seputar aturan ejaan bahasa inggris

Seputar Aturan Ejaan Bahasa Inggris

Ejaan dalam bahasa Inggris mungkin akan sangat berbeda jika dibandingkan dengan ejaan dalam bahasa Indonesia. jika pada bahasa Indonesia kamu hanya perlu membaca atau mengeja sesuai dengan apa yang tertulis, maka hal tersebut tidak berlaku dalam bahasa Inggris. terdapat beberapa aturan ejaan dalam bahasa Inggris yang perlu kamu ketahui.

Meskipun sering dianggap hal yang sepele, tetapi ejaan dalam bahasa Inggris juga merupakan sesuatu yang kompleks jika dipelajari jauh lebih mendalam. Mempelajari ejaan dengan tepat akan sangat membantu kamu dalam berbicara bahasa Inggris. Karena dengan mempelajari ejaan, maka kamu juga akan belajar mengenai pengucapan atau pronunciation.

5 Aturan Ejaan Bahasa Inggris Yang Perlu Diketahui

Pada dasarnya ejaan Bahasa Inggris akan sama dengan cara pengucapannya jika kamu mempelajarinya secara fonetik. Misalnya, ketika kamu mencari kata dalam kamus akan disertai simbol-simbol cara membacanya itulah yang disebut fonetik. Proses belajar bahasa Inggris akan lebih mudah jika kamu bergabung dalam kursus bahasa Inggris. Dengan begitu, kamu akan dibimbing oleh tutor berpengalaman dan profesional.

Di bawah ini merupakan beberapa aturan tentang ejaan dalam bahasa inggris yang perlu kamu ketahui.

1. Plurasi pada kata benda

Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan noun atau kata benda dalam bahasa Inggris. kata benda merupakan salah satu yang akan sering digunakan ketika berbicara atau menulis dalam bahasa Inggris. Kata benda tersebut mempengaruhi ejaan dalam bahasa Inggris.

Secara umum untuk bentuk noun dengan huruf akhir berupa konsonan, maka kamu bisa menambahkan huruf s dibelakangnya dan untuk noun dengan akhiran huruf vokal maka ditambahkan kata “s”. Namun, aturan tersebut tidak berlaku untuk semua kata sehingga penting untuk memahaminya lebih mendalam.

2. Silent letter

Berikutnya, mengenai silent letter atau huruf yang tidak dibacakan dalam suatu kata. Bentuk silent letter akan sangat sering kamu temukan di banyak kata dalam bahasa Inggris. dengan mengetahui aturan silent letter, maka akan mempermudah kamu dalam mengucapkan berbagai kata dalam bahasa Inggris.

Terdapat beberapa contoh huruf yang termasuk kedalam silent letter. Misalnya huruf K; know, knee, knock, huruf C yang berada setelah huruf “s” misalnya, muscle, miscellaneous. Lalu huruf B; numb. Thumb, doubt, huruf T; often, listen, fasten, huruf  P; psychology, receipt, pneumonia, huruf N; solemn, column, autumn, huruf G; foreign, gnome, align.

3. Cara mengeja huruf konsonan

Konsonan merupakan bentuk huruf mati, yakni cara pengucapannya dengan mengeluarkan udara dari laring melewati mulut, lalu dihambat pada tempat-tempat artikulasi. Ketika mengucapkan kata dengan huruf konsonan dalam bahasa inggris, maka bunyi yang dikeluarkan akan berubah tergantung dari posisi suatu huruf dalam sebuah kata.

Seperti yang telah diketahui, bahwa bunyi dari huruf konsonan tidak sefleksibel bunyi huruf vokal. Sehingga, sebagian besar ejaan untuk huruf konsonan tidak mengalami perubahan ejaan atau cara membacanya tidak berubah-ubah. Namun, meskipun demikian terdapat beberapa aturan khusus yang perlu diketahui.

4.  Cara mengeja huruf vokal

Cara mengeja huruf vokal dalam bahasa inggris cukup berbeda jika dibandingkan dengan cara mengeja huruf konsonan. Untuk membaca huruf vokal bentuk suara yang dikeluarkan melewati proses pengeluaran udara dari laring ke bibir. Kemudian, selama pengucapannya, tidak terhalang oleh bagian-bagian seperti gigi, lidah, dan sebagainya.

Huruf vokal dalam bahasa inggris sama dengan bahasa Indonesia yaitu a, i, u, e, o dengan cara mengeja sekitar 20 cara. Untuk mengeja huruf vokal kamu perlu membentuk mulut sedemikian rupa agar bunyi yang diinginkan dapat diproduksi.

Baca Juga:
Past Perfect Tense: Pengertian, Rumus, dan Contoh

5. Stressing atau penekanan dalam Bahasa Inggris

Terakhir, kamu akan menemukan stressing atau penekanan. Penekanan tersebut dilakukan untuk memperjelas suatu makna kata. Ketika kamu mengucapkan kata bahasa inggris dengan penekanan yang tepat, maka ucapan kamu akan terdengar lebih bagus.

Penutup

Itulah beberapa aturan ejaan dalam Bahasa Inggris yang sangat penting untuk kamu pelajari agar dapat berbicara atau berkomunikasi dengan lebih baik. Meskipun terlihat sangat sederhana, tetapi ejaan dalam sebuah bahasa memiliki peran yang cukup besar untuk lebih mengasah kemampuan kamu dalam berbicara atau mengucapkan suatu kata.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi