Panduan Belajar Akhiran S dalam Bahasa Inggris

Panduan Belajar Akhiran S dalam Bahasa Inggris

Akhiran s dalam bahasa Inggris ditambahkan pada akhir sebuah noun atau verb. Ada lima kondisi kapan harus menambahkan akhiran s pada kosakata.

Saat sedang berbicara suatu benda yang jumlahnya lebih dari satu, atau berbicara suatu hal secara general dalam satu kategori, kamu harus menunjukkan pluralitas. Apa itu plural adalah benda jamak.

Aturan Suffix -S dalam Bahasa Inggris

Berikut adalah cara menambahkan akhiran s dalam Bahasa Inggris:

Jika menunjukkan Lebih dari Satu (Jamak/Plural)

Contoh, kamu sedang membeli empat buku (you are buying four books). Kalimat tersebut menunjukkan bahwa kata benda yang mempunyai sifat plural adalah “book”.

Hal ini karena buku tersebut berjumlah empat. Untuk itu, kamu harus menambahkan akhiran s pada “book”, sehingga menjadi “books”.

Jika Menunjukkan Generalitas

Jika kamu sedang menggunakan aturan umum, misalnya suatu benda secara umum, maka kamu akan berbicara semua unit dalam satu kategori. Contohnya semua pohon, semua komputer, dan semua sekolah. Jumlah setiap kategori lebih dari satu, atau plural.

Untuk menunjukkan generalitas, letakkan akhiran s pada tiap noun. Kamu juga tidak perlu menambahkan the pada semua plural noun tersebut untuk merujuk pada kategori general, sebagaimana contoh berikut:

  • All computer (salah)
  • All computers (benar)
  • All the computers (salah)

Jika Menunjukkan Present Tense Subject/Verb Agreement

Tambahkan akhiran s di bagian akhir verb present tense untuk menyertai subjek singular ketiga (he, she, it)

  • She work (salah)
  • She works (benar)

Akhiran S untuk Subjek/Verb Agreement

Kalimat ini dalam bentuk present tense. John merupakan subjek “he”, sehingga verb “sit” mendapatkan tambahkan akhiran “s”, seperti contoh: he sits on the bench.

Jika mengindikasikan Kontraksi

“It’s” adalah cara singkat untuk menyatakan “it is”. Ada beberapa kata lain yang sering digunakan dengan ‘s, untuk menunjukkan kontraksi, sebagaimana contoh berikut: Who’s that? What’s up, bro? Where’s my book?

Baca juga :
Panduan Belajar Akhiran Ing Dalam Bahasa Inggris

Cara Menggunakan Akhiran S untuk Singular dan Plural Possessions

Akhiran s dalam Bahasa Inggris juga digunakan untuk menunjukkan kepemilikan subjek. Misalnya, : John’s computer. Komputer yang dibicarakan adalah milik John, sehingga subjek mendapatkan akhiran –‘s.

Kamu juga dapat menggunakan plural possession dengan adanya akhiran -s’, seperti contoh: girls’ area. Girls menunjukkan plural noun, sehingga untuk menunjukkan kepemilikannya adalah dengan menambahkan s’.

Penggunaan akhiran “s” juga berlaku pada subjek yang memiliki nama dengan akhiran s. Misalnya, ketika ingin menulis “kamar tidur Jonas”, maka bisa ditulis Jonas’ bedroom. Penulisannya sama seperti plural possession (-s’) walaupun Jonas itu satu orang (singular, bukan plural).

Mau lebih mudah belajar Bahasa Inggris? ICAN English memberikan peluang bagi siapa saja yang merasa kesulitan belajar sendiri. Kami menyediakan program kursus Bahasa Inggris untuk semua kalangan yang butuh bimbingan profesional.

Dengan mengikuti placement test terlebih dahulu, kamu akan berada di kelas yang tepat, sesuai level kemampuan berbahasa. Selanjutnya, tutor akan memberikan bimbingan secara intensif, dengan gaya belajar personal. Sehingga, di akhir pertemuan kelas, kamu dapat melihat hasil belajar yang meningkat secara signifikan!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.