Metode Efektif Pembelajaran Bahasa Inggris

3 Metode Efektif Pembelajaran Bahasa Inggris

Ketika belajar bahasa Inggris, kamu harus mencari cara agar bisa fasih lebih cepat. Terdapat 3 metode pembelajaran bahasa inggris yang efektif. Dari ketiga metode tersebut, kamu harus mencari tahu mana cara yang paling cocok untuk kebutuhan belajar personal.

Metode Belajar Bahasa Inggris

Berikut adalah metode pembelajaran Bahasa Inggris yang harus kamu ketahui:

Immersion Method

Metode immersion disebut juga “natural method”. Kata “immersion” maksudnya menciptakan lingkungan yang menggunakan Bahasa Inggris setiap saat.

Metode ini tidak hanya membantu agar kamu bisa belajar bahasa Inggris, tetapi juga membantu berpikir seperti native speaker. Menggunakan metode imersi sebenarnya mengubah cara kerja otak dan menjadikannya lebih seperti otak penutur asli bahasa Inggris.

Cobalah metode ini jika kamu berencana tinggal di negara berbahasa Inggris atau ketika mengalami kesulitan belajar karena menghafal aturan tata bahasa. Bahkan, metode ini sangat berguna ketika kamu ingin memulai percakapan dalam bahasa Inggris lebih cepat.

Beberapa contoh metode immersion yaitu mengubah bahasa ke bahasa Inggris di ponsel , media sosial, dan situs web lain yang sering kamu gunakan. Atau, kamu dapat bergabung di grup online dan dunia nyata yang berbicara dalam bahasa Inggris. Temukan grup yang memiliki minat sama sehingga kamu memiliki selera yang sama untuk memulai komunikasi.

The Classroom Method

Metode pembelajaran bahasa Inggris di kelas bukan berarti kamu harus mengikuti kelas formal. Maksud metode ini adalah belajar seperti yang kamu lakukan ketika berada di ruang kelas.

Dengan metode ini, kamu akan mulai belajar aturan tata bahasa, pelajaran ejaan dan kosa kata, serta dasar-dasar bahasa. Saat mempelajari aturannya, kamu dapat membuat kalimat sendiri dengan aturan tersebut, yang tentu saja belum tentu 100% benar. Dari kesalahan yang kamu buat, maka kamu bisa membangun pengetahuan berbahasa inggris.

Metode ini sangat berguna jika kamu kesulitan belajar secara terstruktur atau terjadwal. Metode tersebut juga penting ketika kamu tidak merasa nyaman untuk memulai percakapan. Bahkan, the Classroom method sangat ideal untuk siapa saja yang ebih suka belajar dalam jangka waktu tertentu setiap hari.

Untuk belajar dengan metode kelas, kamu bisa belajar di ruang kelas atau di rumah, dibantu dengan seorang tutor. Tutor akan memberi tahu jika kamu melakukan kesalahan dan mengoreksinya.

Salah satu contoh the classroom method dalam pembelajaran bahasa inggris yaitu daftar di kursus bahasa inggris. Atau, kamu juga bisa belajar bareng native speaker.

Dual Method

Dual method adalah perpaduan antara kedua metode di atas. Metode ganda biasanya dimulai dengan pembelajaran di kelas, kemudian ditambahkan unsur imersi selama separuh waktu belajar.

Pembelajaran dimulai dengan mempelajari beberapa hal mendasar, kemudian dilanjutkan ke pengetahuan lebih dalam. Sebuah penelitian mengamati seberapa baik kinerja siswa di ruang kelas bilingual (menggunakan dua bahasa). Siswa bilingual terbukti bisa lebih banyak.

Metode ini terbilang efektif jika kamu memiliki waktu khusus untuk mencoba metode imersi dan metode kelas. Metode ini juga berhasil jika kamu belajar di ruang kelas, tetapi juga ingin belajar berbicara, mengambil kursus bahasa Inggris, atau berada pada level bahasa Inggris menengah atau lanjutan.

Dual method sangat tepat untuk pembelajar bahasa Inggris tingkat menengah. Ketika ingin menggunakan metode tersebut, jangan terlalu memaksakan diri jangan lupa untuk beristirahat, karena terlalu banyak belajar Bahasa Inggris justru kurang efektif.

Baca Juga:
Web Pembelajaran Bahasa Inggris online

Cara Terbaik Belajar Bahasa Inggris

Sekarang, kamu sudah tahu apa saja metode pembelajaran bahasa inggris, namun manakah opsi yang paling efektif? Faktanya, tidak ada satu pun cara terbaik untuk belajar bahasa Inggris, mengapa? Setiap orang mempunyai kebutuhan belajar yang berbeda.

Kamu tentu saja tidak sama dengan semua pembelajar bahasa Inggris. Usia, lokasi, pengalaman belajar masa lalu, waktu yang dihabiskan untuk belajar, kreativitas dan banyak faktor lainnya mempengaruhi cara belajar.

Untuk itu, ICAN English memberikan kebutuhan belajar yang dipersonalisasi sesuai kebutuhan individu. Kamu bisa gabung di program-program kursus Bahasa Inggris yang kami sediakan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa sesuai tujuan.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web