manfaat belajar grammar bahasa inggris

Manfaat Belajar Grammar Bahasa Inggris

Grammar menjadi salah satu materi bahasa Inggris yang cukup sulit. Banyak orang yang kurang mengerti aturan grammar karena banyak aturan yang harus digunakan dan beberapa di antaranya harus diabaikan. Namun, ada banyak manfaat belajar grammar bahasa Inggris yang bisa kamu rasakan.

Banyak orang yang mengabaikan grammar dan penggunaannya. Padahal, grammar sangat penting digunakan dalam percakapan atau pertukaran komunikasi sehari-hari. Untuk akademik, grammar juga diperlukan karena ada banyak tes bahasa Inggris yang mengharuskan kamu untuk memahami grammar.

3 Manfaat Penting Belajar Grammar

Sebagai seseorang yang ingin belajar bahasa Inggris lebih dalam, penting untuk tidak hanya dapat menggunakan bahasa tersebut, namun juga menyampaikan pesan dengan baik. Kamu juga harus mengikuti aturan sesuai dengan grammar yang telah ditetapkan.

Ada beberapa manfaat belajar grammar yang harus kamu tahu sebagai pelajar bahasa Inggris:

1. Menyampaikan pesan dengan benar

Aturan grammar bertujuan untuk meningkatkan kejelasan dan akurasi dalam menyampaikan pesan kamu. Dengan keterampilan grammar yang kuat, ada kemungkinan miskomunikasi dan salah pengertian akan sangat kecil.

Untuk itu, tata bahasa menjadi materi yang sangat penting untuk kamu pelajari. Kesalahan penyampaian pesan akan membuat pesan tersebut menjadi sangat lucu dan tidak dapat dimengerti.

Baca Juga:
Trik Belajar Grammar Bahasa Inggris

2. Berguna Untuk Penulisan Formal, Akademik, dan Profesional

Baik untuk sekolah, pekerjaan atau lingkungan professional apapun biasanya membutuhkan tulisan professional dan sesuai dengan aturan grammar. Tentu saja, menulis formal memerlukan penggunaan aturan bahasa formal, jadi tugas ini pasti jauh lebih mudah jika kamu mengerti keterampilan grammar yang baik.

3. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Grammar yang baik memungkinkan kamu untuk berbicara atau menulis dengan nyaman. Dengan begitu, rasa kepercayaan diri akan semakin meningkat dalam situasi apapun, dibandingkan dengan orang yang tidak yakin dengan kata-katanya dan penggunaan bahasanya.

Dengan begitu, kamu akan terdengar lebih cerdas dan meyakinkan, serta pesan kamu akan tersampaikan dan dipahami secara efektif.

Keterampilan grammar akan membuat kefasihan bahasa Inggris kamu semakin meningkat. Mengerti grammar akan mempermudah jalan kamu untuk belajar materi bahasa Inggris yang lain.

Baca Juga:
Cara Mudah Menguasai Grammar Bahasa Inggris

Kegunaan Grammar dalam Keseharian

Grammar yang baik adalah untuk berbicara bahasa Inggris dengan lancar dan percaya diri. Mengetahui tata bahasa akan membantu kamu menghindari kesalahan yang membuat bahasa Inggris terdengar aneh bagi penutur asli.

Grammar juga sangat penting untuk beberapa kondisi. Seperti misalnya, untuk wawancara kerja di negara berbagasa Inggris. Bahkan, dalam survei baru-baru ini terhadap perekrut pekerjaan di Inggris, 50% mengatakan bahwa ejaan dan tata bahasa yang buruk adalah alasan terbesar mereka tidak menyukai seorang pelamar.

Tata bahasa yang benar tidak hanya menunjukkan kemampuan bahasa Inggris, tetapi juga menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang rajin dan memperhatikan detail.

Ini sama pentingnya jika kamu ingin belajar di luar negeri. Perguruan tinggi dan universitas cenderung menilai bahasa Inggris akademis berdasarkan pengetahuan kamu tentang tata bahasa Inggris.

Plus, saat kamu bertemu orang baru atau mengunjungi tempat baru, grammar akan membantu kamu untuk berbicara dengan jelas. Untuk menghindari kesalahpahaman, kamu harus mampu merangkai kalimat dengan tata bahasa yang baik.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi