Perbedaan Kata Kerja dan Benda Bahasa Inggris

Perbedaan Kata Kerja dan Benda Bahasa Inggris

Kata kerja dan benda Bahasa Inggris tidak sama. Kata kerja disebut sebagai verb dan kata benda disebut noun dalam Bahasa Inggris. Keduanya merupakan part of speech yang harus dipelajari oleh pemula.

Part of speech ini harus dipelajari, karena memang sering digunakan dalam kalimat Bahasa Inggris. Tidak mempelajari noun dan verb akan membuat kamu kesulitan memahami tulisan maupun percakapan Bahasa Inggris.

Perbedaan Verb dan Noun dalam Bahasa Inggris

Jika kamu masih kesulitan membedakan antara kata kerja dan benda Bahasa Inggris, gunakan panduan ini untuk memahami lebih mudah. Selanjutnya, kamu bisa berlatih membuat kalimat yang benar, lengkap dengan adanya kata kerja dan kata benda.

Kata Kerja (Verb)

Kata kerja adalah kata-kata tindakan dalam sebuah kalimat yang menjelaskan apa yang dilakukan subjek. Selain itu, kata kerja adalah bagian utama kalimat atau frasa, yang menjelaskan tentang apa yang sedang terjadi.

Ketika mempelajari aturan tata bahasa di sekolah, kamu mungkin diajarkan bahwa kata kerja adalah doing words. Artinya, kata kerja menandakan bagian kalimat yang menjelaskan tindakan yang terjadi, seperti contoh berikut:

She runs.

Joko swims on Sundays.

Run dan Swim adalah kata yang menunjukkan tindakan (doing words). Sehingga disebut sebagai kata kerja. Namun, tidak semua kata kerja mudah diidentifikasi sebagai tindakan, seperti contoh berikut:

I know your plan.

Joko thought about us.

We considered several plans.

Know, thought, considered adalah non-action verbs, yaitu kata kerja yang menggambarkan keadaan (state of being), emosi (emotion), kepemilikan (possession), perasaan (sense), atau pendapat (opinion). Kata kerja non-action lainnya termasuk love, agree, feel, have dan am.

Salah satu petunjuk untuk membantu mengidentifikasi kata kerja adalah peletakannya dibandingkan dengan subjeknya. Kata kerja selalu muncul setelah kata benda atau kata ganti. Kata benda dan kata ganti ini disebut sebagai subjek. Jadi, kata kerja thought muncul setelah kata benda Joko, sehingga tindakan yang dilakukan Joko (subjek) adalah thought (kata kerja).

Kata Benda (Noun)

Kata benda dapat berfungsi sebagai subjek kalimat, menunjukkan kalimat tersebut mengenai kata benda. Atau, kata benda tersebut melakukan tindakan dari kata kerja. Dalam kalimat afirmatif, subjek biasanya muncul di awal kalimat.

Nana is a new student in our class.

Fungsi lainnya dari kata benda adalah sebagai ‘objek’, berupa objek langsung, objek tidak langsung, objek tetap, dan objek preposisi.

Can you please bring this book? (direct object: book)

I bought my sister a doll. (indirect object: my sister)

Put the keys on the table. (object of preposition: table)

Noun juga bisa digunakan untuk retained object, subject complement, dan object complement. Berikut contoh kalimat dan penjelasannya:

We were invited to this concert. (retained object: concert)

That man wearing a blue jacket is Jacob. (subject complement: Jacob)

I found her walking alone. (object complement: walking)

Baca Juga: Daftar Kosakata Kata Kerja Bahasa Inggris

Manfaat Belajar Kata Kerja dan Benda

Sekarang, kamu sudah mengetahui apa perbedaan kata kerja dan benda Bahasa Inggris. Dengan mempelajari kata kerja, kamu akan memiliki kemampuan untuk menyampaikan pemikiran dengan baik. Bahkan dalam kalimat paling sederhana sekalipun, seperti contoh: Maria sings. Dalam contoh sederhana tersebut, terdapat kata kerja yaitu sing.

Kata kerja bisa menjadi sebuah kalimat tersendiri tanpa kata benda atau part of speech lainnya. Berikut adalah contoh kalimat yang hanya menggunakan kata kerja saja: Sing! atau Run! Kalimat seperti ini biasanya digunakan untuk memberikan instruksi kepada subjek yang sudah jelas.

Manfaat belajar noun atau kata benda yaitu untuk membentuk kalimat yang jelas. Komunikasi akan sulit dilakukan tanpa penggunaan noun, karena fungsinya yang bisa menjadi subjek maupun objek dalam kalimat.

Jika dalam waktu dekat ini kamu ingin meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris, kamu bisa belajar di ICAN English. Program kursus Bahasa Inggris di kelas kami dirancang agar dapat memenuhi kebutuhan personal setiap siswa. Kelas interaktif dan tutor yang suportif akan membantu mempermudah semua kesulitan kamu selama belajar Bahasa Inggris.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Tim ICAN English.