Mengenal Apa Itu Possessive Adjective

Mengenal Apa Itu Possessive Adjective

Seperti halnya possessive noun dan possessive pronouns, apa itu possessive adjective juga digunakan untuk menunjukkan kepemilikan atau kepemilikan suatu benda tertentu. Kata apa pun yang digunakan untuk menggambarkan kepemilikan atau penguasaan sesuatu oleh seseorang dapat disebut kata possessive adjective.

Possessive adjective, menurut Collins Dictionary, adalah kata sifat seperti ‘mine’ atau ‘yours’. Fungsinya menunjukkan siapa atau apa yang menjadi milik atau berhubungan dengan sesuatu.

Belajar Possessive Adjective

Mempelajari possessive adjective sangat penting untuk komunikasi dan pemahaman bahasa efektif. Belajar possessive adjective dengan benar memungkinkan pembicara dan penulis menyampaikan hubungan antara orang dan benda dengan lebih tepat. Untuk lebih tahu tentang apa itu possessive adjective, berikut panduan yang bisa kamu gunakan.

Possessive Adjective vs. Possessive Pronoun

Ada beberapa hal yang membedakan possessive adjective dari possessive pronoun. Setelah kamu mengetahui cara mengidentifikasi perbedaannya, segalanya menjadi mudah.

Possessive adjective digunakan dalam sebuah kalimat untuk menunjukkan kepemilikan dan memberikan lebih banyak informasi tentang kata benda, yang berperan sebagai subjek atau objek dalam sebuah kalimat. Sebaliknya, possessive pronoun digunakan untuk menggantikan kata benda untuk mewakili kepemilikan atau kepemilikan sesuatu atau seseorang.

Possessive adjective terlihat muncul di awal, tengah, atau akhir kalimat. Sedangkan possessive pronoun tidak bisa diletakkan di awal kalimat. Contoh possessive adjective antara lain his, her, my, its, your, dan their. Sedangkan contoh possessive pronoun antara lain: mine, yours, hers, his, dan theirs.

Contoh

Berikut adalah contoh kalimat possessive adjective dalam Bahasa Inggris:

  • Joko is my brother.
  • Budi told me that he visited your son in Mojokerto.
  • Can you please take my water bottle?
  • Did you take your bag from the table?
  • My car is broken.
  • Joko and I went to the market on his bike.
  • Her father is working as a mechanic in Saudi Arabia.

Pentingnya Belajar Possessive Adjective

Sekarang, kamu sudah mengetahui apa itu possessive adjective. Mempelajari cara menggunakan possessive adjective secara efektif sangatlah penting. Kata sifat ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan kata benda yang berperan sebagai subjek atau objek dalam sebuah kalimat.

Possessive adjective memainkan peran mendasar dalam menunjukkan hubungan dan mengekspresikan kepemilikan dalam berbagai konteks. Contohnya, ketika menggambarkan barang-barang pribadi hingga membahas hubungan keluarga dan afiliasi profesional.

Mempelajari possessive adjective dapat mengembangkan kemahiran berbahasa dan memfasilitasi komunikasi yang efektif. Sehingga, sangat membantu saat harus berinteraksi, melakukan kegiatan akademis, dan kegiatan profesional dalam Bahasa Inggris.

Mau belajar lebih mendalam tentang possessive adjective dan materi penting lainnya? Belajar dengan mudah di program kursus Bahasa Inggris ICAN English. Semua materi yang kamu butuhkan sesuai tujuan belajar akan disampaikan secara jelas, menyenangkan, dan interaktif!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.