Panduan Belajar Apa Itu Hortatory Exposition

Panduan Belajar Apa Itu Hortatory Exposition

Salah satu materi yang harus kamu pelajari dalam Bahasa Inggris adalah apa itu hortatory exposition. Eksposisi hortatory adalah jenis teks lisan atau tertulis yang dimaksudkan untuk menjelaskan kepada pendengar atau pembaca bahwa sesuatu harus atau tidak boleh terjadi atau dilakukan.

Fungsi utama teks Hortatory Exposition adalah untuk mempersuasi pembaca atau pendengar bahwa sesuatu harus atau tidak seharusnya terjadi. Untuk memperkuat penjelasannya, pembicara atau penulis memerlukan beberapa argumentasi sebagai alasan yang mendasar terkait ide yang diberikan.

Panduan Belajar Hortatory Exposition

Untuk belajar tentang apa itu hortatory exposition, dapat ditemukan dalam buku-buku ilmiah, jurnal, majalah, artikel surat kabar, pidato akademis atau ceramah, laporan penelitian, dll. Eksposisi hortatory sangat populer di kalangan ilmu pengetahuan, komunitas akademis, dan orang-orang terpelajar.

Generic Structure

Pertama, terdapat Introductory of statement atau pernyataan pengantar. Bagian ini merupakan sudut pandang penulis (tesis), pratinjau argumen yang akan menyusul di bagian selanjutnya, dan pertanyaan atau pernyataan emosional untuk menarik perhatian audiens.

Kedua, series of arguments. Dalam penulisannya, paragraf baru digunakan untuk setiap argumen. Setiap paragraf baru dimulai dengan kalimat topik. Setelah kalimat topik muncul rincian untuk mendukung argumen. Kata-kata emosional digunakan untuk membujuk penonton agar mempercayai penulisnya.

Ketiga, recommendation. Membahas tentang pernyataan tentang apa yang harus atau tidak boleh terjadi atau dilakukan berdasarkan argumen yang diberikan.

Tujuan

Tujuan teks hortatory eksposisi adalah untuk memperdebatkan suatu kasus terhadap suatu posisi atau sudut pandang tertentu. Selain itu, bertujuan untuk memberikan saran di akhir argumentasi.

Teks tersebut menegaskan sesuatu kepada pembacanya dengan memberikan pernyataan pendukung dan bukti-bukti yang meyakinkan. Untuk membuat persuasi lebih kuat, pembicara atau penulis memberikan beberapa argumen sebagai alasan mendasar mengapa sesuatu itu terjadi.

Language Features

Beberapa pola tata bahasa yang digunakan dalam hortatory exposition, adalah:

  • Abstract nouns (culture, etc.)
  • Action verbs (value, etc.)
  • Temporal connectives (First, second)
  • Modal auxiliaries (Should, ought to, had better)

Baca Juga: Belajar Teks Exposition Dalam Bahasa Inggris

Perbedaan Analytical dan Hortatory Exposition

Perbedaan antara eksposisi analitik dan hortatory terletak pada segi struktur generiknya pada bagian terakhir yang disebut reiteration dalam analitis dan recommendation dalam hortatory exposition. Fungsi keduanya cukup berbeda.

Dalam eksposisi analitis, reiteration digunakan untuk memberi penekanan pada pendapat penulis dengan menyatakan kembali sudut pandang. Sedangkan dalam hortatory exposition, recommendation digunakan untuk memberikan nasihat atau saran kepada pembaca untuk menentukan pilihan dengan mempertimbangkan argumen yang disampaikan.

Mau belajar lebih mudah dalam memahami berbagai teks Bahasa Inggris? Semua pemahaman yang kamu butuhkan bisa kamu peroleh di kelas ICAN English! Ikuti program kursus Bahasa Inggris kami agar kamu bisa belajar secara intensif dan meningkatkan level Bahasa Inggris dalam waktu singkat!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Tim ICAN English.