Bagaimana cara belajar bahasa Inggris untuk pemula

Bagaimana Cara Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula?

Pada era digital seperti saat ini, menguasai bahasa Inggris sudah menjadi keharusan. Oleh karena itu, belajar Bahasa Inggris sudah seharusnya menjadi prioritas. Jika tidak menguasai bahasa internasional tersebut, tentu akan mengalami kendala, terutama bila harus berbisnis atau melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.

Belajar Bahasa Inggris

Belajar bahasa Inggris mungkin terasa sulit, terutama bagi pemula. Namun, sulit bukan berarti tidak bisa dipelajari. Kunci utama dalam memelajari bahasa asing ini adalah disiplin dan tekun.  Selain mengambil kelas kursus bahasa Inggris, kamu juga bisa melatih diri sendiri, di mana pun berada.

Ada beberapa cara belajar bahasa Inggris untuk pemula, yaitu:

Pelajari Kata Dasar Bahasa Inggris

Sebagai langkah awal cara belajar bahasa Inggris untuk pemula, pelajari kata dasar bahasa Inggris. Misalnya, kata tunjuk aku, kamu, dia. Setelah itu, hafalkan. Hafalkan juga kata-kata yang digunakan sehari-hari, seperti makan, minum, bermain, dan sebagainya. Pelajari juga pengucapan dan tulisannya. Buat target, misalnya dalam sehari, menghafal 10 kosa kata baru. Dengan cara ini berarti kamu belajar speaking dan writing.

Mendengarkan Lagu Berbahasa Inggris

Cara belajar bahasa Inggris selanjutnya adalah mendengarkan lagu berbahasa Inggris. Konon, belajar bahasa Inggris dengan mendengarkan musik, akan membuat kamu lebih mudah menangkap kata-katanya. Selanjutnya, pahami arti lagu tersebut. Selain menambah kosa kata bahasa Inggris, kamu pun jadi tahu isi cerita lagu tersebut. Tips memelajari cara ini adalah, tidak usah khawatir jika salah memahami lirik lagu tersebut. Kamu bisa mencari lirik dan artinya di mesin pencarian, lalu cocokkan dengan hasil tulisanmu. Kegiatan ini akan melatih listening. Pelajari juga pelafalannya dengan cara ikut bernyanyi. Hal ini sangat ampuh bagi pemula.  Listening, writing, dan speaking dalam satu latihan. Menarik, bukan?

Menonton Film Berbahasa Inggris

Cara ketiga, tidak kalah menarik, yaitu menonton film berbahasa Inggris. Matikan subtitle bahasa Indonesia untuk melatih pendengaran dan pemahaman. Jika ada kata-kata yang sulit dimengerti, barulah aktifkan subtitle, tetapi jangan terlalu sering. Satu hal lagi, rajin-rajinlah mencari kata yang belum diketahui artinya, dengan menggunakan kamus.

Membaca Buku atau Artikel Berbahasa Inggris

Hal yang bisa kamu lakukan dalam belajar bahasa Inggris selanjutnya adalah membaca buku atau tulisan berbahasa Inggris. Mulailah dengan membaca tulisan yang sederhana. Usahakan membacanya dengan lantang, agar sekaligus belajar speaking. Jangan lupa, carilah arti kata yang kamu belum ketahui, untuk menambah kosa kata.

Menulis dalam Bahasa Inggris

Setelah melakukan keempat cara di atas, kamu bisa mulai menulis dalam bahasa Inggris. Hal ini akan meningkatkan kemampuan writing-mu. Teruslah berusaha menulis, dari mulai satu kalimat, satu paragraf, lalu tingkatkan menjadi satu tulisan yang bercerita. Boleh juga menulis puisi. Pelajari lagi, kalau-kalau ada grammar yang perlu diperbaiki.

Berbicara dengan Orang yang Mahir Bahasa Inggris

Kunci dari belajar bahasa Inggris adalah menggunakannya sesering mungkin. Bahasa itu akan terus melekat apabila selalu digunakan. Jadi, teruslah mengasah kemampuan bahasa Inggris-mu dengan berbicara menggunakan bahasa Inggris, dengan orang yang sudah mahir. Saat melatih kelancaran berbahasa Inggris, jangan lupa minta pada lawan bicaramu untuk mengoreksi apabila ada kesalahan.

Konsisten

Latih kemampuan bahasa Inggrismu setiap hari. Gunakan semua cara belajar bahasa Inggris yang sudah dijelaskan di atas.

Nah, jangan kecil hati kalau kamu pemula. Cara belajar bahasa Inggris di atas tidak sulit dilakukan, asalkan kamu berkeinginan kuat dan sungguh-sungguh belajar, sampai berhasil.

By Admin Staff Tips