Tips belajar bahasa Inggris dengan cepat

7 Tips Belajar Bahasa Inggris dengan Cepat

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang digunakan sebagian besar negara. Maka tak heran di Indonesia pelajaran bahasa Inggris diwajibkan untuk dipelajari di sekolah. Bagaimana cara belajar bahasa Inggris dengan cepat? Berikut berbagai tips menarik yang bisa kamu lakukan untuk belajar bahasa Inggris dengan cepat yang wajib kamu ketahui.

Memiliki waktu terbatas karena sibuk dengan kegiatan sekolah atau bekerja menjadi kendala dalam keinginan belajar. Terlebih jika kamu ingin belajar bahasa Inggris dengan cepat. Persaingan studi maupun pekerjaan yang ketat di era globalisasi membuat kamu harus belajar bahasa Inggris untuk menjadi nilai tambahan. Bagaimana tips belajar bahasa Inggris dengan cepat dan efektif? Pertanyaan tersebut pasti terlintas dipikiranmu ketika sedang mempelajari bahasa Inggris.

Sebelum menerapkan tips belajar bahasa Inggris dengan cepat, baiknya kamu harus bertekad belajar menerus atau secara continue. Selain itu, suka dan mencintai bahasa Inggris terlebih dahulu membuat motivasi belajar juga bertambah. Berhasil atau tidaknya pembelajaran, semua tergantung motivasi kuat dalam dirimu sendiri. Disiplin belajar pun menjadi kunci dalam menerapkan beberapa tips belajar bahasa Inggris dengan cepat.

Tips Cepat Belajar Bahasa Inggris

Berbagai cara kamu tempuh demi mempelajari bahasa Inggris, misalnya membeli kamus atau buku panduan hingga mengikuti kursus yang membutuhkan biaya tak cukup sedikit. Namun, apakah hal tersebut efektif? Tidak dapat dipungkiri kemajuan teknologi membantu kamu untuk bisa mempelajari bahasa Inggris. Selain dari informasi yang serba online, kamu juga bisa belajar bahasa Inggris dengan cepat melalui tips seperti berikut:

1. Menggunakan Teknik Mendengarkan dan Menjawab Cerita

Teknik ini bukanlah teknik mendengarkan dan kemudian mengulangi cerita tersebut seperti banyak di praktikkan saat ini. Metode atau teknik ini cenderung mendorong orang untuk segera menjawab pertanyaan yang dilemparkan oleh guru atau ahli bahasa kepada muridnya. Menceritakan kembali tentang apa yang didengar dari kaset memang cukup bagus tetapi lebih baik lagi jika orang yang belajar bahasa Inggris diberikan beberapa pertanyaan mudah dan singkat secara cepat berdasarkan rekaman cerita singkat. Hal ini merangsang kemampuan kamu berbicara secara cepat dan otomatis tanpa memikirkan penggunaan grammar.

2. Sering Menonton Film Bahasa Inggris

Belajar bahasa Inggris tak lepas dari segala macam kegiatan berbau Inggris. Termasuk menonton film bahasa Inggris. Kamu usahakan dalam menonton film tanpa menggunakan subtitle sehingga kamu bisa belajar bahasa Inggris dengan cepat. Jangan lupa catat dan cari arti setiap kata yang belum kamu ketahui artinya untuk menambah kosa kata. Pengetahuan bahasa Inggrismu.

3. Jangan Terlalu Fokus dengan Grammar

Bahasa Inggris memang tidak bisa dilepaskan dari grammar. Oleh sebab itu sebagian besar orang menganggap bahwa belajar bahasa Inggris tak lepas dari penguasaan grammar. Memang hal itu penting tetapi ada baiknya kamu jangan terlalu memikirkan aturan grammar saat berbicara bahasa Inggris. Hal ini membuat ucapan dan cara berbicara kamu kurang natural dan terbata-bata. Jadi kamu harus pintar kapan memperhatikan aturan dalam grammar dalam berbahasa Inggris.

4. Jangan Hanya Fokus Belajar Bahasa Inggris Text Book

Sepertinya banyak orang yang sering kesulitan dalam memahami perkataan orang asing walaupun mereka sudah belajar bahasa Inggris bertahun-tahun. Belajar dengan buku paket bahasa Inggris memang tidak salah karena kamu akan memperoleh kecakapan membaca dengan baik. Tetapi kadang percakapan dalam buku paket tersebut tidak semua digunakan dalam percakapan sehari-hari. Justru orang Inggris asli menggunakan bahasa informal dan terkadang berbeda dengan buku pelajaran. Maka dari itu, kamu harus lebih sering menonton acara-acara televisi yang menggunakan bahasa Inggris.

5. Mendengarkan Lagu Bahasa Inggris

Tips belajar bahasa Inggris dengan cepat selanjutnya adalah sering-seringlah mendengarkan lagu bahasa Inggris dan menghafalkan liriknya. Kamu akan lebih mudah mempelajari jika hafal lirik dan menyukai lagunya. Selain itu, kamu bisa mencari arti lirik lagu tersebut. Mendengarkan lagu melatih listening (kemampuan mendengarkan bahasa Inggris), menghafal lirik dan mengucapkanya dengan benar melatih speaking (kemampuan berbicara bahasa Inggris), dan menambah kosa kata.

6. Belajar Secara Mendalam dan Mendengarkan Cerita Pendek

Untuk belajar bahasa Inggris yang cepat dan efektif, kamu harus mempelajari kata-kata, frasa dan kalimat dalam bahasa Inggris agar dapat tersimpan di memori dengan baik. Selanjutnya, kamu bisa belajar bahasa Inggris dengan mendengarkan cerita pendek yang sama dengan tenses yang berbeda setiap sesi. Misalnya kamu mendengarkan cerita pendek dengan menggunakan Present Tense dan selanjutnya menggunakan tenses berbeda.

7. Melatih Kemampuan Berbicara

Jika kamu sudah belajar bahasa Inggris secara mendalam dan menyeluruh, maka maka harus mempraktikkan kemampuan dengan cara berbicara. Untuk melatih kemampuan bicara, kamu haruslah ikut dalam komunitas bahasa Inggris atau praktik langsung dengan orang asing atau bule agar kemampuan berbicaramu lebih terasah. Jika tidak ada orang asing, kamu bisa berbicara dengan sesama orang Indonesia tetapi yang sudah ahli berbahasa Inggris.

Itulah beberapa cara belajar bahasa Inggris dengan cepat dan efektif yang bisa kamu terapkan agar segera menguasai bahasa Inggris. Ada cara-cara lainnya, namun ketujuh cara tersebut merupakan tips belajar bahasa Inggris dengan cepat dan efektif untuk kamu coba. Tentunya kamu harus melakukan ketujuh hal di atas sebagai kebiasaan agar bisa belajar bahasa Inggris dengan cepat.

Bagaimana tips menarik di atas? Sangat fleksibel untuk diterapkan, bukan? Yuk belajar bahasa Inggris dengan cepat. Sekian informasi kali ini, semoga bermanfaat. Terima kasih.

By Admin Staff Tips