Macam-macam Bilangan dalam Bahasa Inggris

Macam-macam Bilangan dalam Bahasa Inggris

Bilangan dalam bahasa Inggris adalah salah satu materi dasar yang akan dipelajari pemula. Bilangan digunakan sepanjang waktu, setiap hari, untuk menyebutkan waktu dan kuantitas barang. Selain itu, bilangan juga digunakan untuk menyatakan tanggal, tahun, bulan, temperatur, dan pengukuran lainnya.

Bahasa Inggris, bilangan termasuk adjective karena memberikan informasi tambahan terkait noun atau kata benda dalam sebuah kalimat. Bilangan juga dapat berfungsi sebagai noun jika berdiri sendiri dan tidak memodifikasi noun lainnya, seperti contoh berikut:

There are three rabbits in this cage. (fungsi angka: adjective)

We went to Sukoharjo in 2020 (fungsi angka: noun)

Macam-Macam Bilangan 

Berikut adalah beberapa macam bilangan dalam bahasa Inggris yang wajib kamu ketahui:

Cardinal

Bilangan kardinal juga disebut sebagai counting numbers. Fungsinya adalah untuk menghitung berbagai hal. Angka kardinal juga membantu untuk memberitahu berapa jumlahnya suatu objek yang dihitung, sebagaimana contoh berikut:

  • Budi has two cats.
  • I have $20.00
  • There are six students
  • Susan is nine years old

Ordinal

Bilangan ordinal digunakan untuk menyatakan urutan suatu hal. Kamu juga dapat menggunakan bilangan ordinal untuk memberitahu tingkatan atau posisi dalam suatu kelompok, seperti contoh berikut:

  • We are the third winner.
  • That was her fifth achievements!
  • Happy 20th anniversary!

Nominal

Bilangan nominal digunakan untuk menyebutkan dan mengidentifikasi suatu hal. Bilangan nominal dapat berupa angka tunggal atau berkelompok.

Contoh penggunaan bilangan nominal yaitu kode pos, nomor induk siswa, dan nomor rekening. Berikut adalah contoh penggunaan bilangan nominal dalam kalimat bahasa Inggris:

  • My contact number is 1-800-9868
  • He is a new football player number 7 in our team.

Bilangan determiners 

Bilangan cardinal dan ordinal dalam bahasa Inggris dapat digunakan sebagai determiner untuk membantu mengidentifikasi kata benda atau noun. Kedua jenis bilangan tersebut mampu memberitahu atau determine berapa (how much) atau yang mana (which one), sebagaimana contoh berikut:

  • Add 2 eggs to the fried rice.
  • Joko got second place at the competition.
  • We invited twenty scientists to our meeting.

Baca juga : Belajar Bilangan Angka Dalam Bahasa Inggris 1-100

Pentingnya Belajar Bilangan Dalam Bahasa Inggris

Mengetahui macam-macam bilangan dalam bahasa Inggris sangat penting untuk praktek penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saat ingin berbelanja, mengatur perbankan, memahami jadwal, membuat janji, atau mempelajari informasi angka pada dokumen maupun platform digital.

Dalam lingkungan akademik, memahami bilangan sangat penting untuk beberapa subjek seperti matematika, sains, ekonomi, dan teknik. Kemahiran dalam bahasa Inggris, khususnya bilangan juga sangat berharga di bidang profesional. Misalnya, kamu bisa menggunakan kemampuan tersebut untuk bagian keuangan, akuntansi, analisa data,dan riset.

Jika ingin belajar bahasa Inggris lebih banyak, bukan hanya sekedar belajar angka, ICAN English dapat menjadi pilihan terbaik. Kamu bisa mengikuti program kursus bahasa Inggris dari level Beginner hingga level Advanced. Kami juga menyediakan banyak kelas dengan program belajar intensif dan tutor suportif agar kamu mahir berbahasa Inggris dalam waktu singkat!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi