Pendaftaran tes TOEFL

Pendaftaran Tes TOEFL yang Perlu Kamu Tahu

Mei 18, 2022 | TOEFL

Pendaftaran tes TOEFL adalah langkah selanjutnya apabila kamu telah melakukan persiapan dan mengikuti bimbingan belajar. Pendaftaran berguna supaya kamu dapat menerima informasi lokasi test center dan melengkapi proses administrasi.

Secara umum, terdapat tiga cara mendaftar tes TOEFL. Pertama, melalui lembaga resmi yaitu ETS. Kedua, pada sebuah universitas dan ketiga, yaitu pada lembaga resmi yang telah dipilih ETS. Test of English as a Foreign Language dikenal sebagai TOEFL merupakan tes kemampuan Bahasa Inggris untuk mengukur sejauh mana kemampuan kamu dalam berbahasa asing.

Baca Juga: TES BAHASA INGGRIS SELAIN TOEFL

Cara Daftar Tes TOEFL

Apabila kamu berstatus sebagai mahasiswa atau pelajar, tidak ada salahnya ikut tes TOEFL yang diselenggarakan oleh kampus atau sekolah. Walaupun biasanya sertifikasi tidak dikeluarkan dari ETS secara resmi, tapi bisa kamu gunakan sebagai ajang latihan.

Berikut adalah beberapa cara untuk melakukan pendaftaran tes TOEFL yang wajib kamu tahu:

1. Situs Resmi ETS

Mendaftar tes TOEFL bisa kamu lakukan melalui sistem online sepenuhnya. Kamu bisa mengunjungi situs www.ets.org, lalu pilih menu TOEFL. Jika sudah, kamu akan diarahkan ke laman yang mewajibkan kamu untuk melakukan pendaftaran.

Beberapa data yang kamu perlukan yaitu nama, asal negara, alamat, dan sebagainya. Hanya butuh waktu 15 menit untuk membuat akun. Kamu juga akan mempunyai tiga pilihan pembayaran, yaitu: kredit atau debit, PayPal, dan voucher. Biaya tes TOEFL bisa mencapai Rp.2.660.000.

2. Daftar di Universitas

Beberapa universitas lokal menyediakan fasilitas tes TOEFL. Akan tetapi, tidak semuanya merupakan tes berbasis internasional. Kamu dapat mengetahuinya dengan melihat berapa besaran biaya pendaftaran yang diminta serta berapa lama masa berlaku sertifikat.

Kalau sebuah universitas menawarkan biaya pendaftaran tes tersebut tidak sampai Rp 200.000, maka kamu akan memperoleh sertifikat yang hanya berlaku selama 6 bulan saja. Sertifikat tersebut juga hanya berlaku untuk kepentingan dalam negeri. Biasanya menjadi opsi para pelajar yang ingin tahu berapa skor TOEFL sementara.

Cara registrasi tes TOEFL tersebut dilaksanakan oleh universitas tertentu dengan sangat mudah. Kunjungi UPT Bahasa atau bagian Language Center universitas dan lakukan pembayaran langsung.

3. Persiapkan Diri

Pastikan kamu sudah mempersiapkan diri untuk menjalani tes TOEFL. Kamu bsia bergabung dalam kursus persiapan TOEFL di ICAN English untuk mendapatkan pembelajaran yang maksimal. Kelas persiapan membantu kamu meningkatkan kemampuan untuk menjawab soal-soal TOEFL sebelum mengikuti tes resminya. Preparation class menawarkan program belajar TOEFL khusus dengan tutor berpengalaman.

Baca Juga: MENGENAL SERTIFIKAT TOEFL DAN KEGUNAANNYA

Waktu Terbaik Daftar Tes TOEFL

Melakukan pendaftaran tes TOEFL adalah keharusan, akan tetapi kamu wajib mengetahui kapan waktu terbaik untuk mengikutinya. Ketika kamu butuh sertifikat TOEFL guna melamar pekerjaan atau ketika ingin daftar beasiswa, kuliah serta kegiatan lainnya yang mewajibkan kamu untuk memiliki sertifikat tersebut.

Kalau kamu tidak punya rencana apapun untuk mulai bekerja, sekolah, maka sertifikat ini tidak perlu kamu miliki dalam waktu dekat. Hal ini karena sertifikat tes TOEFL punya masa berlaku.

Hanya dalam kurun waktu tertentu saja, sertifikat dapat kadaluarsa. Jadi, daripada buru-buru ikut tes TOEFL tetapi tidak ada tujuan menggunakannya, sertifikat tersebut menjadi percuma.

Persiapkan secara matang sampai waktu yang tepat. Strategi bisa lulus tes TOEFL membutuhkan persiapan dan pemahaman materi semaksimal mungkin. Kalau tidak melakukan persiapan dengan matang, skor yang kamu capai bisa saja di bawah target.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Apa Perbedaan TOEFL ITP dan PBT?

Apa Perbedaan TOEFL ITP dan PBT?

Sebagian besar universitas di Amerika membutuhkan skor TOEFL ITP atau PBT dari siswa internasional. Namun, sebenarnya apa perbedaan dari TOEFL ITP dan PBT tersebut? TOEFL ITP adalah ujian yang serupa, tetapi tidak identik, dengan TOEFL iBT. Tes ini sendiri memiliki...

Tips Belajar Bahasa Inggris untuk Persiapan TOEFL

Tips Belajar Bahasa Inggris untuk Persiapan TOEFL

TOEFL adalah salah satu tes penilaian bahasa Inggris yang paling populer dan diterima secara luas di dunia pendidikan asing. Tes ini akan membuktikan bahwa kamu memiliki keterampilan bahasa Inggris yang maksimal. Belajar bahasa Inggris persiapan TOEFL perlu dilakukan...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH