macam tenses lampau dalam bahasa inggris

Macam Tenses Lampau dalam Bahasa Inggris

Tenses lampau atau dalam bahasa inggris dikenal dengan past tense merupakan salah satu bentuk tenses untuk menyatakan suatu kejadian di masa lampau. Jika dalam bahasa Indonesia kamu tidak mengenal bentuk pola kalimat ini, maka dalam bahasa inggris penting untuk mengetahuinya. Karena bentuk tenses past akan sangat sering dijumpai.

Pembelajaran bentuk tenses ini mungkin sudah tidak asing lagi. Namun, sudahkah kamu memahami konsep penggunaanya? Memahami konsep penggunaan tenses past sangat penting untuk diketahui, karena bukan hanya akan berguna untuk kepentingan akademik saja melainkan untuk percakapan harian juga.

Terdapat berbagai macam tenses past dalam bahasa inggris. meskipun sama-sama menunjukan waktu yang lampau, tetapi untuk konsep dan penggunaanya memiliki beberapa perbedaan. Sehingga, penting untuk memahami berbagai jenisnya.

Kursus bahasa Inggris di ICAN English akan membantu kamu mempelajari bahasa Inggris dengan maksimal. Kamu akan dibimbing oleh tutor berpengalaman dengan materi yang sesuai kebutuhan kamu. Di bawah ini merupakan macam-macam bentuk tenses lampau dalam kursus bahasa inggris yang perlu diketahui.

Simple past tense

Bentuk yang pertama ini mungkin sudah tidak asing lagi yakni, simple present tense. Seperti namanya, bentuk tenses ini merupakan bentuk yang paling sederhana dari tenses lampau. Adapun, untuk penggunaan, tenses ini digunakan untuk menyatakan suatu kegiatan atau kejadian yang terjadi di masa lampau, tetapi berdiri sendiri tanpa ada kegiatan lainnya.

Adapun, rumus pembentuk kalimatnya yakni; subjek + past participle + keterangan. Misalnya, Khaira wrote the letter for her sister yesterday (Khaira menulis surat untuk saudara perempuannya kemarin).

Baca juga:
Apa Itu Bentuk Lampau Dan Macamnya

Past perfect tense

Bentuk berikutnya yakni, past perfect tense digunakan untuk menyatakan suatu kegiatan yang telah terjadi di masa lampau. Yang membedakan dengan tenses sebelumnya yakni, pada tenses ini jenis kegiatan awalnya diikuti oleh kegiatan berikutnya. Jenis tenses ini digunakan untuk pelengkap pada model kalimat conditional sentence (kalimat pengandaian).

Rumus pembentukan kalimatnya yaitu; subjek + had + past participle (verb 3). Misalnya, He had swept all room before the others come (dia sudah menyapu seluruh ruangannya sebelum yang lain datang).

Baca Juga:
Contoh Kalimat Pengandaian Bahasa Inggris

Past continuous tense

Berikutnya, yaitu past continuous tense yang digunakan untuk menyatakan suatu aksi yang sedang terjadi di masa lampau pada waktu tertentu. Aksi yang terjadi di waktu tersebut sudah dimulai, tetapi belum selesai pada saat itu. Bentuk tenses ini menunjukan suatu aksi dapat terjadi sebelum (before), selama (progress), atau berlanjut (continued)

Adapun, untuk rumus yang digunakan dalam pembentukan kalimatnya yaitu; subjek + be (was/were) + present participle (-ing). Misalnya,  she was buying so many books (dia (dulu) sedang membeli banyak sekali buku-buku)

Past perfect continuous tense

Selanjutnya yakni bentuk past perfect continuous tense yang digunakan untuk menyatakan suatu kegiatan yang sudah dimulai di masa lampau dan berlangsung di waktu lampau. Dalam penggunaanya bentuk tenses ini digunakan untuk menyatakan suatu kegiatan yang telah selesai pada waktu tertentu.

Adapun, rumus pembentukan kalimatnya yaitu; subjek + had + been + present participle (-ing) + objek. Misalnya, he had been looking for his missing phone (dia telah sedang mencari ponselnya yang hilang).

Baca Juga:
Penggunaan Did Dalam Bahasa Inggris

Past future tense

Bentuk terakhir dari tenses past yakni, past future tense yang digunakan untuk mengungkapkan suatu gagasan atau keadaan di masa depan dari sudut pandang masa lampau. Ungkapan yang diutarakan dalam bentuk tenses ini merupakan suatu tindakan atau peristiwa yang diprediksi, direncanakan, diharapkan, atau dijanjikan di masa depan yang telah lau.

Ungkapan tersebut bisa saja benar terjadi atau tidak pernah terjadi sekalipun. Adapun, rumus pembentuk kalimatnya yakni; subjek + should/would + bare infinitive. Misalnya, my mother should  cook something for all the people in the grandma’s house (ibu saya harus memasak sesuatu untuk seluruh orang yang ada di rumah nenek).

Berikut merupakan macam-macam tenses lampau dalam bahasa inggris yang wajib kamu ketahui ketika sedang mempelajari bahasa ini. Dengan mengetahui berbagai jenis tersebut, maka kamu tidak akan merasa kebingungan lagi tentang cara membedakan serta cara penggunaanya.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi