7 Cara Melatih Speaking Bahasa Inggris

7 Cara Melatih Speaking Bahasa Inggris

Mengembangkan skill speaking bahasa Inggris, bukanlah sesuatu yang sulit. Apa yang perlu kamu lakukan adalah konsisten dan rutin dalam belajar. Bahasa Inggris sudah menjadi bahasa Internasional, sehingga wajib kamu pelajari pada zaman sekarang. Apalagi jika kamu sedang mencari pekerjaan. Sangat penting mengetahui cara melatih speaking bahasa inggris.

Speaking atau berbicara adalah salah satu kemampuan yang harus kamu tingkatkan. Jika kamu mengalami kesulitan dalam berbicara bahasa Inggris, mungkin karena kurang memiliki kosakata untuk percakapan sehari-hari. 

Tips Untuk Melatih Speaking

Cara melatih speaking bahasa Inggris dapat dengan mencoba beberapa metode di bawah ini:

1. Berfikir dengan Bahasa Inggris

Cara meningkatkan keterampilan speaking bahasa Inggris yang pertama adalah membiasakan diri berfikir tentang apapun dalam bahasa Inggris. Ketika kamu mengalami kesulitan dalam berbicara bahasa Inggris, terpengaruh dari bagaimana cara kamu berfikir.

Kadang, kamu memikirkan sesuatu dalam bahasa Indonesia, kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris. Hal ini tentu akan membuat kamu sulit dalam berbicara bahasa Inggris.

Mulai sekarang, kamu harus lebih sering memikirkan bahasa Inggris supaya kemampuan speaking meningkat. Sebagai contoh, pada saat kamu ingin membeli makanan seperti roti, berfikirlah menggunakan bahasa Inggris dalam memesannya.

2. Berkomunikasi Dengan Diri Sendiri

Hal penting cara melatih speaking bahasa Inggris adalah konsisten dalam melatih diri sendiri berbicara bahasa Inggris sehari-hari. Berbicara dengan diri sendiri menggunakan bahasa Inggris bisa kamu lakukan di depan cermin.

Cobalah berbicara sendiri, seperti dialog, selayaknya kamu sedang berkomunikasi dengan seseorang. Hal sederhana yang satu ini, apabila dilakukan dengan teratur akan meningkatkan skill speaking.

3. Melakukan Aktivitas Membaca Dan Mendengarkan

Agar kamu dapat berbicara dalam bahasa Inggris dengan lancar, tentunya membutuhkan vocabulary atau kosakata yang sangat banyak. Untuk menambah kosakata, seringlah membaca dan mendengarkan bahasa Inggris.

Duduk santai sambil mendengarkan lagu, kemudian saat mendengar kosakata baru kamu catat. Kemudian, kamu cari artinya menggunakan kamus. Ulangi hal tersebut, maka skill speaking kamu akan mengalami perkembangan.

4. Abaikan Grammar dan Fokus Berdialog

Jika sedang meningkatkan skill speaking, kamu boleh mengabaikan grammar agar lebih fokus dalam berbicara. Tidak untuk selamanya, yang dimaksud mengabaikan grammar adalah supaya kamu percaya diri. Banyak pengalaman, berhenti belajar speaking karena merasa buruk bagian grammar.  

Nyaman pada saat kamu berbicara bahasa Inggris sangat penting. Jangan sampai kamu khawatir dengan grammar sampai berhenti mengasah skill speaking.

5. Belajar Kosakata yang Baru

Setiap hari kamu bisa menambah kosakata baru, mulai dari 3 sampai 10 kosakata. Dari cara ini, kamu bisa memahami bahasa Inggris dengan benar. Memperoleh kosakata bisa dengan banyak cara, seperti menonton film. 

6. Berlatih Pronunciation 

Kalimat dalam bahasa Inggris jika diucapkan dengan tidak benar, maka artinya juga bisa salah. Gunakan fitur suara atau speaker ketika sedang belajar kosakata ataupun kalimat baru. Fitur tersebut sering ada di kamus online seperti Google Translate atau Merriam-Webster.

Melakukan dialog akan lebih seru jika kamu sudah paham pengucapan atau pronunciation. Masih banyak aplikasi lainnya yang bisa kamu gunakan untuk belajar speaking. 

7. Berbicara Bahasa Inggris dengan Natural

Terdapat trik untuk bisa berbicara Bahasa Inggris dengan lancar, yaitu mengucapkan kosakata dengan benar. Kamu bisa mempelajari bagaimana native speaker menggabungkan kata dan melafalkannya secara natural. Contohnya, They + Have menjadi They’ve.

Latih Keterampilan Speaking di ICAN English

Cara melatih speaking bahasa Inggris akan lebih efektif jika kamu mengikuti kursus speaking. Hal ini karena sudah ada tutor handal yang akan memberikan strategi agar kamu bisa fasih berbahasa Inggris. Kamu akan meluangkan waktu khusus, mengikuti kursus dengan memilih materi sesuai dengan kebutuhan.

Di tempat kursus bahasa Inggris, kamu akan menemukan partner berdialog. Tidak perlu takut membuat kesalahan, karena semua yang belajar di tempat kursus memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk meningkatkan keterampilan speaking dari kesalahan.

ICAN English menjadi pilihan tepat apabila kamu sedang mencari speaking class, baik untuk kebutuhan studi atau pekerjaan. Semakin fasih kamu berbahasa Inggris, semakin tinggi pula value yang kamu miliki. Sehingga, prospek karir dan studi bisa terbuka lebih lebar!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi