Persiapan Belajar IELTS Otodidak

Persiapan Belajar IELTS Otodidak

IELTS biasanya diperlukan oleh mereka yang akan kuliah di luar negeri. Persapan IELTS perlu dilakukan untuk mendapatkan skor yang maksimal. Persiapan IELTS otodidak bisa kamu lakukan dengan memperhatikan beberapa poin penting.

IELTS bertujuan untuk menguji tingkat bahasa Inggris secara akurat. Sayangnya, persiapan IELTS tidak sederhana. Kamu mungkin akan mendapatkan banyak kesulitan ketika belajar IELTS otodidak. Namun, dengan beberapa tips sederhana, kamu bisa mempelajari tes yang satu ini dengan baik.

3 Tips Belajar IELTS secara Otodidak

Belajar IELTS secara otodidak tidak sesulit yang kamu bayangkan. Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mempelajari ujian ini secara mandiri. Perhatikan beberapa tips dan langkah berikut ini ketika kamu berencana untuk belajar IELTS otodidak.

1. Tingkatkan Kemampuan Bahasa Inggris

Tingkatkan bahasa Inggris kamu secara online, atau melalui sumber apapun. Kamu perlu melatih semua aspek bahasa Inggris, seperti membaca, mendengarkan, menulis, dan berbicara.

Teknik belajar bahasa Inggris apa pun yang menurut kamu menarik dapat menjadi persiapan IELTS yang efektif, misalnya membaca novel bahasa Inggris, mendengarkan podcast atau lagu, serta cara lainnya tetap bisa kamu lakukan.

Baca Juga:
Bisakah Belajar IELTS Sendiri?

2. Pahami Format Tes IELTS

Meningkatkan bahasa Inggris tidak cukup untuk mendapatkan skor IELTS yang bagus. Kamu perlu mengetahui cara kerja penilaian tes, berapa panjang teks yang diperlukan untuk setiap perintah, dan kapan poin dikurangi atau ditambahkan.

Ada banyak website dan buku persiapan IELTS yang bisa membantu kamu memahami struktur tes IELTS dengan lebih baik. Mulailah dengan melihat situs resmi dengan cermat. Tujuan kamu pada langkah ini adalah untuk masuk ke sesi tes IELTS agar kamu familiar dengan jenis pertanyaan, bagaimana skornya, dan apa strategi untuk mengoptimalkan skor.

3. Tes Kemampuan Kamu Sendiri

Ketika kamu sudah mengetahui tingkat kemampuan bahasa Inggris dan paham mengenai struktur soal IELTS, kamu harus menguji kemampuan kamu sekali lagi. Cobalah untuk mengambil latihan IELTS yang tersedia di internet.

Di sini, kamu dapat mengetahui kekurangan dan kelebihan yang kamu miliki. Di poin kekurangan, kamu bisa meningkatkan kemampuan kamu dengan lebih baik. Cara lainnya yang bisa kamu lakukan selain persiapan IELTS otodidak adalah dengan bergabung dengan kursus persiapan IELTS di mana kamu bisa dibimbing dengan para tutor berpengalaman.

Baca Juga:
Rekomendasi Kursus IELTS Online Terbaik

Website Resmi untuk Latihan IELTS

Kamu harus melakukan tes latihan IELTS untuk menentukan berapa skor band kamu saat ini dan juga untuk membiasakan diri dengan tes tersebut.

Namun, perhatikan bahwa di internet, ada banyak tes IELTS palsu yang sebaiknya tidak kamu pilih. Tes palsu bisa sangat menyesatkan dan sering kali menghalangi kamu untuk memahami seperti apa tes yang sebenarnya.

Kamu hanya boleh melakukan tes dari sumber resmi dan tepercaya. Sumber terbaik yang bisa kamu kunjungi untuk latihan IELTS di antaranya adalah:

  • British Council
  • IELTS Essentials
  • IDP

Kamu tak harus melakukan tes ini sesering mungkin, lakukan satu kali dalam seminggu untuk mengetahui kemampuan dan di mana aspek kelemahan kamu. Ini akan membantu kamu mengetahui titik lemah dan memperbaikinya dengan cara yang benar.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi