tips belajar bahasa inggris dari awal

Tips Belajar Bahasa Inggris dari Awal

Belajar bahasa inggris dari awal sangat penting jika kamu ingin menguasai Bahasa internasional tersebut untuk menghadapi era globalisasi. Kemampuan Bahasa Inggris merupakan skill yang selalu dibutuhkan, karena dapat membuka pintu karir lebih lebar.

Tidak hanya terbuka jalan karir cemerlang, kamu juga dapat membuka kesempatan belajar pada berbagai perguruan tinggi populer di Indonesia atauupun dunia. Walaupun demikian, jika kamu ingin belajar Bahasa inggris dari awal, ada aturan untuk memulainya.

5 Cara Belajar Bahasa Inggris Dari Awal Yang Bisa Kamu Terapkan

Berikut adalah beberapa cara belajar Bahasa Inggris dari awal:

1. Pilih Topik Bahasa Inggris

Salah satu cara belajar Bahasa Inggris menyenangkan adalah dari hal-hal yang kamu suka. Kamu bisa memulai pilih topik yang kamu suka untuk belajar Bahasa Inggris.

Contoh, kamu merupakan orang yang suka topik self-development, maka kamu bisa belajar berbagai kosakata terkait topik tersebut.

Baca Juga:
Tips Belajar Bahasa Inggris dari Basic

2. Dengarkan Podcast

Podcast yaitu platform yang paling banyak disukai remaja sampai dewasa. Dari podcast, kamu bisa pilih playlist favorit untuk sumber belajar. Dengarkan podcast sebagai teman ketika sedang melakukan berbagai aktivitas.

Contoh, kamu bisa memutar podcast ketika menuju ke kampus, mengerjakan tugas, atau sedang menikmati waktu luang.

3. Belajar Dari Sosial Media

Cara belajar bahasa inggris dari awal selanjutnya yaitu memanfaatkan sosial media. Di era digital ini, ada banyak aplikasi belajar Bahasa Inggris yang bisa kamu maksimalkan. Atau, kamu bisa juga memanfaatkan tontonan video pembahasan Bahasa inggris di YouTube.

4. Bacaan Fiksi dan Non Fiksi

Tidak harus buku yang tebal atau dengan kosakata tinggi, kamu bisa belajar membaca dari komik atau kumpulan cerita pendek. Saat membaca, kamu dapat menggunakan metode multisensory untuk memaksimalkan lebih dari satu panca indera.

Tandai kosakata, frasa, dan juga kata unik memakai brush pen lalu tulis di notebook, dan baca melalui kamus.  Salah satu buku Bahasa inggris bagi pemula yaitu karya John Green berjudul The Fault in Our Stars, atau The Perks of Being a Wallflower.

5. Bergabung di Lembaga Kursus

Belajar Bahasa inggris perlu dukungan agar kamu bisa melewati proses dari awal sampai akhir. Cobalah untuk mencapai kebutuhan belajar Bahasa Inggris dengan bergabung di lembaga kursus yang tepat seperti ICAN English.

Dari lembaga kursus tersebut, kamu bisa melakukan diskusi tentang materi Bahasa inggris yang belum dipahami. Tidak usah takut salah karena tata Bahasa yang harus dipakai.

Baca Juga:
Cara Belajar Grammar dengan Mudah

Kegiatan Belajar Bahasa Inggris yang Menyenangkan

Agar kamu bisa belajar bahasa inggris dari awal dan terus naik level, buat diri sendiri merasa nyaman dan senang saat mempelajarinya. Ada banyak kegiatan yang mampu membuat proses belajar lebih menyenangkan.

Pertama, kamu bisa bermain games dalam Bahasa Inggris bersama teman atau keluarga. Dari games, kau dapat meningkatkan kosakata. Contoh, kalau kamu senang game seperti Mobile Legend, ada banyak kosakata yang bisa kamu pelajari, seperti Legendary!, Double Kill! atau lainnya.

Atau, jika kamu hobi menyanyi, cobalah untuk mendengarkan berbagai lagu Bahasa inggris dan praktik bernyanyi mengikuti lirik lagu tersebut. Sehingga, kamu dapat melatih pelafalan kata. Saat membaca lirik, apa yang kamu lakukan adalah kegiatan reading, sedangkan saat mendengarkan lagu tersebut, apa yang kamu lakukan adalah kegiatan listening. Saat belajar melafalkan lirik dengan bernyanyi, maka kamu sudah mengasah kemampuan speaking.

Sedangkan jika punya hobi menulis, maka kamu bisa menulis berbagai kalimat sederhana untuk melatih grammar. Tulis apa saja kegiatan harian dalam Bahasa inggris, buat gambaran diri sendiri, bercerita tentang kota, bercerita tentang hobi dalam Bahasa inggris, dan sebagainya. Semua cara tersebut sangat menyenangkan untuk belajar berbahasa inggris dengan mudah.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.