Belajar Materi Jam dalam Bahasa Inggris

Belajar Materi Jam dalam Bahasa Inggris

Di mana pun berada, sebagian besar hidup kamu akan diatur oleh waktu. Jam berapa kamu bangun, kapan harus berangkat kerja, berapa lama istirahat makan siang, jam berapa museum dibuka, semuanya melibatkan waktu. Jadi, materi jam dalam Bahasa Inggris benar-benar perlu kamu ketahui.

Menentukan waktu dan membuat janji mungkin mudah dilakukan dalam bahasa dan negara. Selama kamu mengetahui angka-angka dan kosakata dasar yang berhubungan dengan waktu, belajar memberi tahu waktu dalam bahasa Inggris seharusnya tidak terlalu sulit.

Panduan Belajar Jam dalam Bahasa Inggris

Belajar materi jam dalam bahasa Inggris adalah langkah yang sangat berharga dalam pengalaman belajar. Kamu tidak akan pernah menyesal meluangkan waktu untuk mempelajarinya. Saat memberitahukan waktu dalam bahasa Inggris Amerika, sebagian besar orang menggunakan format dua belas jam.

Di Amerika Serikat, kamu bisa menambahkan “o’clock” di akhir waktu. Cara ini dianggap lebih formal dan tepat untuk memberitahukan waktu. Namun, banyak orang menghilangkan kata “jam” dan hanya menyebutkan nomornya.

The game starts at 1 o’clock atau The game starts at 1.

Let’s go at 2 o’clock atau Let’s go at 2.

The restaurant closes at 3 o’clock atau The restaurant closes at 3.

A.m. vs. P.m.

Karena menggunakan format dua belas jam, penting untuk mengetahui kumpulan dua belas jam mana yang sedang dibicarakan. Di A.S., kamu bisa menggunakan “a.m.” sebagai kependekan frasa Latin ante meridiem, mengacu pada waktu sebelum tengah hari / siang hari. Ada juga “p.m.”, kependekan frase latin post meridiem, mengacu pada waktu setelah tengah hari/siang hari.

1 o’clock p.m. (afternoon)

8 o’clock a.m. (morning)

5 o’clock p.m. (evening)

10 o’clock a.m. (morning)

Jam 12 a.m. adalah tengah malam, dan jam 12 p.m. adalah tengah hari. Ini adalah bagian dari materi jam dalam Bahasa Inggris format a.m. dan p.m. yang masih belum dimengerti banyak orang.

Quarter dan Half

Mengenai waktu, kamu bisa menggunakan kata “quarter” atau seperempat untuk mewakili 15 menit (yaitu 1/4 jam, sama seperti seperempat dalam uang AS adalah 1/4 dolar). Gunakan frasa “quarter past” untuk mengatakan “lima belas menit setelahnya” dan “quarter to” untuk mengatakan “lima belas menit sebelum.”

Quarter past five (5:15)

Be ready for our meeting at a quarter past 5.

Quarter past 9 (9:15)

Joko and Susan came here at a quarter past 9.

Quarter to 4 (3:45)

She left her office at a quarter to 4.

Quarter to 7 (6:45)

 It was a quarter to 7, and we hadn’t seen Joko.

“Half” adalah ungkapan yang sangat umum kamu dengar ketika orang berbicara tentang waktu dalam bahasa Inggris. “Half” mengacu pada 30 menit, karena itu berarti setengah jam. Gunakan frasa “Half past” dan “Half an hour to” untuk menggambarkan masing-masing 30 menit setelah atau hingga satu jam.

Half past 3 (3:30)

Come here at half past 3.

Half past 7 (7:30)

Joko visited me at half past 7.

Half an hour to 6 (5:30)

The event started at half an hour to 6.

Half an hour to 10 (9:30)

Sue went to the library at half an hour to 10.

Ingatlah bahwa ketika belajar memberitahu waktu dalam bahasa Inggris, latihan adalah kuncinya. Berlatihlah sebanyak yang kamu bisa, untuk meningkatkan keterampilan komunikasi.

Cara Menanyakan Waktu dalam Bahasa Inggris

Sebelum mempelajari materi jam dalam Bahasa Inggris, kamu harus mengetahui cara memintanya. Saat pertama kali tiba di negara berbahasa Inggris, kamu pasti akan lebih banyak meminta waktu daripada memberikan informasiya! Berikut beberapa cara paling umum untuk menanyakan jam berapa kepada seseorang.

“Could you please tell me what time it is?”

“Can you tell me the time, please?”

“May I know what time it is?”

“Could you inform me of the current time, please?”

“Could you check the time for me, please?”

“What’s the time right now, please?”

Perhatikan bagaimana pertanyaan menggunakan frasa yang sopan seperti “please”. Tetapi, tidak masalah jika tidak selalu menyertakan frasa sopan tersebut (terutama jika sedang terburu-buru dan membutuhkan waktu segera). Semua orang selalu menghargai jika kamu meluangkan waktu untuk bersikap sopan.

Jika ingin lebih fasih belajar materi jam dan materi penting lainnya dalam Bahasa Inggris, rencanakan waktu belajar di ICAN English. Buat rencana belajar secara rutin dengan mengikuti program kursus Bahasa Inggris kami. Ikuti pembelajaran secara menyenangkan dengan materi yang lebih mudah dipahami, sekarang juga!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Tim ICAN English.