Cara Mudah Belajar Berbicara Bahasa Inggris

Cara Mudah Belajar Berbicara Bahasa Inggris

Mempelajari cara mudah belajar berbicara Bahasa Inggris dengan percaya diri sangatlah penting bagi siapa pun yang mempelajarinya. Berkomunikasi secara real-time adalah salah satu keuntungan yang tidak bisa digantikan oleh hal lainnya. Terlepas dari level kemampuan berbahasa Inggris yang kamu miliki, ada beberapa cara berbicara bahasa Inggris dengan lebih baik.

5 Cara Belajar Berbicara Bahasa Inggris dengan Mudah

Berikut adalah beberapa cara mudah belajar berbicara Bahasa Inggris yang bisa kamu lakukan:

Baca Juga:
Metode Belajar Bahasa Inggris Cepat Paham

1. Meniru

Ketika kebanyakan orang berpikir tentang belajar bahasa Inggris, tidak selalu harus menggunakan tumpukan buku, menghafal daftar, dan belajar dengan kartu. Namun, banyak orang yang lupa – atau menghindari – sisi aktif pembelajaran bahasa – mengeksplorasi, bermain, mendengarkan, dan mengulang.

Penelitian menunjukkan bahwa meniru adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan bahasa. Mendengarkan orang lain dan mengulangi apa yang dikatakan dan cara mengatakannya – bahkan intonasi, emosi, dan pilihan kata – adalah salah satu cara paling ampuh dan menyenangkan untuk mencapai peningkatan.

2. Hindari Belajar Kata demi Kata

Apakah kamu lelah menghafal daftar kata kerja dan merasa masih belum bisa berbicara dengan percaya diri? Saatnya mengubah strategi, dengan cara mendengar dan ulangi. Untuk sesaat, biarkan diri melupakan tata bahasa atau arti setiap kata hingga ungkapannya mulai terasa natural.

3. Dengarkan Orang Lain Sebanyak Kamu Berbicara

Banyak pembelajar bahasa Inggris kesulitan berbicara karena tiga alasan: malu dengan aksen asing, tidak mengingat kata-kata kunci ketika membutuhkannya, dan tidak dapat benar-benar memahami ketika orang membalasnya. Sehingga, hal ini akan menimbulkan situasi canggung.

Untuk menjawab solusinya, perlihatkan sebanyak mungkin lagu, serial, dokumenter, aksen, dan percakapan. Cara ini akan membantu memahami bunyi bahasa Inggris di berbagai negara dan cara pengucapannya oleh orang yang berbeda.

4. Menjadi Visual

Pembelajaran visual sangat bermanfaat – dan semakin populer. Penelitian menunjukkan bahwa gambar terkait dengan kata-kata membantu kamu dalam mengingat lebih efisien, dan hal tersebut berarti lebih sedikit kesulitan dalam berbicara.

Jika kamu ingin mengingat ungkapan baru, gunakan salah satu gambar kamu sendiri atau gambar yang kamu temukan di Gambar Google untuk mewakili kosakata ini. Memilih gambar sendiri untuk kartu flash, meme, atau buku catatan adalah kunci untuk mengingat kata-kata ini di lain waktu!

5. Mulailah Bernyanyi

Sains membuktikan bahwa bagian otak yang berinteraksi dengan musik juga aktif saat memproses bahasa. Siswa bahasa Inggris yang sering mendengarkan musik dalam bahasa Inggris cenderung memiliki kemampuan pengucapan lebih baik dan lebih mudah memahami penutur lain – Bahasa Inggris menjadi lebih alami bagi mereka.

Bernyanyi adalah cara yang luar biasa untuk mendapatkan suasana hati yang baik dan sekaligus meningkatkan bahasa Inggris. Jika kamu menemukan lagu yang kamu sukai, cari lirik (teks) lagu tersebut di Internet dan bacalah pada saat yang sama saat mendengarkan.

Selanjutnya, nyanyikan lagu tersebut secara bersamaan. Perhatikan cara pengucapan kata-kata dan tirulah apa yang kamu dengar semirip mungkin. Kamu akan secara tidak sengaja menyanyikannya tanpa memerlukan liriknya.

Cara Mudah Belajar Berbicara Bahasa Inggris Online

Dengan berbagai cara mudah belajar berbicara Bahasa Inggris, sekarang kamu akan mempunyai banyak alternatif untuk meningkatkan keterampilan berbahasa. Bahkan, kamu dapat mencoba melakukan berbagai kegiatan secara online dalam belajar Bahasa Inggris, termasuk kursus.

Kursus speaking online dapat membantu jika kamu ingin belajar, tetapi tidak memiliki waktu banyak untuk datang ke kelas langsung. Karena metode belajar online, maka sudah dirancang sesuai kebutuhan dan didukung dengan adanya tutor berpengalaman.

ICAN English memberikan kemudahan belajar Bahasa Inggris, termasuk untuk skill berbicara. Kamu bisa belajar di Conversation Class yang interaktif dan intensif, dengan banyak metode menyenangkan.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi