kata bantu a dan an dalam bahasa inggris

Kata Bantu A dan An dalam Bahasa Inggris

Dalam bahasa Inggris, ada banyak jenis kata bantu atau auxiliary yang bias kamu gunakan di dalam sebuah kalimat dan percakapan. Tujuannya adalah untuk mengidentifikasi bahwa sebuah benda adalah tunggal atau singular. Kata bantu a dan an dalam bahasa Inggris adalah yang cukup sering digunakan.

Mesti memiliki arti yang sama, namun penggunaan a dan an harus dibedakan. Sebab, ini adalah salah satu aturan dalam grammar bahasa Inggris yang perlu kamu pahami.

Baca Juga:
Penjelasan Tentang Adjective Bahasa Inggris

Penggunaan Kata Bantu A dan An Bahasa Inggris

Kata bantu A biasanya diletakkan di depan kata yang diawali oleh huruf konsonan seperti B, C, D dan seterusnya. Sering pula digunakan untuk huruf konsonan yang diucapkan seperti huruf konsonan pula, seperti a student, a doctor, a car dan sebagainya.

Kata Bantu A juga digunakan ketika disandingkan dengan kata benda yang berawalan huruf vocal namun berbunyi konsonan, contohnya a university, a unit, a union dan sebagainya.

Sementara, kata bantu An biasanya digunakan jika sebuah kata benda berawalan huruf vocal, seperti an idea, an apple, an orange dan sebagainya.

Kata bantu An juga bisa digunakan saat berpasangan dengan kata benda berawalan huruf konsonan, namun berbunyi vokal, seperti an honor, an hour, an honour dan lainnya.

Kata bantu A dan An juga digunakan untuk menyatakan suatu harga, kecepatan dan juga rasio.

Perlu diingat bahwa kata bantu A dan An tidak bisa digunakan di depan kata benda yang tidak bisa dihitung, seperti water, wine, ink, sugar, tea, money, air dan sebagainya. Kata bantu ini juga tidak bisa digunakan di depan kata benda jamak atau lebih dari satu.

Walaupun memiliki arti dan berfungsi sama, namun penggunaannya perlu kamu perhatikan. Jika salah penggunaan, mungkin komunikasi kamu akan berjalan tidak lancar dan terjadi miskomunikasi.

Baca Juga:
Jenis Kelas Kata Bahasa Inggris

Penggunaan Article dalam Bahasa Inggris

Article bahasa Inggris memiliki beberapa macam, termasuk pula A dan An, serta ada pula The. Ketiganya sebenarnya tidak memiliki arti kata secara khusus, namun article memiliki fungsi khusus dalam melengkapi suatu frasa atau klausa. Di mana secara spesifik berhubungan dengan noun atau kata benda di dalamnya.

Article sendiri memiliki beberapa macam, A dan An termasuk dalam indefinite article. A dan An merupakan kata sandang yang bisa diartikan menjadi seorang atau sebuah.

Lalu, terdapat pula definite article di mana ini adalah kata sandang yang digunakan pada hal yang spesifik. Bahkan, kata ini bisa digunakan sebelum kata benda yang dapat dihitung dan kata benda yang tidak dapat dihitung. Mempelajarinya akan membuat proses belajar bahasa Inggris kamu semakin baik.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi