Apa itu Perfect Tense? Ini Penjelasan dan Contohnya

Apa itu Perfect Tense? Ini Penjelasan dan Contohnya

Apa itu perfect tense? Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan perfect tense, sebab di bangku sekolah sudah sering mendengar dalam pelajaran bahasa Inggris. Sekalipun sudah sering mendengar, tetapi tidak banyak yang memahami penggunaan perfect tense dengan baik.

Jadi perfect tense  merupakan sebuah kata kalimat yang banyak digunakan  dalam berkomunikasi di bahasa Inggris secara tertulis maupun lisan, dan menunjukkan sebagai kegiatan masa lalu yang masih saja terjadi hingga saat ini.

Memahami Apa itu Perfect Tense

Nah, perfect tense dikenal juga sebagai aspek sempurna, adalah susunan tata bahasa yang menunjukkan bahwa suatu tindakan atau peristiwa telah selesai atau telah terjadi sebelum suatu titik waktu tertentu. Tense yang satu ini sering digunakan untuk mendeskripsikan tindakan yang terjadi di masa lalu namun memiliki relevansi dengan masa kini atau untuk menunjukkan durasi suatu tindakan hingga saat ini.

Dalam bahasa Inggris, ada tiga bentuk utama dari perfect tense: present perfect, past perfect (atau pluperfect), dan future perfect. Berikut ini penjelasannya

Present Perfect Tense

Present Perfect Tense dibentuk dengan menggabungkan present tense dari kata kerja bantu “have” (atau “has” untuk subjek orang ketiga tunggal) dengan past participle dari kata kerja utama. Tense yang satu ini digunakan untuk menunjukkan tindakan atau peristiwa yang terjadi pada waktu yang tidak terbatas di masa lalu, atau tindakan yang dimulai di masa lalu dan berlanjut hingga saat ini.

Contohnya:

“She has finished her homework.” (“Dia telah menyelesaikan pekerjaan rumahnya.”)

Jadi  tugas untuk menyelesaikan  pekerjaan rumah terjadi pada waktu yang tidak ditentukan di masa lalu dan hasilnya masih dirasakan hingga saat ini.

Past Perfect (Pluperfect) Tense

Selanjutnya juga ada Past perfect tense yang satu ini dibentuk dengan menggabungkan past tense dari kata kerja bantu “have” dengan past participle dari kata kerja utama. Biasanya digunakan untuk menunjukkan tindakan atau peristiwa yang diselesaikan sebelum tindakan atau peristiwa lain di masa lalu terjadi. Contohnya:

“He had already eaten breakfast when I arrived.”  (“Dia sudah sarapan ketika saya tiba.”)

Aktivitas sarapan tersebut sudah selesai dilakukan sebelum kedatangan, dan merupakan tindakan di masa lalu.

Baca Juga: Apa Itu Present Perfect Tense dan Penggunaannya

Future Perfect Tense

Future perfect tense dibentuk dengan menggabungkan future tense dari kata kerja bantu “will” dengan past participle dari kata kerja utama. Digunakan untuk menunjukkan tindakan atau peristiwa yang akan selesai pada titik tertentu di masa depan. Contohnya:

“By next year, they will have completed their project.”  (“Tahun depan, mereka akan menyelesaikan proyeknya.”)

Jadi dicontoh tersebut dijelaskan bahwa penyelesaian proyek akan dilakukan sebelum tahun depan.

Ada tiga jenis dari perfect tense yang harus dipahami dengan baik. Ada beberapa poin penting yang harus dipahami dalam penggunaan tense yang satu ini, seperti berikut:

  • Perfect tense dapat menekankan penyelesaian maupun durasi dari sebuah tindakan
  • Dapat dibentuk menggunakan kata kerja bantu, misalnya “have” atau “wil” dan past participle dari kata kerja utama
  • Dapat dimanfaatkan untuk menghubungkan tindakan masa lalu dengan masa kini, atau akan merujuk urutan peristiwa di masa lalu
  • Pemilihan perfect tense disesuaikan pada konteks yang berhubungan antara tindakan maupun peristiwa yang akan dijelaskan.

Jadi, melalui contoh tersebut kamu sudah bisa memahami apa itu perfect tense dengan baik.

Penutup

Apabila ingin semakin maksimal untuk mempelajari bahasa Inggris dan berbagai macam jenis tenses lainnya, sebaiknya kamu bergabung dengan kursus lembaga bahasa Inggris profesional dengan materi yang lengkap dan disesuaikan dengan kemampuan bahasa Inggris kamu.

ICAN English bisa menjadi pilihan yang tepat sebab kamu akan bertemu dengan tutor profesional dan menggunakan metode pembelajaran yang menyenangkan serta mudah. Ada banyak kelas yang disediakan bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris. 

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.