materi listening yang harus kamu pelajari

Materi Listening yang Harus Kamu Pelajari

Materi listening dapat digolongkan menurut isi, keaslian, kompleksitas, lingkup, kuantitas, tema, dan sebagainya. Pemilihan kegiatan listening bergantung pada tingkat materi itu sendiri dan tingkat kemampuan bahasa pelajarnya.

Dialog dan Monolog merupakan tipe pembelajaran oral comprehension yang utama. Kebanyakan, materi listening untuk general ELT berisikan dialog sebagai bagian signifikan dalam belajar komunikasi. Namun, untuk ELT dan ESP, peran monolog dalam bentuk presentasi, laporan, dan perkuliahan lebih banyak.

Apa Saja Materi Pembelajaran untuk Listening

Sebagai non-native speaker yang ingin meningkatkan kemampuan listening, terdapat sejumlah materi pembelajaran yang bisa kamu pertimbangkan untuk belajar mendengarkan, sebagaimana berikut:

1. Belajar dari Recorded Materials

Recorded Materials membantu agar non-native English bisa belajar banyak bunyi bahasa Inggris mulai dari suara dan aksen yang berbeda. Sehingga, kamu akan belajar Bahasa inggris langsung dari aksen orang Australia, Amerika, British, dan sebagainya.

Dari recorded materials seperti video, atau audio, kamu dapat mendengarkan speakers yang berbeda, apa yang didiskusikan, apa percakapan yang sedang berlangsung. Lalu, menghentikan bahan pembelajaran tersebut, mengulanginya kembali untuk mencari kata apa yang tidak dipahami.

2. Live Listening

Materi ini diperoleh, dalam bentuk pengucapan ataupun tertulis dari native speaker. Disebut authentic materials karena materi-materi tersebut diambil dari kehidupan nyata seperti koran, artikel, pamflet informasi wisata, radio, berita, dan sebagainya.

Tujuannya adalah memastikan agar kamu bisa belajar dari komunikasi listening riil. Kamu dapat mengembangkan strategi listening saat belajar. Selama proses belajar, kamu dapat memperhatikan aksen, pitch of voice, dan kegiatan lainnya seperti mengungkapkan ekspresi atau frasa yang berguna.

Kamu juga bisa mendapatkan materi yang intensif selama belajar di ICAN English. Ikutan kursus Bahasa Inggris bersama kami, membuat kamu bisa belajar lebih efektif tanpa memikirkan materi karena sudah disediakan dengan kurikulum Cambridge.

Baca Juga:
Cara Belajar Listening yang Efektif

Contoh Materi Listening Bahasa Inggris

Terdapat sejumlah contoh materi listening yang baik untuk dicoba saat belajar, sebagaimana berikut:

1. Mendengarkan percakapan langsung agar dapat melatih kemampuan mengambil pesan dari percakapan, mencari klarifikasi, atau mendengarkan pengulangan poin pembicaraan.

2. Mendengarkan pengumuman di bandara, stasiun kereta, atau lainnya. Tujuannya agar kamu bisa belajar mencari informasi relevan.

3. Mendengarkan berita, perkiraan cuaca, dan lainnya. Kamu bisa mendengarkan secara menyeluruh untuk mendapatkan informasi keseluruhan, atau mendengarkan informasi yang dibutuhkan saja. Sehingga, kamu dapat melatih kemampuan mendengarkan mana pembicaran yang aman untuk diabaikan.

4. Melihat berita. Dengan bantuan dukungan visual, maka akan membantu agar kamu bisa melihat siapa pembicaranya, sehingga lebih mudah memahami ekspresi wajah, arah mata, dan pergerakan kepala. Sehingga, dapat mempelajari komunikasi yang lebih efektif, melibatkan body language.

5. Mendengarkan radio untuk hiburan, ketika sebagai pendengar, seringnya hanya mendapatkan pengetahuan sangat terbatas terkait apa yang dikatakan. Kegiatan ini hanya disarankan untuk siapa saja yang belajar Bahasa inggris tingkat tinggi, tidak disarankan untuk pemula.

Itulah penjelasan lengkap tentang apa saja materi yang dapat kamu pelajari dalam Bahasa inggris, terutama listening. Terdapat banyak materi listening yang bisa kamu manfaatkan di internet, mulai dari video dialog dan monolog atau audio.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web