Apa itu Simple Future? Ini Penjelasan dan Contohnya

Apa itu Simple Future Tense? Ini Penjelasan dan Contohnya

Apa itu Simple Future? Mungkin kamu pernah merasa bingung membedakan tense yang satu ini dengan yang tenses lainnya dalam pembelajaran bahasa Inggris. Jadi, Tense Simple Future, merupakan salah satu konsep yang penting dalam tata bahasa Inggris yang perlu dipahami dengan baik.

Dalam artikel ini, kita akan membahas secara mendalam tentang apa itu Simple Future, bagaimana cara penggunaannya, dan mengapa penting untuk menguasainya dalam kemahiran berbahasa Inggris kamu ya. Siapkan diri untuk menjelajahi dunia tense masa depan dalam bahasa Inggris dengan lebih dalam!

Memahami Makna Simple Future dan Contohnya

Simple future tense, merupakan  tata bahasa yang digunakan untuk merujuk pada peristiwa yang belum dimulai namun akan terjadi di masa yang akan datang. Dalam penandaan kalimat dengan simple future tense, kita sering menemui penggunaan kata “will”, “shall”, atau “going to”.

Selain itu, tense ini juga sering digunakan untuk menyatakan prediksi atau keinginan di masa depan.  Jadi, secara sederhana simple future tense digunakan untuk menggambarkan tindakan atau peristiwa yang akan terjadi pada suatu saat setelah momen saat ini. Kata ini sering digunakan untuk mengungkapkan prediksi, niat, rencana, janji, atau keputusan spontan.

Ada berbagai macam bentuk simple future, seperti berikut:

Bentuk Kalimat Positif

Untuk berbentuk kalimat positif dalam simple future tense akan menggunakan rumus “Subjek + will/shall + bentuk dasar kata kerja.” Contohnya:

  • I will travel to Japan next month. (Saya akan melakukan perjalanan ke Jepang bulan depan.)
  • They will start their new job on Monday. (Mereka akan memulai pekerjaan baru mereka pada hari Senin.)
  • She shall meet you at the airport. (Dia akan menemuimu di bandara.)

Bentuk Kalimat Negatif

Sedangkan untuk bentuk negatif menggunakan “Subjek +will not (won’t) / tidak akan (tidak) + bentuk dasar kata kerja.” Contohnya:

  • She won’t attend the meeting tomorrow. (Dia tidak akan menghadiri pertemuan besok.)
  • They shall not disclose the information until next week. (Mereka tidak akan mengungkapkan informasi sampai minggu depan.)
  • I will not forget your birthday. (Aku tidak akan melupakan hari ulang tahunmu.)

Bentuk Kalimat Tanya

Apabila ingin memberikan kalimat tanya pada simple future tense maka bisa menggunakan “ Will/Shall + subjek + bentuk dasar kata kerja?”. Contohnya seperti berikut:

  • Will you join us for dinner tonight? (Maukah kamu bergabung dengan kami untuk makan malam malam ini?)
  • Shall we go for a walk in the park? (Bagaimana kalau kita jalan-jalan di taman?)
  • Will they arrive on time? (Apakah mereka akan tiba tepat waktu?)

Jadi kesimpulannya, simple future tenses dan  digunakan untuk membicarakan tindakan atau peristiwa yang akan terjadi di masa depan. Bentuknya menggunakan kata kerja bantu “will” atau “shall” yang diikuti dengan bentuk dasar kata kerja utama, dan dapat mengungkapkan prediksi, niat, rencana, janji, atau keputusan spontan.

Penutup

Apa itu simple future? Jadi, simple future tense digunakan untuk menggambarkan tindakan atau peristiwa yang akan terjadi pada suatu saat setelah momen saat ini. Memahami satu persatu tenses dalam bahasa Inggris memang tidak mudah, apalagi bagi seorang pemula. Untuk bisa memahami dan mempelajari tata bahasa Inggris dengan baik dan benar sebaiknya kamu bergabung dengan lembaga kursus bahasa Inggris.

ICAN English merupakan salah satu lembaga  kursus bahasa Inggris profesional yang sudah tersebar di beberapa wilayah Indonesia. Lembaga Kursus bahasa Inggris satu ini menyediakan berbagai macam materi yang disampaikan dengan konsep menarik, didampingi oleh tutor profesional, menyediakan native speaker, dan fasilitas terbaik untuk proses pembelajaran bahasa Inggris sesuai kebutuhan kamu.  Tunggu  apalagi segera bergabung dengan ICAN English sekarang!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi