Belajar Apa Itu Possessive Pronoun dan Aturan Penggunaannya

Belajar Apa Itu Possessive Pronoun dan Aturan Penggunaannya

Manusia selalu dikenal sangat peduli terhadap orang-orang yang berhubungan dengan mereka dan hal-hal yang mereka miliki. Apa itu possessive pronoun digunakan untuk menunjukkan kepemilikan atas sesuatu atau seseorang. Kata ganti ini dapat digunakan sebagai pengganti frase kata benda untuk menghindari pengulangan.

Cara Menggunakan Kata Ganti Posesif dalam Kalimat

Kata benda umumnya dapat digunakan sebagai possessive noun dengan menambahkan tanda kutip dan ‘s’ di akhir kata benda. Possessive pronoun juga dapat digunakan untuk menunjukkan kepemilikan. Bukan dengan menambahkan apostrof atau ‘s’.

Mine

Ada pronoun yang berfungsi khusus untuk menunjukkan bahwa orang, hewan, atau benda tertentu adalah milik orang tertentu. Untuk kata ganti orang, ‘I’, kata ganti posesifnya adalah ‘mine’. Misalnya, untuk menunjukkan bahwa ‘I own that red bike’, dapat ditulis menjadi ‘That red bike is mine.

Ours

Untuk kata ganti orang ‘we’, kata ganti posesifnya adalah ‘ours’. Misalnya, untuk menunjukkan bahwa ‘The prototype that won the competition belongs to us’, maka dapat ditulis menjadi ‘The prototype that won the competition was ours.

Hers dan His

Possessive pronoun untuk menggantikan personal pronoun ‘she’ adalah ‘hers’. Misalnya: ‘It is Diana’s dog’ bisa dirubah menjadi ‘it is her dog’. Sedangkan untuk personal pronoun ‘he’, possessive pronounnya adalah ‘his’. Contoh: ‘The dance Joko performed was better than the dance Budi performed’ bisa diganti dengan ‘The dance Joko performed was better than him.’

Yours

Untuk personal noun, ‘you’, possessive pronoun yang tepat adalah ‘yours’. Misalnya: ‘Do you think my writing is better than your writing?’bisa dirubah menjadi ‘Do you think my writing is better than yours?’.

Theirs

Sedangkan untuk personal pronoun, ‘they’, possessive pronoun yang tepat adalah ‘theirs’. Jika sesuatu milik sekelompok orang, ditandai dengan possessive pronoun ‘theirs’.Misalnya: ‘The performance of the second group is more interesting than the third group’. Maka, kalimat tersebut bisa dirubah menjadi ‘The performance of the second group is more interesting than theirs’.

Baca Juga: Rumus Possessive Pronoun dan Aturan Penggunaannya

Benefit Belajar Possessive Pronoun

Sekarang, kamu sudah mendapatkan penjelasan tentang apa itu possessive pronoun. Gunakan pronoun ini untuk menunjukkan kepemilikan atau kepemilikan kamu terhadap seseorang atau sesuatu.

Possessive pronoun tidak hanya mencerminkan kepemilikan tetapi juga hubungan antara individu dan harta benda atau afiliasinya. Memahami kata ganti ini memungkinkan individu menavigasi interaksi sosial dengan kepekaan dan rasa hormat, menyadari pentingnya batasan pribadi dan hak kepemilikan.

Selain itu, mempelajari possessive pronoun juga membantu individu mendapatkan apresiasi lebih dalam terhadap keragaman budaya. Bahkan, individu dapat mengembangkan empati terhadap sudut pandang orang lain.

Jika kamu kesulitan memahami materi possessive pronoun atau materi lainnya, kamu bisa belajar di kelas ICAN English. Program kursus Bahasa Inggris di lembaga kami akan membantu mempermudah kamu dalam meningkatkan pemahaman Bahasa Inggris untuk kebutuhan personal maupun profesional.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.