contoh kalimat irregular verb

Contoh Kalimat Irregular Verb

Belajar dari contoh kalimat irregular verb secara berulang, atau sesering mungkin membantu agar kamu bisa membedakan mana kalimat yang harus menggunakan regular dan irregular verb. Dengan cara ini, kamu jadi lebih paham kapan dan seperti apa aturan memakai jenis verb ini.

Apa itu irregular verb? Kata kerja ini merupakan kata kerja tidak beraturan, sehingga cenderung berubah. Tidak ada cara lainnya kecuali mulai menghafalkan irregular verb, terutama bagaimana perubahannya dari base verb ke bentuk lampau.

Pembahasan Irregular Verb Bahasa Inggris dan Contohnya

Nah, sebagai salah satu materi yang banyak menjadi masalah para pelajar, kamu bisa menyimak penjelasan dari ICAN English berikut. Agar lebih menguasai materi tersebut, kamu juga bisa mengikuti kursus Bahasa Inggris yang diselenggarakan secara intensif, menyenangkan, dengan para tutor berpengalaman.

Baca Juga:
Contoh Kalimat Regular Verb

Hal pertama yang harus kamu perhatikan yaitu pada subjek. Apabila kalimat tersebut mempunyai subjek tunggal, maka kamu wajib memakai simple present tense dengan tambahan s atau es pada akhir kata verb. Kalau kamu masih bingung, perhatikan contoh kalimat irregular verb berikut:

Joanna gets a new car!

Kalimat tersebut mempunyai kata kerja irregular verb yaitu get yang artinya mendapatkan. Get memperoleh tambahan s karena subjek kalimatnya adalah Joanna, atau seorang perempuan (She). Jika kalimat tersebut menggunakan subjek lainnya yang sama dengan he atau it, maka aturannya juga sama.

Berbeda jika subjek dalam contoh di atas menggunakan You, We, They, atau I. Maka verb tidak ada tambahan s, atau es, seperti contoh berikut:

I get a new car!

They get a new car!

We get a new car!

Kedua, kamu juga wajib tahu tentang contoh kalimat irregular verb berdasarkan penggunaan tenses pada auxiliary verb. Ketika ada pola kalimat menggunakan has/has ditambah V3, maka pola kalimat tersebut adalah bentuk present perfect tense, seperti contoh berikut:

Give – Gave

Joanna gave some money to her little sister yesterday.

Dari kata tersebut, terjadi perubahan kata kerja. Dari kata kerja give yang berarti memberi dan bentuk V1, kemudian berubah menjadi past karena ada keterangan waktu Yesterday yang artinya kemarin. Sehingga, verb tersebut berubah menjadi past dan sebagai irregular verb, maka give menjadi gave.

Baca Juga:
Contoh Kalimat Action Verb Bahasa Inggris

Penggunaan Irregular Verb Dalam Kalimat Bahasa Inggris

Sekarang, kamu sudah mempelajari seluruh materi tentang contoh kalimat irregular verb. Jadi, irregular verb adalah kata kerja, dengan verb 1, verb 2, verb 3 yang bisa berubah. Tetapi, ada juga kata kerja yang tidak berubah sama sekali. Kuncinya, kalau kata kerja bentuk kedua dan ketiga tidak ada aturan penggunaan ed, atau d, maka disebut irregular verb. Berikut adalah beberapa contoh verb yang masuk dalam kategori irregular atau tidak beraturan:

1. Cut-Cut-Cut

2. Hit-Hit-Hit

3. Set-Set-Set

4. Make-Made-Made

5. Lose-Lost-Lost

6. Gave-Give-Given

8. Sleep-Slept-Slept

9. Buy-Bought-Bought

Selama tidak ada tambahan d- atau ed pada sebuah verb, maka itu adalah contoh irregular verb. Dengan pembahasan ini, semoga kamu semakin paham dengan materi irregular verb. Agar mudah menghafal apa saja irregular verb, kamu bisa rajin-rajin cek kamus dan mulai menghafalkan satu per satu, lalu menggunakannya sebagai bahan praktek sehari-hari, dengan menggunakan irregular verb untuk latihan berbicara atau menulis.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi