contoh kalimat procedure text

Contoh Kalimat Procedure Text

Kalau kamu pernah membaca sebuah resep makanan, cara instal, atau tutorial dalam berbagai hal, maka apa yang sudah kamu baca tersebut merupakan contoh kalimat procedure text. Jenis teks ini sangat berguna, karena memberikan informasi pada pembaca tentang berbagai langkah melakukan sesuatu.

Biasanya, ketika membuat teks procedure pasti disertai dengan kalimat how to. Misalnya, how to operate, how to make, how to create, dan lainnya. Supaya bisa memahami pembahasan dan contoh kalimat procedure text, maka kamu bisa menyimak penjelasan lengkap ICAN English berikut.

Tujuan dan Ciri Bahasa (Language Features) Procedure Text

Tujuan dari procedure text adalah supaya bisa memberikan penjelasan kepada pembaca tentang apa yang kamu buat, apa yang kamu lakukan, dan apa yang kamu gunakan dengan semua langkah berurutan dan jelas.

Baca Juga:
Procedure Text: Kupas Tuntas Teori & Contohnya di sini!

Kamu bisa mengidentifikasi procedure text dari ciri-cirinya, sebagaimana berikut:

  • Teks tersebut membahas fakta pembuatan maupun penggunaan sesuatu, sehingga harus menggunakan simple present tense.
  • Penjelasan sesuai beberapa steps, sehingga harus menggunakan imperative sentences atau kalimat perintah. Contoh kalimat imperative dalam procedure text adalah add five onions. Imperative sentences juga diawali dengan penggunaan kata kerja atau verb pada procedure text seperti contoh: turn on, add, mix, boil, dan lainnya.
  • Apabila ingin menjelaskan tentang semua langkah penggunaan atau pembuatan dalam procedure text, maka harus menghubungkan satu kalimat dengan kalimat lainnya. Sehingga, membutuhkan kata penghubung atau connective. Contoh: first, after that, then, finally, last, dan lainnya.
  • Apabila ingin memberikan keterangan waktu, durasi pembuatan procedure teks, harus menggunakan adverb atau kata keterangan. For an hour, in five minutes, dan lainnya merupakan contoh kata keterangan. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan adverb of manner atau keterangan cara seperti powerfully, slowly, fastly, dan lainnya.

Selain mengetahui ciri-ciri kebahasaan dalam contoh kalimat procedure text, kamu juga wajib tahu tentang generic structure dalam procedure text. Sama seperti teks lainnya, terdapat struktur yang wajib kamu ketahui pada procedure text.

Baca Juga:
Macam Preposition dalam Bahasa Inggris

Generic Structure Procedure Text dan Contohnya

Ketika belajar bahasa Inggris, procedure text selalu menjadi materi yang dipelajari. Dalam procedure text, generic structure terdiri dari:

  • Aim/goal/Tujuan, biasanya tampil pada bagian judul untuk menyatakan apa tujuan dari teks tersebut, misalnya: How to make coffee.
  • Ingredients/Materials: Pada bagian kedua, kamu harus menulis bahan-bahan dan alat yang dibutuhkan untuk membuat procedure text sesuai tujuan. Contoh kalimat procedure text pada bagian ini adalah: The ingredients to make coffee are 2 tablespoons of sugar and 1½ tablespoon of coffee powder
  • Steps/Methods: Ini adalah bagian terakhir dalam procedure text. Pada bagian ini, kamu harus menjelaskan metode atau langkah dalam text supaya bisa mencapai tujuan, contoh: Pour hot water into the glass.

Baca Juga:
Contoh Conjunction Dalam Bahasa Inggris

Sekarang, kamu bisa melihat contoh membuat procedure text tentang cara membuat kopi.

How to make coffee

Ingredients:

2 tablespoons of sugar

1 ½ tablespoons of coffee powder

Hot water

The steps:

1. First, take a glass. Put 2 tablespoons of sugar and 1½ tablespoons of coffee powder.

2. After that, pour the hot water.

3. Stir the coffee slowly. Make sure that the ingredients are mixed.

4. Your coffee is ready.

Itulah contoh kalimat procedure text lengkap dengan pembahasan materi dalam menulis teks tersebut. Kamu juga bisa melihat contoh procedure text lainnya dari kemasan mie instan, manual guide untuk penggunaan produk elektronik, atau cara menyajikan makanan maupun minuman lainnya.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi