Bagaimana Cara Menghitung Nilai TOEFL

Bagaimana Cara Menghitung Nilai TOEFL

Test of English as a Foreign Language (TOEFL) adalah tes terstandar untuk menilai kemahiran bahasa Inggris bagi penutur bahasa Inggris non-native yang ingin mendaftar di perguruan tinggi/universitas di negara-negara berbahasa Inggris. Sangat penting untuk mengetahui bagaimana cara menghitung nilai TOEFL agar kamu bisa membuat target skor sesuai tujuan.

Saat ini, terdapat lebih dari 11.000 universitas ternama menerima TOEFL di lebih dari 150 negara. Tes ini dikelola dan dilaksanakan oleh Education Testing System (ETS). Ada dua jenis ujian TOEFL; TOEFL iBT berbasis komputer, dan TOEFL iBT berbasis kertas. TOEFL sebagian besar dicoba oleh siswa yang berencana melanjutkan pendidikan tinggi di luar negeri.

Tentang TOEFL

Ujian TOEFL menguji kemahiran bahasa Inggris berdasarkan empat bagian – Membaca, Mendengarkan, Berbicara, dan Menulis. Semua bagian TOEFL dirancang sebagai penilaian kemampuan berkomunikasi bahasa Inggris. Penting untuk memeriksa keterampilan komunikasi sebelum pindah ke negara berbahasa Inggris untuk tujuan akademis atau profesional.

Nilai ujian TOEFL juga diterima dan diakui oleh negara-negara dengan perekonomian terbesar di dunia. Contohnya, Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Australia, dan Jerman. Durasi tes sekitar 3 jam, dan biaya pendaftaran USD 190.

Skor TOEFL diterima secara luas oleh lebih dari 10.000 institusi di seluruh dunia. Jika berencana melanjutkan pendidikan tinggi di Amerika, kamu harus mempertimbangkan TOEFL dibandingkan IELTS. Beberapa universitas di Amerika menerima skor IELTS namun kebanyakan meminta skor TOEFL.

Selain universitas di seluruh dunia, skor TOEFL diterima oleh organisasi untuk tujuan berbeda. Menurut ETS, skor TOEFL digunakan oleh otoritas imigrasi untuk visa kerja atau visa tinggal. Badan medis dan perizinan menggunakan skor TOEFL untuk tujuan sertifikasi. Kandidat menggunakan skor TOEFL untuk mengukur kemampuan berbahasa Inggris.

Baca Juga:
Alasan Bergabung dalam Kelas Online TOEFL

Bagaimana Cara Menghitung Nilai TOEFL

Siswa dapat mendaftarkan diri melalui situs resmi ETS, melalui telepon atau email. TOEFL dilaksanakan lebih dari 50 kali dalam setahun, sehingga kamu bisa mengambil 4-5 kali dalam sebulan. Hasil tes berlaku selama dua tahun sejak hari pengumumannya. Terdapat 4.500 pusat tes di 150 negara.

Cara menghitung nilai TOEFL iBT adalah dari skala 0 sampai 120 poin. Setiap bagian TOEFL mempunyai nilai mulai 0-30 poin. Berikut adalah tabel perhitungan skor dalam tes TOEFL iBT:

KeterampilanTingkatSkor TOEFL
ReadingAdvanced high
Intermediate low
Intermediate below
intermediate
24-3018-234-170-3
ListeningAdvanced high
Intermediate low
Intermediate below
Intermediate
22-3017-219-160-8
SpeakingAdvanced high
Intermediate low
Intermediate basic
Below basic
25-3020-2416-1910-150-9
WritingAdvanced high
Intermediate low
Intermediate basic
Below basic
24-3017-2313-167-120-6

Skor ujian TOEFL diumumkan di situs resmi ETS. Kamu bisa masuk menggunakan akun ETS dan lihat hasilnya. Diperlukan waktu sekitar 6 hari setelah tanggal tes untuk mengumumkan hasilnya.

Skor Tinggi di TOEFL Test

Sekarang, kamu sudah mengetahui bagaimana cara menghitung nilai TOEFL. Mau Dapat Skor Tinggi? Ikut Kursus TOEFL Preparation Class di ICAN English!

Pada program ini, siswa akan belajar di kelas khusus yang dirancang dengan tujuan agar bisa lebih siap menghadapi tes TOEFL resmi. Ingat, tes ini tidaklah murah. Jadi, bukan hal berlebihan jika kamu harus mempersiapkan semuanya dengan matang, termasuk dengan mengambil kursus TOEFL class ini.

Selama di kelas persiapan, kamu mempunyai jadwal yang fleksibel, sesuai kebutuhan, baik online maupun offline. Akan ada tutor bersertifikat yang sudah berulang kali membantu siswa sebelumnya agar bisa lulus tes TOEFL dengan nilai tinggi. Dengan cara inilah, keinginan untuk studi atau kerja profesional di luar negeri yang kamu rencanakan lebih mudah tercapai!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi