Kalimat pasif dalam bahasa Inggris

Kalimat Pasif dalam Bahasa Inggris

Feb 14, 2022 | Bahasa Inggris

Selain kalimat aktif, salah satu materi yang harus kamu pelajari adalah kalimat pasif dalam bahasa Inggris. Dalam bahasa Inggris, kalimat pasif disebut dengan passive voice, yaitu kalimat yang berlawanan dengan kalimat aktif dimana subjeknya justru menerima aksi. Berbeda dengan kalimat aktif yang justru subjek melakukan aksi.

Agar mudah memahami tentang kalimat pasif, maka kamu harus memahami bahwa subjek dalam kalimat tersebut menggunakan kata kerja di-. Sedangkan kalimat aktif justru menggunakan subjek yang mempunyai kata kerja me-.

Baca Juga: CONTOH SUBJEK DALAM KALIMAT BAHASA INGGRIS

Penjelasan Tentang Kalimat Pasif Bahasa Inggris

Kalimat pasif atau passive voice menggunakan verb atau kata kerja ketiga disertai dengan to be sebelum verb. Agar lebih jelas, cobalah memperhatikan contoh kalimat berikut:

John memperbaiki mesin – Kalimat aktif

Mesin diperbaiki John – Kalimat pasif

Karena peraturan dalam membuat kalimat pasif kurang lebih hampir mirip dengan penggunaan kalimat pasif dalam bahasa Indonesia, maka kamu bisa menggunakan passive voice bentuk pola kalimat past tense atau bentuk lampau, present tense atau masa sekarang, dan future tense atau masa depan.

Sekarang kamu bisa melihat contoh passive voice sebagaimana berikut:

Kalimat aktif = John teaches English – John mengajar Bahasa Inggris

Kalimat pasif = English is taught by John – Bahasa Inggris diajarkan oleh John.

Kalimat aktif = John eats the cake – John memakan kuenya

Kalimat pasif = The cake is eaten by John – Kue tersebut dimakan oleh John.

Baca Juga: CONTOH KALIMAT PERINTAH DALAM BAHASA INGGRIS

Contoh Passive Voice

Dengan mempelajari materi yang satu ini, maka kamu bisa langsung melihat bagaimana  struktur dan pola kalimat tersebut serta dapat mempraktekkannya untuk latihan bahasa Inggris sehari-hari. Berikut adalah beberapa contoh yang dapat kamu gunakan untuk kalimat pasif:

John was given another opportunity to follow the interview. – John akan diberikan kesempatan untuk mengikuti interview tersebut.

Our admission form will be delivered to the school – Formulir pendaftaran kami akan dikirimkan ke sekolah.

The machine will be repaired by the mechanic engineers tomorrow – Mesin tersebut akan diperbaiki oleh Insinyur mekanik besok.

The school has been moved – Sekolah tersebut sudah pindah.

The restaurant has been visited by many people because of the beach view – Restoran itu telah dikunjungi oleh banyak orang karena pemandangan pantainya.

The story was well-written by the an ordinary student – Cerita tersebut ditulis sangat baik oleh seorang pelajar biasa.

Tom will be directed to become the main actor – Tom akan diarahkan untuk menjadi aktor utama.

The guitar was donated by the community for the poor. – Gitar tersebut didonasikan oleh komunitas untuk masyarakat miskin.

The movie is being played by our family to entertain the kids. – Film tersebut diputar oleh keluarga kita untuk menghibur anak-anak.

Dari penjelasan tersebut kamu bisa mempelajarinya dengan cara membuat kalimat sendiri kemudian menggunakannya sebagai bahan latihan bersama keluarga ataupun kerabat yang lebih ahli supaya kamu bisa menguasai bahasa Inggris dalam materi kalimat pasif.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Tips Belajar Bahasa Inggris Sampai Expert

Tips Belajar Bahasa Inggris Sampai Expert

Belajar Bahasa Inggris yang bagus adalah dengan menyematkan tingkatan sesuai dengan kemampuan. Tingkatan yang paling mahir dikenal dengan tingkat Expert. Tentu saja untuk bisa sampai ke level tersebut kamu perlu belajar dengan extra giat dan teratur supaya bisa sampai...

Pilihan Kursus Bahasa Inggris dengan Native Speaker

Pilihan Kursus Bahasa Inggris dengan Native Speaker

Kursus Bahasa Inggris saat ini bisa kamu temukan dengan sangat mudah. Di berbagai kota bahkan secara online juga membuka kursus Bahasa Inggris bagi siapapun. Akan tetapi, dengan banyaknya tempat kursus Bahasa Inggris kamu juga harus bisa menyeleksi mana yang paling...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH