macam materi conversation dasar

Macam Materi Conversation Dasar

Materi conversation dasar membahas percakapan sederhana, bisa berupa ekspresi yang berguna untuk belajar anak-anak, ataupun orang dewasa yang merupakan pemula. Tujuan belajar percakapan dasar adalah untuk mempelajari Bahasa Inggris sebagai alat komunikasi.

Untuk anak-anak atau young learners, memilih materi belajar Bahasa Inggris dilakukan secara hati-hati. Anak-anak punya kemampuan berpikir sangat khas, membutuhkan perencanaan matang tentang apa saja upaya untuk menyerap informasi.

Teknik yang bisa kamu gunakan yaitu menghindari penumpukan materi. Anak-anak punya batasan kejenuhan lebih rendah jika kamu bandingkan dengan pelajar dewasa. Itulah mengapa, ketika memberi materi bagi anak-anak dalam belajar conversation bahasa inggris, maka harus dikemas sebaik mungkin supaya proses pembelajaran jadi lebih mudah.

Materi Percakapan Bahasa Inggris Untuk Anak

Materi conversation dasar bagi pemula seperti young learners bisa dimulai dengan fokus pada ungkapan-ungkapan dasar dulu. Tidak perlu harus memberi tahu seperti apa teori ungkapan secara eksplisit.

Pendekatan tersebut dikenal sebagai implicit learning atau belajar secara implisit. Pada fase belajar ini, tidak perlu harus mengenal teori, untuk mencegah adanya penumpukan materi. Anak-anak lebih cepat memahami semua ilmu bahasa inggris jika kondisi yang mereka butuhkan terpenuhi secara optimal.

Baca Juga:
Materi Kursus Bahasa Inggris Conversation

Itulah mengapa, tujuan belajar conversation dasar, bagi anak-anak sebaiknya bersifat perkenalan maupun pembiasan. Tujuannya supaya semua materi tersebut bisa melekat di bawah alam sadar dan merupakan tingkah laku spontan. Berikut adalah pemaparan berbagai ekspresi percakapan secara umum untuk latihan pelajar muda:

Berikut adalah percakapan sederhana beserta jawaban dan terjemahannya:

Hello, how are you?

(Halo, bagaimana kabarmu?)

Im fine, thank you.

(Aku baik-baik saja, terimakasih)

What is your name?

(Siapa namamu?)

My name is

(Namaku)

How do you do?

(Bagaimana kabarmu?)

Im alright, and you?

(Aku baik, bagaimana denganmu?)

Where do you live?

(Dimana kamu tinggal?)

I live in/on/at

(Aku tinggal di)

Where do you come from?

(Darimana asalmu?)

I come from

(Aku berasal dari)

Which school do you attend?

(Kamu sekolah dimana?)

I go to

(Aku sekolah di)

Do you have any hobbies?

(Apakah kamu punya hobi?)

Ye, I have. I like to

(Ya, aku punya. Saya suka)

What color do you like the most?

(Apa warna favoritmu?)

The color I loved most is

(Warna favoritku yaitu)

Do you have any best friends?

(Apakah kamu punya teman baik?)

Yes, I have

(Ya, aku punya)

Will you be my friend?

(Apakah kamu mau jadi temanku?)

Yes, of course!

(Ya, tentu saja!)

Do you have any pets?

(Apakah kamu punya binatang peliharaan?)

Yes, I have a pet.

(Ya, aku punya)

Itulah contoh materi conversation dasar tanya jawab tentang seseorang. Selain untuk young learners atau anak-anak kecil, materi di atas juga bisa kamu gunakan sebagai pemula.

Baca Juga:
Belajar Bahasa Inggris Conversation Pemula

Metode Cepat Belajar Conversation

Ada beberapa cara yang dapat kamu terapkan apabila ingin menguasai materi conversation dasar lebih cepat. Pertama, kamu harus membuang rasa malu, rasa tidak pede, atau takut membuat kesalahan. Semua hal itu hanya akan menghambat kemajuan kamu dalam belajar Bahasa Inggris.

Kedua, cobalah untuk mengajak orang lain berbicara Bahasa Inggris. Praktek conversation membantu supaya kamu bisa memaksa diri sendiri agar mau berbicara dan berpikir menggunakan Bahasa Inggris. Apabila masih malu dalam mencobanya, kamu bisa mengajak orang terdekat terlebih dahulu, seperti orang tua, pasangan, saudara, atau teman.

Jika ingin mengetahui informasi tentang Conversation bisa hubungi ICAN English, atau bisa datang langsung ke kantor cabang ICAN English terdekat kota anda.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi