tips menjawab soal reading toefl

Tips Menjawab Soal Reading TOEFL

Dalam TOEFL, ada bagian reading yang akan menguji kemampuan membaca kamu. Secara sederhana, kamu harus membaca sebuah essay dan menjawab pertanyaan yang terkait dengan informasi yang telah kamu baca. Penting untuk menjawab dengan benar semua soal reading TOEFL agar kamu bisa mendapatkan skor yang tinggi dalam sesi ini.

Namun, tentu akan ada kesulitan yang kamu dapatkan ketika dihadapkan pada soal reading TOEFL ini. Dua hal yang cukup menyulitkan adalah batas waktu dan konsentrasi. Perlu diketahui bahwa kamu hanya memiliki waktu 20 menit untuk membaca semua essay tersebut, sekaligus menjawabnya.

Trik Lancar Menjawab Soal Reading dalam TOEFL

Ketika membaca soal pada bagian ini, kamu harus berkonsentrasi penuh dan pastikan kamu telah memahami soalnya dengan baik. Meskipun waktu yang diberikan tidak banyak, pastikan konsentrasi kamu tidak berkurang ketika menjawab pertanyaan.

Nah, berikut ini beberapa trik yang bisa kamu terapkan untuk menjawab soal reading TOEFL dengan baik.

Atur Waktu

Dalam menjawab dan membaca soal, pastikan kamu tidak terburu-buru namun juga terlalu lambat. Jika terburu-buru, kadangkala kamu harus mengulang kembali membaca soal dan ini hanya akan membuang waktu kamu.

Jika terlalu lambat, kamu akan menghabiskan waktu yang seharusnya kamu gunakan untuk menjawab soal. Jadi, bacalah perlahan dan pahami setiap soalnya.

Baca Juga:
Soal dan Jawaban TOEFL Reading

Baca Pertanyaan Terlebih Dahulu

Kamu perlu fokus dalam membaca soal, namun tetap mengintip pertanyaan dan membacanya secara skimming. Dengan begitu, kamu bsia mengetahui poin penting yang perlu kamu ingat dan narasi yang perlu kamu baca.

Cara ini membantu kamu untuk tidak membuang waktu dan dapat sepenuhnya berkonsentrasi pada hal yang memang ditanyakan dan membutuhkan ketelitian untuk menjawabnya.

Eliminasi Jawaban yang Mustahil

Saat menjawab soal reading TOEFL, kamu perlu mengeliminasi pilihan yang tidak diperlukan. Nantinya, akan ada pilihan ganda yang bisa kamu pilih. Nah, buanglah pilihan yang sangat tidak relevan agar tidak menyita konsentrasi kamu.

Kamu hanya harus fokus pada pilihan terbaik, dan Analisa agar kamu bisa menemukan jawaban yang tepat. Kemudian, segera beralih ke pertanyaan berikutnya dan jangan terlalu lama pada satu soal karena akan menyita waktu kamu.

Baca Juga:
Situs Dengan Simulasi Tes TOEFL Online

Tips Berlatih Soal Reading TOEFL

Ketika berlatih untuk ujian TOEFL, terutama sesi reading, kamu bisa menggunakan stopwatch. Catat berapa lama waktu yang kamu perlukan untuk memahami sebuah narasi.

Kamu juga bisa meminta bantuan orang lain untuk menyimak bagaimana proses saat kamu berlatih membaca soal reading TOEFL. Atau, agar persiapan kamu lebih matang, kamu bisa bergabung dalam kursus persiapan TOEFL. Di sini, kamu akan dipandu dan dibimbing langsung oleh tutor berpengalaman.

Semakin sering kamu berlatih, semakin paham kamu dengan topik yang bervariasi. Ini akan membuat kamu semakin terbiasa dengan soal di kategori reading. Jadi, jangan lupa berlatih secara rutin, ya!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi