Belajar Penggunaan Kalimat Dasar Bahasa Inggris 

Belajar Penggunaan Kalimat Dasar Bahasa Inggris 

Terlibat dalam percakapan Bahasa Inggris adalah keterampilan yang dianggap remeh oleh banyak orang. Namun bagaimana dengan mereka yang kesulitan menyusun kalimat dasar bahasa Inggris? Saat sedang belajar bahasa Inggris, apa yang harus kamu lakukan adalah memulai percakapan dasar dan bermakna.

Setiap kata yang kamu ucapkan, terutama dalam situasi baru seperti bertemu seseorang untuk pertama kali, memulai pekerjaan baru, atau memimpin rapat, kamu harus memberikan kesan yang baik. Jadi, menguasai seni percakapan sangatlah penting.

Panduan Belajar Kalimat Dasar Bahasa Inggris

Kalimat sederhana terdiri dari subjek dan predikat. Kalimat tersebut terdiri dari satu klausa atau kombinasi frasa dan klausa. Berikut beberapa struktur kalimat yang dapat digunakan untuk menyusun kalimat sederhana.

  • SVO (Subjek-Kata Kerja-Objek)
  • SVC (Subjek-Kata Kerja-Complement)
  • SVA (Subjek-Kata Kerja-Adverbial)
  • ASVC (Adverbial-Subject-Verb-Complement)
  • ASVO (Adverbial-Subject-Verb-Object)
  • SVIODO (Subjek-Kata Kerja-Objek Tidak Langsung-Objek Langsung)
  • SVOC (Subjek-Kata Kerja-Objek-Complement)
  • SVAA (Subjek-Kata Kerja-Adverbial-Adverbial)

Agar kamu dapat belajar penggunaan kalimat dasar dalam Bahasa Inggris, kamu dapat menggunakan beberapa panduan berikut:

Cara Memperkenalkan Diri pada Orang Baru

Memperkenalkan diri bisa jadi lebih sulit daripada berbicara dengan orang lain. Berikut beberapa kalimat yang bisa kamu gunakan untuk memperkenalkan diri kepada orang baru, kelompok besar, atau saat wawancara:

Hi, I’m [Your Name], a passionate individual with a love for exploring new cultures and meeting diverse people.

Hello, everyone! I’m [Your Name], an avid [Your Hobbies/Interests] enthusiast and aspiring [Your Future Goals or Current Profession].

Kalimat Memulai Percakapan atau Obrolan Kecil

Memulai percakapan atau berbasa-basi mungkin mudah bagi sebagian orang, namun menakutkan bagi sebagian lainnya, khususnya introvert. Berikut beberapa kalimat yang dapat kamu gunakan untuk memulai percakapan sehari-hari:

“Hello! How’s your day going so far?”

“Good to see you! What brings you here today?”

“Hey! Any exciting plans for the weekend?”

Kalimat-kalimat ini sederhana. Selain itu, menjadi pembuka percakapan yang efektif atau pemicu obrolan ringan dalam berbagai situasi sosial.

Menanyakan Lokasi Sesuatu atau Seseorang

Mungkin ada saatnya kamu sedang mencari sesuatu atau seseorang dan perlu meminta bantuan orang lain. Berikut beberapa kalimat dasar yang dapat kamu gunakan dalam skenario tersebut:

“Excuse me, do you know where the nearest restroom is?”

“Hello, do you know where I can find the meeting room?”

“Hey, have you seen the Smiths? I was supposed to meet them here.”

Tips Membuat Percakapan dengan Kalimat Dasar

Mengetahui cara berkomunikasi secara bermakna sangatlah penting. Kamu harus mampu memperjelas topik percakapan sebelum memulai. Pastikan audiens tertarik dengan topik yang kamu diskusikan. Jika ditanyai sesuatu yang tidak kamu ketahui, hindari memberikan informasi yang salah. Sebaliknya, arahkan orang tersebut ke orang lain yang dapat membantu.

Jika ditawari sesuatu yang tidak kamu perlukan, tolak dengan sopan. Gunakan bahasa yang sederhana dan jelas sehingga semua orang dapat memahaminya.

Mau lebih fasih berinteraksi dengan kalimat dasar maupun kalimat yang kompleks? Tingkatkan keterampilan percakapan di Conversation Class atau di General English ICAN English. Tempat kursus Bahasa Inggris kami didukung dengan materi pembelajaran terstruktur dan tutor yang memenuhi kualifikasi. Dengan konsep pembelajaran yang intensif, kamu akan meningkatkan skill dengan lebih cepat!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web