamu hanya mempelajari tata bahasa untuk berkomunikasi. Berlatihlah dengan beberapa latihan, lalu tulis esai atau lakukan percakapan dan coba gunakan alat baru Anda.

Jangan buang waktu untuk latihan tata bahasa yang sudah kamu pahami hanya karena lebih mudah. Berkonsentrasilah pada tata bahasa yang sulit. Jika tidak yakin di mana letak masalah belajar, tulislah beberapa esai atau paragraf pendek dan mintalah seorang guru untuk melingkari kesalahan yang berulang. Kemudian, kamu dapat mencari masalah grammar dan mempraktikkannya.

Atau, temukan teman yang belajar di tingkat yang lebih rendah. Mengajar akan memaksa untuk mengingat aturan dan memahaminya dengan benar. Coba siapkan lembar kerja untuk teman. Tetap teratur. Simpan buku catatan terpisah untuk latihan, menulis, dan kosa kata, dan gunakan buku tulis atau pen yang kamu sukai. Lanjutkan dengan belajar dalam waktu singkat dan teratur. Berikan sedikit waktu untuk meninjau, lalu belajar di tempat kamu merasa bahagia dan nyaman.

Jangan biarkan adanya gangguan selama belajar. Hindari menggunakan email, TV, dan telepon (kecuali dalam bahasa Inggris) saat belajar. Siapkan minuman dan makanan ringan agar kamu tidak perlu bangun dari area belajar. Jika kamu belajar berpasangan atau berkelompok, buatlah aturan hanya dalam bahasa Inggris.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi