Belajar Aturan Penambahan s/es

Belajar Aturan Penambahan s/es

Dalam Bahasa Inggris, kamu juga perlu belajar tentang aturan penambahan s/es. Jika penambahan tersebut diletakkan di belakang noun, maka fungsinya adalah untuk menandakan plural atau jamak. Misalnya, cup menjadi cups, box menjadi boxes.

Penambahan s/es ini juga terjadi pada verb. Misalnya teach menjadi teaches, dan walk menjadi walks. Penambahan s/es pada verb terjadi untuk menandakan simple present.

Aturan Akhiran -s/-es dalam Bahasa Inggris

Agar kamu bisa menggunakan aturan penambahan s/es ini dengan tepat, baik untuk noun dan verb, berikut penjelasan yang bisa kamu simak:

Penambahan s/es pada Noun

Ketika kamu menambahkan -s dan -es, kamu akan membuat noun dalam bentuk jamak atau plural. Jika suatu noun berakhiran dengan -s, -ch, -sh,-z, -x, maka kamu harus menambahkan imbuhan -es, seperti contoh berikut:

  • I must take one bus, you must take two buses.
  • One box is not enough, we need two boxes.

Beberapa noun tunggal berakhiran -s atau -z, membutuhkan -es untuk membentuk versi plural. Untuk membuat noun tersebut plural, kamu harus menggandakan -s atau -z sebelum menambahkan -es.

Penambahan s/es pada Verb

Aturan berikutnya untuk penambahan s/es adalah verb atau kata kerja bentuk simple present. Berikut adalah contoh ketika verb mengalami penambahan -s atau -es dalam kalimat Bahasa Inggris:

  • Susan wakes up at 5 am every morning.
  • Budi teaches English at our class every Sundays.

Simple present hanya digunakan untuk menyatakan suatu kegiatan atau kebiasaan sehari-hari. Penambahan s/es ini hanya untuk kata kerja dengan subjek orang ketiga tunggal (he, she, dan it).

Untuk verb yang memiliki akhiran -ss, -sh, -ch, -o, dan -x, akan mendapatkan penambahan -es, seperti contoh berikut:

  • My father fixes your bike.
  • My brother washes the dish.
  • Susan goes to school by bike.

Sedangkan untuk penambahan -s hanya berlaku pada kata kerja dengan akhiran -ch, -ss, -sh, x, o, dan y.

Pentingnya Belajar Suffix s/es

Sekarang, kamu sudah mengetahui bahwa aturan penambahan s/es berlaku pada noun dan verb dalam kalimat Bahasa Inggris. Jika digunakan pada noun, maka fungsinya adalah untuk menunjukkan plural.

Jika penambahan dilakukan pada verb, maka tujuannya adalah untuk membuat kalimat simple present. Hanya saja, verb dengan penambahan s/es adalah verb yang disertai dengan subjek she, he, dan it.

Pembelajaran materi ini sangat penting agar kamu bisa berkomunikasi lisan dan tulisan dengan akurat. Sehingga, kamu tidak memberikan informasi yang salah kepada pendengar ataupun pembaca.

Pemahaman terkait materi dasar ini juga penting untuk mendukung kemampuan grammar. Jika kamu bisa memahami penggunaan s/es dengan tepat sesuai konteks, maka akan menunjukkan level pemahaman grammar kamu yang sesungguhnya.

Jika kamu ingin belajar materi bahasa inggris lainnya di level dasar, kamu tidak perlu belajar sendiri. Sekarang, kamu bisa bergabung di kelas ICAN English! Program kursus Bahasa Inggris membantu kamu bisa lebih fasih berbahasa asing dalam waktu lebih singkat.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi