5 Cara Belajar Bahasa Inggris Mandiri

5 Cara Belajar Bahasa Inggris Mandiri

Sekarang ini zaman sudah sangat canggih, banyak sekali perubahan yang sangat signifikan. Seperti halnya dalam berkomunikasi yang dulunya memakai bahasa Indonesia, namun sekarang sudah memakai bahasa Inggris. Teknologi yang semakin canggih juga akan memudahkan kamu jika ingin mencoba cara belajar Bahasa Inggris mandiri.

Bahasa Inggris adalah bahasa internasional, sehingga banyak digunakan dalam berbagai kondisi. Pada saat ada pertemuan bersama klien, presentasi, maupun interview kerja sering menggunakan bahasa Inggris.

Untuk bisa berbahasa Inggris ternyata tidak sesusah yang kebanyakan orang bilang. Tersedia banyak cara belajar bahasa Inggris mandiri yang mudah kamu praktekkan. Kemampuan bahasa Inggris yang masih sedikit bisa ditingkatkan agar kamu bisa percaya diri saat berinteraksi dengan orang lain.

Cara Belajar Bahasa Inggris Secara Mandiri

Jika kamu masih bingung bagaimana cara belajar Bahasa Inggris secara mandiri, berikut adalah tips yang bisa kamu coba:

1. Belajar Kosakata Menggunakan Flashcard

Pengertian dari Flashcard yaitu salah satu jenis kartu dan disertai dengan kata-kata pada kategori tertentu. Contohnya flashcard berisi nama kota, warna, makanan dan binatang.

Ada yang menganggap flashcard sangat membosankan. Akan tetapi, penggunaan flashcard ternyata ampuh jika digunakan untuk menghafalkan kosakata karena adanya pengulangan.

Cara memperoleh flashcard bisa dengan membuatnya sendiri. Flashcard bahasa Inggris juga bisa dibeli karena sudah dipasarkan. Yang menarik dari flashcard adalah adanya gambar sehingga pada saat digunakan untuk belajar tidak membosankan.

Baca Juga : Macam Test Level Bahasa Inggris

2. Menonton Film yang Tidak Ada Subtitle

Cara belajar bahasa Inggris mandiri sering kamu dengar adalah menonton film tanpa subtitle. Kamu akan mampu berbicara dengan bahasa Inggris yang natural. Menonton film bisa lewat YouTube atau Netflix.

Pada saat film dimulai kamu dapat memberi jeda untuk mencatat kosakata dan selanjutnya dicari terjemahannya. Ulangi langkah ini setiap hari supaya kamu dapat terus belajar bahasa Inggris.

3. Mendengarkan Podcast Berbahasa Inggris

Di zaman yang serba digital ini, banyak sekali yang melakukan podcast di kalangan artis maupun masyarakat biasa di Indonesia. Topik yang dibawakan juga beragam mulai dari olahraga, pendidikan, sampai sosial budaya. Podcast dapat kamu dengarkan pada saat beraktivitas dimanapun. 

Jika kamu sedang belajar bahasa Inggris, maka kamu bisa mendengarkan Podcast dengan bahasa Inggris. Podcast dapat kamu akses melalui Spotify atau Apple Podcast. 

Pada acara podcast bahasa Inggris yang digunakan oleh pemerannya menggunakan bahasa santai sehingga kamu akan lebih senang dalam mendengarkan. Topik yang dibahas mungkin saja menarik sehingga kamu jadi sangat menikmatinya.

Baca Juga : Tips Menjalani Pembelajaran Daring Bahasa Inggris

4. Menentukan Tujuan Belajar Bahasa Inggris

Bagaimana cara kamu mengira-ngira waktu yang harus kamu tempuh dalam belajar bahasa Inggris? Jawabannya adalah tujuan dan disiplin dalam belajar bahasa Inggris. Sering kali orang belajar bahasa Inggris dengan semangat, akan tetapi belum menentukan tujuan kegunaannya. 

Rutin belajar bahasa Inggris untuk bisa berbicara dengan partner adalah salah satu contoh dari tujuan. Jika kamu sudah bisa berkomunikasi dengan partner dalam bahasa Inggris yang lancar artinya kamu sudah berhasil. 

Jika kamu belajar bahasa Inggris agar bisa diterima di universitas luar negeri, lebih mudah menentukan waktu yang dibutuhkan. Diterima di universitas yang kamu incar adalah tujuan yang jelas sehingga kamu diharuskan mengatur jadwal dalam melakukan belajar bahasa Inggris.

Sebenarnya belajar tidak mengenal usia dan batas waktu karena jika kita masih diberi umur sebaiknya terus belajar setiap hari pula. Namun, tujuan belajar juga bisa membantu kamu untuk berlatih menggunakan waktu dengan baik. 

5. Mengikuti Berbagai Forum Di Internet

Cara belajar bahasa Inggris mandiri yang bisa kamu pilih adalah mengikuti bermacam-macam forum di internet. Internet dapat membantu untuk belajar jika kamu belum mempunyai teman untuk dijadikan tutor. 

Banyak orang memiliki keinginan untuk belajar bahasa Inggris, namun kesulitan dalam menemukan partner karena tidak mengikuti kursus. Jadi, salah satu cara mudah belajar bahasa Inggris yaitu menggunakan internet.

Baca Juga : Cara Paling Mudah Belajar Bahasa Inggris

Apakah Belajar Bahasa Inggris Mandiri itu Efektif?

Ketika mencoba belajar Bahasa Inggris mandiri, kamu tidak akan berhasil tanpa adanya komitmen untuk belajar secara rutin. Selain itu, kamu juga harus berusaha mencari materi sendiri, membuat jadwal secara terstruktur dan mencari waktu luang yang tepat untuk memulai belajar.

Belajar secara mandiri tanpa ada partner terbilang kurang efektif. Dalam Bahasa Inggris, kamu butuh partner yang mampu membantu mengoreksi kesalahan dalam berbicara Bahasa Inggris. Bergabung dalam kursus bahasa Inggris bisa sangat membantu kamu, loh.

Buat waktu belajar Bahasa Inggris lebih efektif dengan bergabung di kelas ICAN English. Kamu akan memiliki guru yang siap mendampingi, sekaligus menjadi partner belajar. Kamu juga dapat memilih program yang ingin dipelajari sesuai kebutuhan dan tujuan.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi