cara menggunakan present perfect tense

Cara Menggunakan Present Perfect Tense

Cara menggunakan present perfect tense adalah hal penting supaya bisa meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris. Present perfect tense merupakan bentuk kata kerja dalam menyatakan aksi maupun kondisi yang sudah berjalan di masa lampau, tetapi efeknya tetap berlanjut.

Menurut English Page, present perfect tense dapat kamu gunakan untuk berbicara tentang pengalaman maupun perubahan yang berkaitan pada sebuah tempat. Kali ini, ICAN English akan memberikan materi belajar rumus present perfect tense, waktu penggunaan, contoh kalimat, dan present perfect kalimat pasif.

Materi Lengkap Present Perfect Tense

Berikut adalah materi lengkap cara menggunakan present perfect tense yang harus kamu pelajari:

Rumus

Menyusun kalimat present perfect tense dapat menggunakan auxiliary verb seperti has/have, past participle (verb 3). Gunakan have hanya pada I, you, dan plural subject (they, we, boys, women, compound subject seperti you and I, Ben and Amanda).

Gunakan has apabila kamu menggunakan singular subject seperti he, she, it, atau subjek tunggal lainnya seperti Sam, Amanda, Man, Woman, Girl, Boy, dan lainnya. Kamu juga harus menambahkan -ed,-en,-d,-t,-n, juga -ne dalam base form pada regular verb past participle. Pada base form irregular verb, tidak ada konsistensi pada past participle.

Perbedaan auxiliary verb dalam susunan kalimat membuat rumus tense jadi berbeda. Misalnya pada kalimat positif, negatif, dan interogatif berikut:

They have lived in Semarang for three years.

They have not lived in Semarang for three years.

Have they lived in Semarang for three years?

Ada beberapa adverbs untuk ekspresi pada present perfect tense seperti: Yet, Already, Ever, Never, dan Just.

Apabila kamu ingin berbicara terkait semua tindakan yang belum selesai, atau ingin berbicara sebuah sitasi, gunakan kata for atau since.

Baca Juga:
Macam Macam Tenses Dan Rumusnya

Penggunaan Present Perfect Tense

Jika ingin melakukan identifikasi kondisi kalimat berbentuk present perfect tense atau kapan harus menggunakan present perfect tense, kamu bisa melihat beberapa ciri time expression atau keterangan waktu berikut: Already, Just, Recently, Lately, Ever, Yet, For, Since.

For adalah keterangan waktu untuk kejadian masa lalu sampai sekarang. Sedangkan Since adalah keterangan waktu guna menyatakan peristiwa pertama kali terjadi.

Contoh Kalimat

Ada beberapa cara dalam menggunakan kalimat present perfect tense. Kamu bisa menggunakannya untuk menceritakan pengalaman seperti berikut:

Sam have been to Japan

Joan has moved to Bandung since for years ago.

Ive been to Kawah Ijen Banyuwangi twice.

Atau, gunakan untuk menyatakan perubahan dengan kalimat berikut:

My english score has improved since I took TOEFL Preparation Class

Amanda has become one of the best students at her university since she got a scholarship last year.

Kamu juga bisa menggunakan present perfect tense untuk pencapaian ataupun aktivitas yang belum selesai. Tense apa lagi yang ingin kamu pelajari agar lebih jelas? Semua jadi lebih mudah dengan belajar di program kursus Bahasa Inggris dalam ICAN English.

Baca Juga:
Keuntungan Pakai Kursus Bahasa Inggris Anak-Anak Di Semarang

Cara Menggunakan Present Perfect Tense Kalimat Pasif

Sekarang, kamu sudah tahu apa saja contoh kalimat present perfect tense dalam bentuk aktif. Sebaliknya, jika menggunakan bentuk pasif, maka fokus kalimat berubah pada apa maupun siapa yang menerima perlakuan. Sehingga, sebelum ada kata kerja, maka harus kamu tambahkan verb to be. Berikut adalah contohnya:

Bentuk aktif: People have constructed the bridge

Bentuk pasif: The bridge has been constructed.

Dari penjelasan ini, kamu jadi lebih tahu tentang cara aturan present perfect tense dan bagaimana menggunakannya. Dengan begitu, kamu bisa menggunakannya di kondisi atau waktu yang tepat. Kamu juga bisa mengenal lebih aturan-aturan tenses yang berlaku dalam bahasa Inggris.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi