sulit berbicara bahasa inggris

Alasan Sulit Berbicara Bahasa Inggris

Sep 21, 2022 | Bahasa Inggris

Salah satu alasan orang-orang ingin belajar Inggris adalah supaya lancar berbicara menggunakan bahasa ini. Namun, sayangnya banyak orang Indonesia yang benar-benar merasa kesulitan berbicara bahasa Inggris. Ternyata, terdapat beberapa faktor yang menyebabkan orang Indonesia sulit berbicara bahasa Inggris. Hal ini tentunya perlu untuk kamu ketahui.

Fungsi bahasa Inggris secara umum memanglah untuk sarana berkomunikasi. Salah satu output paling umum yang dapat dihasilkan dari belajar bahasa Inggris adalah mampu berkomunikasi. Kesulitan berbicara bahasa Inggris bukan hanya dialami oleh satu atau dua orang saja. Namun, hampir sebagian masyarakat Indonesia mengalami kesulitan untuk berbicara bahasa Inggris.

Baca Juga: CARA MEMBIASAKAN BERBICARA BAHASA INGGRIS

Faktor dan Alasan Sulit Berbicara Bahasa Inggris

Salah satu kendala paling sering terjadi saat akan berbicara bahasa Inggris adalah pengucapan atau pronunciation. Pengucapan dalam bahasa Inggris memang jauh berbeda dari Indonesia. Selain itu, terkadang penulisan dan pengucapannya pun cukup berbeda. Itulah mengapa, banyak yang merasa kesulitan. Inilah beberapa alasan atau faktor lainnya yang perlu diketahui.

1. Terlalu Banyak Membaca Teori dan Tidak Dipraktikan

Saat belajar bahasa Inggris, kamu tentunya akan membaca beberapa teori. Teori ini berisi pembelajaran bahasa Inggris, termasuk grammar, kosakata, dan sebagainya. Kebanyakan orang hanya fokus di teori saja dan lupa mempraktikannya. Padahal, kunci utama dalam menguasai speaking bahasa Inggris adalah mempraktikannya, setelah selesai membaca teori.

Oleh sebab itu, sebaiknya kamu tidak hanya fokus di teori saja. Ketika sudah merasa cukup membaca teori bahasa Inggris. Maka, cobalah untuk mempraktikannya. Karena teori tanpa praktik bukanlah hal yang bagus. Tujuan untuk lancar berbicara bahasa Inggris pun mungkin saja akan sulit digapai. Hanya karena kamu terlalu fokus pada teori, tanpa adanya praktik.

2. Takut dan Malu Ketika Berbicara Bahasa Inggris di Hadapan Publik

Salah satu faktor terbesar saat merasa sulit berbicara bahasa Inggris adalah karena takut atau malu. Tidak bisa dipungkiri, masih banyak masyarakat Indonesia yang akan mengejek seseorang saat berbicara menggunakan bahasa lain, termasuk Inggris. Hal ini terkadang membuat banyak orang merasa malu dan takut ketika akan berbicara memakai bahasa Inggris.

Untuk mengatasi hal ini, kamu dapat mencoba berbicara sendiri di depan kaca. Cobalah mempraktikan skill komunikasi bahasa Inggris dengan diri sendiri. Cara ini ternyata banyak digunakan pula oleh sebagian orang. Apabila memungkinkan, kamu dapat mencoba mencari klub atau komunitas bahasa Inggris. Sehingga dapat mempraktikan dialog bahasa Inggris.

3. Belum Memiliki Sikap Konsisten untuk Belajar Bahasa Inggris Secara Rutin

Faktor yang paling penting saat belajar bahasa adalah tentang sikap konsisten. Bahasa merupakan ilmu yang harus langsung dipraktikan. Karena fungsi dan manfaat utamanya adalah untuk berkomunikasi. Jika kamu tidak konsisten belajar bahasa Inggris. Maka, bisa saja kamu akan cepat lupa tentang teori atau materi bahasa Inggris yang pernah dipelajari sebelumnya.

Maka, cobalah menanamkan sikap konsisten sebelum memutuskan belajar bahasa Inggris. Jangan sampai berhenti di tengah jalan. Kamu perlu memiliki sikap konsisten, tekun, dan sabar. Hasil dari belajar bahasa Inggris mungkin tidak akan langsung dirasakan. Sehingga, kamu perlu tetap sabar dan belajar sampai benar-benar bisa. Agar hasilnya nanti bisa lebih maksimal.

4. Hanya Fokus pada Gramatikal atau Grammar Bahasa Inggris

Alasan lainnya yang banyak terjadi saat sulit berbicara bahasa Inggris adalah terlalu fokus pada gramatikal. Perlu diketahui, gramatikal atau grammar memang merupakan pondasi penting dalam kalimat berbahasa Inggris. Namun, bukan berarti kamu hanya fokus di gramatikan saja. Terlebih jika bahasa Inggris yang dipelajari dimaksudkan untuk komunikasi.

Dalam berkomunikasi, hal terpenting adalah apa yang kamu bicarakan bisa dimengerti orang lain. Sehingga, jangan terlalu terpaku pada gramatikal. Bukan berarti kamu tidak perlu mempelajari gramatikal. Namun, pelajarilah secara perlahan. Tidak ada salahnya tetap praktik berbicara bahasa Inggris, walaupun gramatikal belum sempurna dan sesuai dengan teori.

Baca Juga: TIPS FASIH BERBICARA BAHASA INGGRIS

Mengatasi Kesulitan Berbicara Bahasa Inggris

Kamu dapat mengatasi masalah tersebut dengan beberapa hal. Seperti membiasakan untuk percaya diri untuk berbicara dan tidak berfokus kepada gramatikal. Cobalah untuk lebih bebas mengkeksplor pengalaman menggunakan bahasa inggris tanpa takut salah. Selain itu, rajinlah untuk evaluasi diri dan jika perlu ajak teman untuk berdialog dengan dirimu.

Untuk mengatasi masalah sulit berbicara bahasa Inggris yang lebih efektif, kamu bisa mencoba mengikuti bimbel bahasa Inggris. Salah satu rekomendasinya adalah ICAN English. Di tempat kursus ini, terdapat kelas khusus speaking dan conversation. Sehingga, kamu akan dilatih dari dasar hingga benar-benar mahir berbicara bahasa Inggris. Tentunya, bersama tutor yang ahli.

Kelas yang tersedia juga memiliki berbagai aktivitas yang bisa menunjang pembelajaran siswa. Kamu juga bebas memilih kelas online maupun offline yang keduanya memiliki kualitas yang sama dan tentunya materi yang disesuaikan dengan kebutuhan.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Bisakah Konversi Skor IELTS ke TOEFL?

Bisakah Konversi Skor IELTS ke TOEFL?

Konversi skor TOEFL ke IELTS memiliki klasifikasi dan tingkatannya masing-masing, mulai dari yang paling dasar hingga paling tinggi. Kedua tes tersebut sebenarnya cukup sulit untuk dibandingkan, karena memiliki keunikannya tersendiri. Selain itu, sistem...

3 Buku Terbaik Untuk Grammar Bahasa Inggris

3 Buku Terbaik Untuk Grammar Bahasa Inggris

Grammar merupakan salah satu aspek terpenting dalam mempelajari bahasa inggris. salah satu metode yang bisa kamu lakukan adalah belajar lewat media buku grammar bahasa Inggris. Metode tersebut bisa kamu pilih karena cenderung fleksibel dan bisa dilakukan dimana...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH