mengenal jenis tes ielts yang populer

Mengenal Jenis Tes IELTS yang Populer

Jenis tes IELTS dibagi dalam dua bagian, yaitu IELTS Academic dan IELTS General Training. Tes tersebut menyediakan penilaian untuk kebutuhan yang berbeda. Kursus persiapan IELTS diambil oleh banyak orang demi mendapatkan skor terbaik di tes ini. ICAN English menjadi salah satu lembaga yang menyediakan kursus tersebut secara maksimal dengan tutor berpengalaman.

Banyak lembaga pendidikan dan universitas di luar negeri yang meminta syarat wajib sertifikat tes IELTS. Tes tersebut dikenal secara luas di berbagai penjuru dunia dan merupakan cara untuk mengukur kemampuan berbahasa inggris.

Tes IELTS dan Bands

Jenis tes IELTS Academic adalah tes untuk mengukur tingkat kemahiran berbahasa inggris sesuai lingkungan akademik. Jadi, tes tersebut mencerminkan semua aspek Bahasa dalam dunia akademik dan mengevaluasi kesiapan kamu untuk memulai pelatihan atau studi di negara yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai Bahasa ibu. IELTS Academic diambil peserta yang ingin melanjutkan perkuliahan ke luar negeri.

Sementara IELTS General Training mengukur kemampuan Bahasa Inggris pada konteks sehari-hari secara praktis. Tugas dan tes mencerminkan Bahasa yang digunakan pada tempat kerja dan bersosialisasi. IELTS General Training dikhususkan bagi para karyawan atau pelamar pekerjaan yang ingin memulai karir di luar negeri.

Baca Juga:
Benefit Mengikuti Les Privat IELTS

Jika tes sudah dinilai, maka terdapat skor yang dibagi dalam beberapa band atau skor golongan nilai yaitu:

  • Expert user (sangat ahli)
  • Very good user (sangat baik)
  • Good user (baik)
  • Competent user (cakap)
  • Modest user (sedang)
  • Limited user (terbatas)
  • Extremely limited user (sangat terbatas)
  • Intermitten user (terbata-bata)
  • Non-user (tidak mampu)

Apabila kamu harus ikut tes IELTS untuk persyaratan aplikasi visa Inggris saat bekerja, tinggal, maupun studi di Inggris, maka kamu membutuhkan IELTS for UK Visas and Immigration atau yang dikenal dengan UKVI.

Jadi, agar lebih mudah mengikuti tes IELTS, kamu harus mengambil jenis IELTS sesuai tujuan. Gunakan IELTS Academic saat kamu berencana kuliah ke luar negeri, dan gunakan IELTS General Training apabila kamu ingin bekerja ke luar negeri terutama pada berbagai negara yang menggunakan Bahasa Inggris.

Baca Juga:
Kisaran Biaya Kursus IELTS Di Jakarta

Materi Tiap Sesi IELTS

Selain wajib mengetahui apa saja jenis tes IELTS, kamu juga wajib tahu perbedaan materi yang diujikan. Tes Listening muncul pada IELTS Academic dan IELTS General Training, berdurasi 30 menit. Terdapat empat bagian listening dengan total 10 pertanyaan. Dua pertanyaan pertama berhubungan erat dengan konteks sosial, sedangkan pertanyaan 3 dan 4 justru membahas konteks pendidikan dan juga pelatihan.

Pada reading test, IELTS General Training menguji kemampuan membaca dalam waktu 60 menit dengan total 3 bagian, masing-masing adalah dua hingga tiga teks pendek, dua teks pendek, dan satu teks panjang bersumber pemberitahuan atau iklan, dari buku bacaan, buku pegangan perusahaan, surat kabar, ataupun dokumen resmi. Sementara IELTS Academic berdurasi 60 menit, dengan teks soal berisi 3 teks panjang dari buku, majalah, jurnal, atau surat kabar.

Tes writing IELTS berdurasi 60 menit, dimana kamu harus menulis surat sepanjang 150 kata untuk tes IELTS General Training serta esai singkat sepanjang 250 kata. Sementara Reading pada IELTS Academic lebih formal, dengan tugas pertama yaitu deskripsi tabel, bagan, dan diagram sepanjang 150 kata dan tugas kedua yaitu esai sepanjang 250 kata.

Terakhir yaitu IELTS Speaking Test dalam IELTS academic dan IELTS General Training sama-sama memerlukan waktu 11-14 menit. IELTS Speaking adalah tes wawancara tatap muka bersama penguji tanpa adanya gangguan. Pembicaraan berisikan diskusi terstruktur terkait topik yang dikenal.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web