Belajar Kata Singkat Bahasa Inggris

Belajar Kata Singkat Bahasa Inggris

Acronym atau kata singkat bahasa inggris digunakan hampir setiap hari. Terkadang, kamu tidak sadar mengidentifikasinya. Singkatan juga telah menjadi bagian dari percakapan santai kita sehari-hari.

Menurut Kamus Bahasa Inggris Oxford mendefinisikan istilah ‘akronim’ sebagai “sebuah kata yang dibentuk dari huruf awal kata lain atau terkadang dari bagian awal suku kata yang diambil dari kata lain, keseluruhannya diucapkan sebagai satu kata”.

Belajar Singkatan Bahasa Inggris

Pernahkah kamu memperhatikan seberapa sering belajar kata singkat Bahasa Inggris? Dengan ditemukannya ponsel dan aplikasi media sosial untuk komunikasi, masyarakat menjadi terbiasa menyampaikan pesan dalam kalimat terputus-putus, singkatan dan akronim.

Daftar Singkatan

Tidak banyak orang yang perlu mencari bentuk lengkap dari akronim yang digunakan karena sudah mengetahuinya. Agar kamu bisa belajar apa itu akronim, berikut adalah daftar singkatan yang biasa digunakan dalam percakapan sehari-hari:

  • LOL = Laugh out loud
  • ASAP = As soon as possible
  • YOLO = You only live once
  • PIN = Personal Identification Number
  • FOMO = Fear of Missing Out
  • RADAR = Radio Detection and Ranging
  • RAM = Random Access Memory
  • SIM = Subscriber Identity Module
  • WiFi – Wireless Fidelity
  • NATO – North Atlantic Treaty Organisation

Perbedaan Acronym, Initialism, Dan Abbreviation

Abbreviation adalah kata atau frasa yang disingkat, bisa menggunakan huruf pertama dari setiap kata dalam sebuah frase, suku kata pertama dari setiap kata dalam sebuah frase, atau hanya beberapa huruf pertama dari sebuah kata.

Acronym adalah jenis singkatan tertentu yang membentuk kata yang dapat diucapkan dari huruf pertama atau suku kata setiap kata dalam sebuah frasa. Misalnya, kata LASIK merupakan singkatan dari laser-assisted in situ keratomileusis.

Initialism adalah singkatan yang menggunakan kata pertama dari setiap huruf dalam sebuah frasa. Bukan untuk membuat kata baru, setiap huruf dinyatakan satu per satu. IT, KO, dan IPO semuanya adalah initialism.

Kapan Akronim Digunakan dalam Bahasa Inggris?

Kata singkat bahasa inggris digunakan untuk membuat komunikasi lebih ringkas. Umumnya akronim digunakan dalam komunikasi verbal biasa, seperti contoh berikut:

She is not feeling great, but I think she’ll go out today because of FOMO.’

FOMO merupakan akronim dari “fear of missing out” artinya jika tidak mengambil tindakan tertentu, akan menyesal di kemudian hari. Tidak lazim menggunakan singkatan dalam percakapan lisan formal, karena lebih lazim digunakan dalam percakapan formal tertulis.

Dalam email dan komunikasi bisnis lainnya, akronim sering digunakan untuk membuat pesan tetap singkat, seperti contoh berikut:

“Just meet the wysiwyg publisher and start any changes we’d like.

WYSIWYG adalah singkatan dari “what you see is what you get” dan mengacu pada pertemuan dengan penerbit yang menunjukkan bagaimana proyek yang sudah selesai akan terlihat saat pengguna melakukan perubahan. Singkatan tersebut diucapkan “wig-whizzy”.

Tertarik belajar lebih dari sekedar kata singkat bahasa inggris? ICAN English memiliki banyak kelas yang akan membuat keterampilan Bahasa Inggris kamu semakin meningkat! Kelas-kelas dirancang sesuai kebutuhan belajar setiap siswa kami, dengan metode belajar yang inovatif dan intensif!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi