Kumpulan Kata Benda Bahasa Inggris

Kumpulan Kata Benda Bahasa Inggris

Kumpulan kata benda bahasa inggris adalah salah satu bagian paling mendasar dari tata bahasa Inggris. Kamu dapat menemukannya di hampir setiap kalimat. Noun atau kata benda membantu kamu memahami ide, menyebutkan nama orang, hewan, tempat, benda, dan ide.

Noun atau kata benda bisa menjadi subjek kalimat, objek kalimat, atau bahkan digunakan dalam bentuk posesif. Kata benda dibagi menjadi beberapa kategori berbeda, dan penting untuk memahami materi ini agar dapat menggunakan kata benda dengan benar.

Belajar Countable and Uncountable Nouns

Apakah kamu ingin memahami kumpulan kata benda bahasa inggris dan belajar menggunakannya dengan benar? Pada referensi ini, kamu akan mengeksplorasi perbedaan antara countable dan uncountable nouns lengkap dengan contohnya.

Perbedaan Countable dan Uncountable Nouns

Kata benda yang dapat dihitung (countable) dihitung, adalah kata-kata yang dapat dengan mudah diberi nomor di sebelahnya. Countable nouns mempunyai bentuk tunggal dan jamak, dapat digunakan dengan angka satu, dua, dan seterusnya.

Sedangkan uncountable nouns atau disebut juga non-count nouns adalah kata benda yang tidak dapat dihitung. Kata benda ini tidak memiliki bentuk jamak dan tidak dapat digunakan dengan angka.

Misalnya, kata ‘banana’ adalah kata benda yang dapat dihitung. Anda bisa mengatakan “We have one banana” atau “We have two bananas”. Kata ‘information’ adalah kata benda yang tidak dapat dihitung. Kamu tidak bisa mengatakan “We have one information” atau “We have two informations”.

Kata benda yang dapat dihitung dan tidak dapat dihitung selanjutnya diklasifikasikan menjadi collective nouns, proper nouns, concrete nouns, abstract nouns, dan mass nouns.

Contoh Countable dan Uncountable Nouns

Untuk mengidentifikasi apakah suatu kata benda dapat dihitung, kamu dapat mengajukan pertanyaan ‘how many. Dalam bentuk jamak, countable nouns biasanya ditambahi ‘s’ atau ‘es’, misalnya ‘mistakes’, ‘problems’, dan ‘buses’. Kalau berbentuk tunggal, countable noun biasanya muncul setelah determinasi seperti ‘a’, ‘this’, ‘any’, atau ‘a lot of’, sebagaimana contoh berikut:

SingularPluralSingularPlural
ShoeShoesHandHands
BookBooksUmbrellaUmbrellas
AeroplaneAeroplanesComputerComputers
GlassGlassesAppleApples
Coconut treeCoconut treesBottleBottles
WordWordsAutoAutos
MangoMangoesPhotoPhotos
CucumberCucumbersTigerTigers
GooseGeeseSheepSheep
BoxBoxesFlowerFlowers
MouseMiceTapTaps
DoorDoorsSwichSwitches
WatchWatchesRibbonRibbons
SchoolSchoolsEggEggs
FileFilesWomanWomen
BabyBabiesOxOxen

Uncountable nouns tidak mempunyai bentuk jamak. Berikut adalah beberapa contoh kata benda Bahasa Inggris yang termasuk dalam uncountable nouns:

WaterSoilHairRice
OilButterJamThread
FurnitureSugarSaltPepper
AdviceWorkEquipmentMud
WoolYarnNewsLuck
CementThunderWeatherRain
LuggageGoldMilkGlitters
SilverLightningProblemDecision

Jika kata benda dalam suatu kalimat tidak mempunyai besaran tertentu dan menjawab pertanyaan ‘how much, maka kata benda tersebut dapat dianggap sebagai uncountable nouns. Kata benda seperti ‘gold, ‘information, atau ‘furniture yang hanya mempunyai satu bentuk dan dapat digunakan tanpa determiner termasuk dalam kata benda tak terhitung (uncountable noun).

Kesalahan Belajar Noun Count

Sekarang, kamu sudah belajar tentang kumpulan kata benda bahasa inggris lengkap dengan contoh. Salah satu kesalahan paling umum adalah menggunakan kata kerja jamak dengan kata benda yang tidak dapat dihitung. Misalnya, “information” adalah kata benda yang tidak dapat dihitung dan harus digunakan dengan kata kerja tunggal, seperti “The information is useful”.

Kesalahan umum lainnya adalah menggunakan “many” dengan kata benda yang tidak dapat dihitung. Misalnya, “happiness” adalah kata benda yang tidak dapat dihitung dan tidak boleh digunakan dengan “many”, seperti “We have many happiness”. Sebaliknya, kamu harus mengatakan “We have a lot of happiness”.

Terakhir, kata benda “time” dapat digunakan sebagai kata benda yang dapat dihitung dan tidak dapat dihitung. Jika kamu berbicara tentang jumlah waktu tertentu, maka termasuk dalam countable noun (“We have three hours of time”), tetapi jika berbicara tentang jumlah waktu yang tidak terbatas, termasuk dalam uncountable noun (“We have a lot of time”).

Mau lebih mudah belajar kata benda dalam Bahasa Inggris dan materi part of speech lainny? Belajar sekarang juga di kelas kursus Bahasa Inggris ICAN English. Kelas-kelas kami dirancang untuk pembelajar bahasa dari level beginner hingga level Advanced. Kebutuhan belajar apapun yang kamu inginkan, kami memberikan kelas yang interaktif, tutor suportif, dan kurikulum yang dipersonalisasi!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.