Kalimat tanya dalam bahasa Inggris

Kalimat Tanya dalam Bahasa Inggris

Jan 31, 2022 | Bahasa Inggris

Kalimat tanya dalam bahasa Inggris biasanya terdiri dari urutan kata yang biasanya diawali dengan what, where, when, which, why, whose, who, whom atau juga how. Kata ini biasanya akan membentuk kalimat tanya atau biasanya disebut dengan WH Questions.

Banyak orang yang kesulitan dalam membentuk kalimat ini karena harus merangkai kata yang tepat. Sama seperti dalam bahasa Indonesia, kalimat tanya dalam bahasa Inggris biasanya menggunakan aturan 5W+1H.

Baca Juga: KALIMAT TANYA JAWAB BAHASA INGGRIS

Macam Kata Tanya Bahasa Inggris

Ketika kamu akan membuat kalimat tanya dalam bahasa Inggris, kamu perlu memperhatikan beberapa hal. Perhatikan bentuk waktu atau tense, apakah memiliki verb utama ataua tidak? Jika memiliki verb utama, maka gunakan formula QASM (Question word, Auxiliary verb, Subject, Main verb) dan perhatikan apakah kalimat tersebut disertai keterangan atau tidak.

Kalimat Tanya dalam Bahasa Inggris

Terdapat beberapa jenis kalimat tanya dalam bahasa Inggris. Tentunya setiap jenis kalimat tanya tersebut memiliki fungsi dan contoh yang berbeda dalam pemakaiannya. Simak penjelasannya di bawah ini!

1. What (Apa)

Kalimat tanya ini biasanya digunakan untuk menanyakan hal atau benda. Contoh kalimatnya adalah, what is your name (siapakah namamu?) dan what do you do on the holiday? (apa yang kamu lakukan saat liburan?).

2. Where (Dimana dan Kemana?)

Where memiliki arti di mana atau kemana dan digunakan untuk menanyakan tempat. Contoh kalimatnya adalah, where do you live? (dimana kamu tinggal?) dan where is my pen? (dimana pulpen saya?).

3. When (Kapan)

When artinya kapan. Kalimat tanya ini digunakan untuk menanyakan waktu. Contoh kalimatnya adalah, when is your graduation? (kapan hari kelulusanmu?) dan when do you will come? (kapan kamu akan berangkat?).

4. Why (Mengapa)

Why atau kenapa biasanya digunakan untuk menanyakan sebuah alasan. Contohnya adalah, why the school is closed? (mengapa sekolah ditutup?) dan why did you crying last night? (mengapa kamu menangis malam tadi).

5. Who (Siapa)

Who atau siapa digunakan untuk menanyakan orang (subjek). Misalnya adalah, who is come to your home last night? (siapa yang datang ke rumahmu malam tadi?) dan who is the winner of MPL tournament? (siapa pemenang turnamen MPL?).

6. Which (Yang Mana)

Berikutnya adalah which yang digunakan untuk menanyakan pilihan. Contohnya adalah, which book do you want? (buku mana yang kamu inginkan?) dan which major did you take? (jurusan mana yang kamu ambil?).

7. Whose (Punya Siapa)

Whose berfungsi untuk menanyakan kepemilikan. Misalnya adalah, whose book is that? (buku siapakah itu?) dan whose place are staying during the holiday? (tempat siapa yang kamu tinggali selama liburan?)

8. How (Bagaimana)

Terakhir adalah how untuk menanyakan keadaan, kondisi, jumlah, dan semacamnya. Contohnya adalah how are you today? (bagaimana kabarmu hari ini) dan how many years he will come? (seberapa lama lagi dia akan datang?).

Selain kata tanya tersebut, terdapat pula auxiliary verb di mana ini adalah kata kerja bantu yang bertugas untuk menghubungkan question word dengan kata selanjutnya. Contoh kata ini seperti is, am, are, was dan were.

Nah, setelah mengetahui topik di atas, kamu juga perlu mengenal seputa main verb atau verb utama. Kata ini biasanya memiliki bentuk yang berbeda tergantung bentuk kalimatnya seperti apa. Dalam question word, main verb umumnya bisa berbentuk Ving, V1, V2, V3.

Jenis Kalimat Tanya dalam Bahasa Inggris

Ada beberapa jenis kalimat tanya yang bisa kamu terapkan dalam bahasa Inggris. Berikut beberapa daftar kalimat yang perlu kamu ketahui:

Question Using To Be

Jawaban untuk kalimat tanya yang menggunakan To be biasanya hanya Yes atau No. Oleh karenanya, pertanyaan ini biasa disebut sebagai yes/no question. Contohnya:

A: Are you ready to be the champion?

B: Yes, I am.

Question Using Auxiliary Verb

Sama seperti sebelumnya, pertanyaan ini juga biasanya hanya dijawab dengan yes atau no. Contohnya:

A: Could you please help me?

B: Yes, I could

Question Using 5W + 1H

Pertanyaan yang menggunakan kata ini sering disebut juga sebagai the perfect question. Hal ini karena jawaban yang diberikan lebih lengkap dan mendalam. Jika jenis pertanyaan sebelumnya hanya membutuhkan jawaban ya atau tidak, pertanyaan 5W + 1H lebih meminta jawaban yang panjang dan menjelaskan. Contohnya:

  • What are you doing here?
  • I’m waiting for you

Baca Juga: CONTOH KATA KERJA BAHASA INGGRIS

Mengetahui kalimat tanya dalam bahasa Inggris perlu kamu lakukan, terutama jika kamu sedang belajar bahasa Inggris lebih mendalam. Mengetahui jenis kalimat ini membuat kamu lebih mudah dalam berkomunikasi dengan lawan bicara.

Kamu juga akan lebih percaya diri ketika berbicara dengan penutur asli bahasa Inggris. Mengenal jenis kalimat tanya membutuhkan waktu yang cukup panjang, maka kamu perlu membiasakan diri menggunakannya setiap hari.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Bisakah Konversi Skor IELTS ke TOEFL?

Bisakah Konversi Skor IELTS ke TOEFL?

Konversi skor TOEFL ke IELTS memiliki klasifikasi dan tingkatannya masing-masing, mulai dari yang paling dasar hingga paling tinggi. Kedua tes tersebut sebenarnya cukup sulit untuk dibandingkan, karena memiliki keunikannya tersendiri. Selain itu, sistem...

3 Buku Terbaik Untuk Grammar Bahasa Inggris

3 Buku Terbaik Untuk Grammar Bahasa Inggris

Grammar merupakan salah satu aspek terpenting dalam mempelajari bahasa inggris. salah satu metode yang bisa kamu lakukan adalah belajar lewat media buku grammar bahasa Inggris. Metode tersebut bisa kamu pilih karena cenderung fleksibel dan bisa dilakukan dimana...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH