Apa itu Native Speaker? Ini Penjelasan dan Manfaatnya

Apa itu Native Speaker? Ini Penjelasan dan Manfaatnya

Apa itu native speaker? Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan istilah tersebut, bahkan sering mendengarnya di beberapa lembaga kursus bahasa Inggris. Belajar bahasa Inggris saat ini menjadi salah satu pilihan wajib bagi beberapa orang yang sudah sadar pentingnya menguasai bahasa asing tersebut.

Bahasa Inggris memang tidak lagi hanya menjadi wilayah eksklusif. Sebab, hal tersebut telah menjadi kebutuhan kedua setelah bahasa Indonesia dan bahasa daerah. Ada beragam sumber untuk belajar bahasa Inggris yang mudah diakses. Namun, jika kecepatan pembelajaran diutamakan, belajar dengan native speaker  jelas menjadi pilihan yang lebih baik.

Memahami Apa itu native speaker?

Jadi, native speaker atau penutur asli merupakan individu yang memperoleh bahasa Inggris sebagai bahasa pertama mereka, biasanya melalui pendidikan di lingkungan atau komunitas berbahasa Inggris. Mereka memiliki tingkat kemahiran dan kefasihan berbahasa Inggris yang tinggi, seringkali sejak anak usia dini mengenal bahasa tersebut.

Saat ini banyak sekali lembaga kursus bahasa Inggris yang memberikan native speaker sebagai salah satu fasilitas untuk proses pembelajaran agar lebih mudah. Kenapa native speaker begitu dibutuhkan dalam tenaga kursus bahasa Inggris?  Berikut ini beberapa alasannya:

  • Penutur asli memberikan model pengucapan, intonasi, dan penggunaan bahasa Inggris yang autentik. Keaslian ini sangat penting bagi pelajar yang ingin mengembangkan keterampilan bahasa dan kemampuan komunikasi yang terdengar alami.
  • Native speaker  seringkali fasih dalam nuansa budaya, idiom, dan bahasa sehari-hari di dunia berbahasa Inggris. Mereka dapat memberikan wawasan berharga mengenai praktik budaya, adat istiadat, dan norma-norma sosial, yang merupakan bagian integral dari pemahaman bahasa dan komunikasi yang efektif.
  • Bahasa Inggris adalah bahasa yang sangat beragam dengan berbagai dialek, aksen, dan variasi daerah. Penutur asli menawarkan paparan berbagai bentuk bahasa Inggris, memungkinkan pelajar untuk memahami dan menghargai keragaman linguistik dalam bahasa tersebut.
  • Penutur asli mahir dalam memberikan umpan balik dan koreksi mengenai penggunaan bahasa, tata bahasa, dan kosa kata. Pemahaman naluriah mereka terhadap bahasa memungkinkan mereka mengidentifikasi kesalahan dan memberikan panduan untuk perbaikan dengan cara yang konstruktif.
  • Berinteraksi dengan penutur asli dapat memotivasi dan melibatkan pembelajar bahasa, karena hal ini menawarkan peluang komunikasi yang bermakna dan pertukaran budaya. Pembelajar sering kali merasa terinspirasi untuk meningkatkan keterampilan bahasa mereka ketika berkomunikasi dengan penutur bahasa target yang mahir.

Jadi, secara keseluruhan, penutur asli memainkan peran penting dalam institusi bahasa Inggris dengan menawarkan keahlian linguistik, wawasan budaya, dan pengalaman bahasa otentik yang berkontribusi terhadap pengembangan dan pengayaan kemahiran bahasa Inggris pembelajar.

Manfaat Belajar Bahasa Inggris dengan native speaker

Apabila kamu memilih untuk belajar di lembaga kursus bahasa Inggris yang menyediakan native speaker di dalamnya, tentu ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan, berikut ini beberapanya:

Dapat Dikoreksi Secara Langsung

Pada dasarnya, semua pengajar bahasa Inggris memiliki kemampuan untuk memberikan koreksi langsung. Namun, keunggulan penutur asli bahasa Inggris atau native speaker terletak pada kefamiliaran mereka dengan bahasa tersebut. Mereka mampu menyoroti detail-detail yang mungkin terlewatkan oleh pengajar non-penutur asli.

Membantu Mengukur Kemampuan Bahasa Inggris

Mungkin kamu telah menghafal banyak kosakata bahasa Inggris dan sering menggunakannya dalam percakapan. Tetapi apakah pelafalan dan struktur kalimat yang selama ini kamu gunakan sudah tepat?

Dengan belajar bersama native speaker, kamu dapat mengevaluasi seberapa baik kemampuan bahasa Inggrismu. Apakah sudah cukup baik atau masih ada ruang untuk perbaikan, native speaker akan memberikan pandangan yang jelas tentang hal tersebut.

Membantu Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Banyak orang yang memiliki kemampuan berbahasa Inggris, tapi kurang percaya diri saat harus menggunakannya dalam percakapan. Bahkan berbicara dengan sesama orang Indonesia pun bisa menjadi tantangan.

Dengan belajar bahasa Inggris bersama pengajar penutur asli, kamu akan terlatih untuk berkomunikasi dengan orang asing dalam bahasa yang berbeda. Hal ini akan meningkatkan rasa percaya diri saat kamu menghadapi situasi nyata yang memerlukan penggunaan bahasa Inggris.

Dapat Mempelajari Budaya Native Speaker

Kamu tentu sudah tahu  bahwa pengajar penutur asli biasanya berasal dari luar Indonesia dan memiliki pengalaman hidup yang berbeda. Mereka dibesarkan di luar negeri dan terbiasa dengan budaya yang berbeda pula.

Ketika kamu belajar bersama pengajar penutur asli bahasa Inggris, pengalaman tidak hanya tentang bahasa semata. Kamu juga dapat mengeksplorasi berbagai aspek budaya mereka, termasuk kehidupan sehari-hari dan ragam kuliner yang ada di negara mereka.

Penutup

Apa itu native speaker? Jadi, native speaker  merupakan penutur asli Bahasa Inggris, seseorang yang  menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pertamanya. Belajar bahasa Inggris dengan penutur asli tentu memberikan banyak sekali kemudahan dan keuntungan bagi kamu.

Lembaga Kursus bahasa Inggris ICAN English juga menyediakan native speaker bagi kamu yang tertarik untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Program bahasa Inggrisnya yang ditawarkan bisa disesuaikan dengan kemampuan kamu sehingga lebih mudah untuk mempelajarinya.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Tim ICAN English.