Cara Melatih Pronunciation Paling Efektif

Cara Melatih Pronunciation Paling Efektif

Semua pembelajar bahasa Inggris pasti tahu bahwa seringkali spelling saja tidak cukup untuk mengetahui bagaimana cara mengucapkan suatu kata dengan benar. Itulah mengapa, cara melatih pronunciation sangat penting dilakukan.

Pronunciation menjadi tantangan besar saat belajar bahasa Inggris. Akan tetapi pronunciation yang bagus tidak hanya bagaimana bunyi kata dan suku kata. Ada fitur penting lainnya yang harus dipertimbangkan seperti intonasi dan penekanan.

Cara Belajar dan Melatih Pronunciation

berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan jika ingin melatih keterampilan bahasa Inggris, khususnya pronunciation:

Latihan Listening

Mendengarkan berbagai contoh ucapan otentik adalah salah satu cara efektif untuk meningkatkan pronunciation kamu. Ada banyak cara untuk melakukan hal tersebut. Misalnya, kamu bisa menonton sebuah film versi asli. Atau mendengarkan berbagai macam podcast tentang suatu topik yang kamu sukai dalam bahasa Inggris.

Kamu juga dapat menggunakan lagu-lagu bahasa Inggris. Dengarkan intonasi yang digunakan. Selanjutnya, kamu bisa menggunakan metode “shadowing”. Metode ini artinya kamu akan mendengarkan suatu kalimat atau frasa, mengulanginya untuk meniru bunyi, intonasi dan penekanan kata. Perhatikan bagaimana pergerakan mulut dan lidah saat berbicara.

Rekam Speech Diri Sendiri

Setelah kamu berlatih menggunakan metode shadowing, kamu bisa merekam diri sendiri yang sedang berbicara. Misalnya merekam frasa pendek yang telah kamu dengarkan, atau mencoba latihan speaking dari sebuah buku latihan, dan mendeskripsikan suatu gambar. Dengarkan lagi dan buat catatan terkait bunyi yang masih bermasalah. Mulai latihan melafalkan kata atau bunyi tersebut dengan pelan. Selanjutnya rekam kembali, dan kamu akan melihat adanya peningkatan.

Gunakan International Phonetic Alphabet

Gunakan IPA sebagai panduan visual karena merupakan cara melatih pronunciation yang sangat berguna. Apalagi jika kamu ingin belajar bahasa Inggris dari awal.

Panduan visual tersebut juga biasanya ada dalam kamus untuk membantu pembelajar melafalkan setiap kata. 

Gunakan Kamus

Sama seperti kamus fisik yang akan memberikan transkrip fonetik setiap kata, ada banyak kamus online yang bisa kamu klik dan dengarkan setiap kata. Sehingga kamu bisa langsung belajar mengucapkan setiap kata.

Latihan Rutin

Setiap bahasa memiliki bunyi berbeda, dan mulut kita selalu beradaptasi terhadap bunyi-bunyi tersebut. Beberapa bunyi terasa sangat sulit karena tidak sama dengan bahasa ibu.

Misalnya, pengguna bahasa Inggris dari Spanyol memiliki masalah dalam membedakan antara bunyi /b/ dan /v/. Sehingga, mulut membutuhkan waktu untuk terbiasa dengan latihan rutin.

Baca juga : Benefit Bimbel Online Bahasa Inggris Terbaik

Belajar Pronunciation Bahasa Inggris di ICAN English

Ketika kamu mengetahui dan mencoba cara melatih pronunciation, kamu akan lebih mudah belajar Bahasa Inggris. Tanpa pronunciation yang benar, vocabulary yang kamu ketahui akan kurang efektif untuk komunikasi.

Seseorang yang memiliki pronunciation bagus, maka apa yang ia ucapkan mudah dipahami. Bukan berarti orang yang memiliki pronunciation bagus harus berbicara seperti native speaker.

Jika kamu sudah mencoba berbagai teknik pronunciation dan masih kurang optimal hasilnya, kamu bisa memulai belajar di ICAN English. Tempat kursus Bahasa Inggris ini memberikan banyak opsi program yang akan membuat skill kamu meningkat lebih efektif!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi