Materi linguistik bahasa Inggris

Apa Saja Materi Linguistik dalam Bahasa Inggris?

Agu 10, 2022 | Bahasa Inggris

Materi linguistik bahasa inggris mempelajari tentang Bahasa. Ketika mempelajarinya, maka kamu akan mempelajari berbagai komponen pembentuk Bahasa.

Contoh, konteks pengucapan atau ujaran, Bahasa bisa diamati dari bunyi yang diperoleh. Sedangkan dalam konteks makna kata, Bahasa bisa dipelajari sesuai pembentukan makna kata yang digunakan.

Menurut Verhaar, pembahasan basa berdasarkan objek yang dikaji, sehingga menjadi fonetik dan fonologi atau bunyi Bahasa, morfologi atau pembentukan kata, sintaksis atau aturan membentuk kalimat, semantik atau makna kata. Semua bagian tersebut merupakan cabang linguistik.

Baca Juga: TIPS BELAJAR GERUND DAN INFINITIVE BAHASA INGGRIS

Apa Saja Kajian dalam Materi Linguistik

Berikut adalah berbagai kajian yang akan kamu pelajari dalam materi linguistik, termasuk Bahasa Inggris:

1. Fonetik

Fonetik adalah bagian dari materi linguistik bahasa inggris, mempelajari proses pengucapan. Fonetik berkaitan erat dengan anatomi tubuh supaya dapat menghasilkan bunyi dari segi kualitas dan kuantitas.

Salah satu contohnya adalah fonetik artikulatoris, sebuah studi tentang bagaimana berbagai bunyi Bahasa diperoleh dari organ tubuh manusia. Fonetik artikulasi tersebut memberikan kontribusi pada linguistik jika dibandingkan dengan fonetik atiditoris dan aktistik.

Dalam fonetik artikulatoris, kamu akan mempelajari tentang bunyi [p] dan bunyi [b] diperoleh menggunakan alat ucap manusia.

2. Fonologi

Fonologi merupakan bidang linguistik, yaitu tentang studi fungsi bunyi untuk mengidentifikasi atau membedakan kata. Objek penelitian fonologi yaitu fonem, bunyi Bahasa yang berfungsi membuat perbedaan makna kata.

Pada fonetik, ada berbagai bunyi yang dianalisis sesuai cara membunyikannya. Itulah mengapa, fonologi, berbagai bunyi dianalisis pada konteks pengucapan kata. Contoh kata bunyi antara [b] dan [s].

3. Morfologi

Cabang lingustik ini berhubungan dengan analisa struktur, bentuk dan pembentukan, serta klasifikasi berbagai kata. Objek penelitiannya yaitu morfem, satuan gramatikal paling kecil yang memiliki makna. Morfem merupakan imbuhan.

Dalam bagian ini, kamu akan belajar materi linguistik bahasa inggris yang memperoleh affiks, apakah ada perubahan makna dari penggolongan kata atau lainnya.

4. Sintaksis

Morfologi adalah bagian dari linguistik yang mengajarkan tentang struktur internal kata. Sedangkan sintaksis berhubungan dengan unsur-unsur lain sebagai sebuah satuan ujaran ataupun mudahnya dalam sebuah kalimat. Hal-hal tersebut dikaji pada sintaksis, yaitu:

1. Struktur sintaksis, mencakup berbagai masalah kategori, fungsi, dan peran sintaksis;

2. Satuan sintaksis, yaitu kata, frase, kalimat, ataupun wacana;

3. berbagai hal yang berhubungan dengan sintaksis termasuk modus, aspek, dan lainnya

5. Semantik

Cabang linguistik ini mengupas tentang makna Bahasa inggris dan yang paling sulit dipelajari. Apa saja yang dipelajari dari semantik yaitu hakikat makna, relasi makna, jenis makna, perubahan makna, dan lainnya yang berkaitan dengan makna Bahasa.

Baca Juga: MENGENAL KATA KERJA YANG DIIKUTI GERUND

Pentingnya Belajar Materi Linguistik

Belajar mata pelajaran linguistik sangat penting karena membuka wawasan, mengembangkan kesadaran, berpikir kritis, dan meningkatkan kemampuan komunikasi dan analisis. Jika kamu ingin belajar linguistik, ICAN English memberikan kelas intensif bahasa Inggris dengan tutor yang akan meningkatkan kemampuan kamu terkait materi tersebut.

Materi linguistik Bahasa Inggris membantu supaya kamu lebih paham berkomunikasi dengan orang lain dan menetapkan makna. Selain itu, kamu juga dapat memahami bagaimana mereka melakukan suatu hal menggunakan kata-kata, bagaimana Bahasa berkaitan erat dengan faktor sosial, dan aspek psikologis.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Bisakah Konversi Skor IELTS ke TOEFL?

Bisakah Konversi Skor IELTS ke TOEFL?

Konversi skor TOEFL ke IELTS memiliki klasifikasi dan tingkatannya masing-masing, mulai dari yang paling dasar hingga paling tinggi. Kedua tes tersebut sebenarnya cukup sulit untuk dibandingkan, karena memiliki keunikannya tersendiri. Selain itu, sistem...

3 Buku Terbaik Untuk Grammar Bahasa Inggris

3 Buku Terbaik Untuk Grammar Bahasa Inggris

Grammar merupakan salah satu aspek terpenting dalam mempelajari bahasa inggris. salah satu metode yang bisa kamu lakukan adalah belajar lewat media buku grammar bahasa Inggris. Metode tersebut bisa kamu pilih karena cenderung fleksibel dan bisa dilakukan dimana...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH