contoh kalimat either dan neither

Contoh Kalimat Either dan Neither

Belajar bahasa Inggris memang cukup sulit. Banyak hal yang harus kamu kuasai, serta berbagai aturan grammar yang perlu dipahami. Mungkin kamu sering membaca kalimat yang mengandung either dan neither. Ada banyak contoh kalimat either dan neither yang perlu kamu ketahui.

Kalimat either dan neither pada dasarnya tidak jauh berbeda, namun penggunaannya dalam satu kalimat bisa menimbulkan makna yang sangat bertolak belakang. Untuk itu, memahami kalimat either dan neither adalah hal penting ketika kamu sedang belajar bahasa Inggris.

Kalimat Either dan Neither Bahasa Inggris

Dua kata ini mungkin sering kamu dengar atau baca dalam buku berbahasa Inggris. Meski kadang keduanya tidak dapat dibedakan, namun dua kata ini tentu memiliki perbedaan yang mendasar.

Either

Kata ini biasanya digunakan setelah kata kerja negatif. Selain itu, either juga digunakan untuk menyatakan sebuah persetujuan dengan pendapat negative. Dalam beberapa kondisi, kata ini digunakan untuk menunjukkan sebuah pilihan dari dua opsi atau mengajukan dua pilihan.

Kamu juga bisa menggunakan either jika belum memiliki pilihan dari dua opsi yang diajukan. Either jika bertemu dengan dua pilihan maka akan digabung dengan kata or.

Contohnya:

  • Boby is not in a good mood, and you are not, either
  • My sister did not write this article, and we did not, either
  • I can not catch the butterfly and she can not, either

Baca Juga:
Contoh Kalimat Agree dan Disagree

Neither

Kosakata yang satu ini biasanya digunakan untuk memberikan persetujuan atau kesepakatan atas pernyataan dalam bentuk negative. Kata ini ditempatkan sebelum kata positif dan ditambah oleh kata kerja sebelum subjek.

 Kosakata ini ditempatkan sebelum kata positif dan diikuti oleh kata kerja sebelum subjek.

Neither juga biasanya digunakan untuk menolak dua kemungkinan. Jika dihadapkan dengan dua pilhan, maka akan digabungkan dengan kata nor.

Contoh:

  • Aldi is not playing basketball, and neither am I
  • They did net clean the room, and neither did she
  • I can not swim in the pool, and neither can she

Contoh kalimat either dan neither di atas hanya sebagian dari banyaknya kemungkinan kalimat yang bisa kamu gunakan. Pastikan kamu memahami dan mengerti kalimatnya agar bisa membentuk satu kalimat utuh.

Baca Juga:
Contoh Kalimat Ekspresi Bahasa Inggris

Penggunaan Either dan Neither

Kedua kalimat ini memang terletak pada penggunannya. Jika Either bisa digunakan untuk menunjukan suatu pilihan, maka Neither digunakan untuk tidak memilih antara dua pilihan yang ada.

Neither juga bisa digunakan untuk menyangkal atau menyatakan ketidaksetujuan terhadap pilihan atau kemungkinan yang ada. Dalam penggunaannya, Neither menggunakan Nor untuk menghubungkan antara dua pilihan.

Sedangkan kata either jika digunakan untuk menawarkan sebuah pilihan maka akan digabungkan dengan kata or.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi